Contoh Teks Susunan Acara Perpisahan Sekolah SMA, SMP, dan SD

.
.

Contoh teks susunan acara perpisahan sekolah - Setelah selesai mengikuti ujian nasional dan ujian akhir sekolah, biasanya sekolah akan mengadakan acara perpisahan bagi siswa – siswi kelas XII, IX dan VI. Acara perpisahan ini dimaksudkan untuk merayakan kelulusan maupun sebagai acara untuk melepas siswa – siswa yang akan meninggalkan sekolah.

Karena acara ini merupakan acara terakhir bagi siswa – siswi yang akan lulus, maka acara perpisahan sekolah biasanya dilaksanakan dengan sangat meriah dan khidmat. Di dalamnya akan ada banyak sekali acara – acara, seperti pentas seni, ucapan – ucapan perpisahan, persembahan, dan lain - lain.

Demi mensukseskan acara yang sangat sakral ini, dibutuhkan panitia – panitia yang bertanggung jawab untuk menyiapkan segala sesuatu demi kelancaran acara tersebut. Oleh karena itu, melalui artikel ini penulis mencoba untuk membantu dengan memberikan contoh teks susunan acara perpisahan sekolah yang biasa digunakan baik di SMA, SMP, maupun SD.

Namun sebelum menuju contoh teks susunan acara perpisahan. Perlu diketahui, pada umumnya acara perpisahan ini memiliki dua sesi yaitu sesi formal dan sesi informal. Dalam pelaksananya, tentunya acara formal akan dilaksanakan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan acara informal.  

Berikut ini adalah contoh susunan acara perpisahan, semoga bisa menjadi bahan referensi bagi Anda.


Susunan acara 
  1. Pembukaan
  2. Sambutan
  3. Pidato perpisahan
  4. Pemberian hadiah bagi siswa berprestasi
  5. Pelepasan siswa secara simbolis
  6. Persembahan
  7. Pembacaan doa
  8. Penutup
  9. Acara informal 



Di bawah ini adalah penjelasan - penjelasan mengenai susunan acara di atas.

Pembukaan acara

Sesi yang pertama dalam acara perpisahan ini adalah sesi formal yaitu pembukaan yang dibuka oleh Mc atau pembawa acara. Pembukaan acara biasanya diisi oleh doa dan kemudian pembacaan susunan acara.

Sambutan

Setelah pembukaan, sesi selanjutnya adalah sambutan dari pihak sekolah, baik dari ketua pelaksana, ketua OSIS, kepala sekolah, maupun guru – guru yang lain. Sambutan ini biasanya berupa ucapan – ucapan selamat dan harapan – harapan dari guru kepada siswa – siswinya. Tentunya, orang yang akan memberi sambutan bisa ditambah maupun dikurangi sesuai dengan sekolah masing - masing.

Pidato perpisahan

Setelah sambutan disampaikan, Mc akan membawa acara selanjutnya ke sesi ini. Di sesi ini Mc mempersilakan perwakilan dari kelas XII, IX, atau VI untuk membacakan pidato yang berupa kesan, harapan, maupun pesan kepada sekolah, guru, maupun adik – adik kelasnya. Contoh Pidato bisa Anda lihat di Contoh Pidato perpisahan SMA, dan Contoh Pidato Perpisahan SMP

Pemberian hadiah bagi siswa berprestasi

Begitu perwakilan kelas XII, IX, atau VI telah memberikan sepatah dua patah katanya, Mc akan membawa acara ke sesi selanjutnya, yaitu pemberian hadiah bagi siswa yang berprestasi. Pada sesi ini, akan diumumkan siswa – siswa yang berprestasi dan kemudian dilanjutkan dengan acara pemberian hadiah.

Pelepasan siswa secara simbolis

Sesi selanjutnya adalah acara inti, yaitu sesi pelepasan siswa – siswi secara simbolis yang diwakili oleh dua orang perwakilan dari siswa. Pelepasan ini dilakukan dengan cara pemberian piagam oleh pihak sekolah yang diwakili kepala sekolah. Namun, Pemberian piagam ini bisa dimodifikasi dengan cara lain, seperti pelepasan atribut sekolah, pemberian cenderamata, dan lain – lain.

Persembahan

Setelah pelepasan siswa secara simbolis telah dilakukan, acara selanjutnya adalah persembahan. Sesi ini merupakan persembahan dari adik - adik kelas, maupun guru untuk kakak kelas. Biasanya persembahan ini berupa pertunjukan seperti nyanyian, pertunjukan seni, maupun menonton video.

Pembacaan doa

Setelah persembahan selesai dilakukan, sesi selanjutnya adalah pembacaan doa. Pembacaan doa ini boleh diwakilkan oleh guru maupun siswa.

Penutup

Kemudian Mc akan menutup acara perpisahan formal ini, dan memberikan kepada Mc selanjutnya yang akan memimpin acara informal.

Acara informal

Setelah acara perpisahan formal telah dilaksanakan, acara selanjutnya adalah acara perpisahan informal yang akan dipimpin oleh Mc lain. Yang dimaksudkan dengan acara informal ini adalah acara bebas atau acara hiburan. Di dalam sesi ini biasanya diisi oleh makan bersama dan acara pertunjukan musik band, maupun acara foto bersama. Acara ini dilakukan hingga selesai. 





Susunan acara di atas adalah susunan yang umum dilaksanakan oleh sekolah – sekolah, Oleh karena itu, susunan acara di atas juga bisa dimodifikasi kembali oleh Anda sebagai panitia acara, seperti menambah atau bisa juga mengurangi acara - acara di atas. 

Demikianlah susunan acara perpisahan sekolah semoga bisa bermanfaat bagi Anda. 



Contoh Teks Susunan Acara Perpisahan Sekolah SMA, SMP, dan SD | aria nugraha | 5