Contoh Esai Argumentatif tentang Narkoba Terbaik

.
.
Contoh Esai Argumentatif tentang Narkoba Terbaik - Esai adalah salah satu karya tulis yang mengandung pendapat - pendapat pribadi seorang penulis tentang suatu topik permasalahan. Ada banyak jenis esai yang bisa kita jumpai, salah satunya adalah esai argumentatif. Berikut ini adalah contoh esai argumentatif tentang narkoba.

Esai argumentatif tentang narkoba ini adalah salah satu topik yang sering ditulis oleh seorang penulis esai karena pada umumnya topik - topik yang di angkat adalah topik yang sedang menjadi pembicaraan di masyarakat. Oleh karena itu, penulis menuangkan pandangan - pandangan pribadinya terhadap topik hukuman mati yang ditetapkan untuk para pengedar narkoba.






Hukuman Mati Bagi Para Pengedar Narkoba

Saat ini Indonesia sedang mengalami darurat narkoba. Hal ini dikarenakan barang haram ini telah meracuni bangsa baik dari kalangan atas maupun kalangan bawah. Bahkan menurut Badan Narkotika Nasional (BNN), jumlah pecandu narkoba di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat drastis dalam lima tahun belakangan ini. BNN juga mengeluarkan data yang tidak kalah mengejutkannya yaitu, setiap lima menit ada korban jiwa yang jatuh akibat dari kecanduan Narkoba. Jika kita berfikir, fakta ini sungguh sangat mengerikan. 

Sebenarnya peredaran Narkoba di Negara ini sudah lama terjadi. Namun, baru – baru ini peredaran barang ini terjadi dengan sangat massif. Banyak sekali modus – modus baru yang para pengedar narkoba lakukan untuk menyelundupkan atau mengedarkan barang haram ini. Ada yang memalsukannya di bawah tumpukan barang, menyelundupkannya di bawah sepatu, ada juga yang sengaja memasukkan barang haram tersebut di dalam perut mereka. Bahkan kasus yang terungkap baru – baru ini sangat mengejutkan, yaitu para pengedar narkoba menjual barang haram ini dalam bentuk kue Brownies. Hal ini sungguh berbahaya bagi para pembeli yang tidak mengetahui barang tersebut.

Lalu, mengapa hal ini bisa terjadi ? Hal ini terjadi karena Indonesia adalah pasar yang sangat potensial bagi para pengedar narkoba. Mereka menganggap bahwa hukum di Indonesia belum terlalu ketat bagi mereka. Oleh karena itu, pemerintah telah mengeluarkan peraturan baru untuk memberantas para pengedar barang ini, yaitu dengan memberlakukan hukuman mati bagi para pengedar narkoba yang telah tertangkap. Banyak sekali pro dan kontra yang terjadi di masyarakat. Namun, penulis sangat setuju dengan diberlakukannya hukuman mati bagi para pengedar narkoba karena akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penerapan hukuman ini, diantaranya adalah:

Hukuman mati akan mengurangi jumlah pengedar narkoba yang ada di Indonesia. Dengan diberlakukannya hukuman mati ini, maka jumlah para pengedar narkoba akan berkurang. Hal ini dikarenakan hukuman penjara tidak akan membuat mereka jera. Ada banyak para pengedar narkoba yang setelah keluar dari penjara tetap menjadi pengedar Narkoba. Bahkan penjara menjadi sarang peredaran narkoba yang baru. Hal ini bisa dilihat dari terbongkarnya sepak terjang seorang pengedar narkoba kelas kakap, Fredy Budiman yang masih bisa menjalankan bisnis haramnya. Kegiatan tersebut dilakukannya di balik jeruji besi dengan hanya bermodalkan Hp. Tentu saja ini menjadi bukti bahwa hukuman penjara tidaklah efektif bagi para pengedar narkoba.

Hukuman mati akan menakuti para pengedar narkoba. Hukuman mati yang diberlakukan ini akan berdampak pula bagi para penyelundup – penyelundup narkoba dari luar negeri yang akan membawa masuk barang haram tersebut ke Indonesia. Mereka akan berfikir dua kali dalam melakukan aksinya, sehingga mereka tidak akan berani memasukkan barang haram tersebut ke negeri kita. Akibatnya, jumlah peredaran narkoba di negeri ini bisa di tekan, sehingga akan banyak sekali para pemuda calon penerus bangsa yang akan terselamatkan.

Berdasarkan uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa hukuman mati bagi para pengedar barang haram ini sudah sangat tepat. Hal ini dikarenakan hukuman mati bisa mengurangi jumlah pengedar narkoba di negeri ini, dan juga bisa mencegah penyelundupan dan peredaran barang haram ini di negeri kita. Oleh karena itu, pemerintah tidak perlu takut lagi dalam menghadapi intervensi – intervensi yang ada. Teruskanlah hukuman ini untuk menjaga keutuhan bangsa dari ancaman bahaya narkoba. 
Contoh Esai Argumentatif tentang Narkoba Terbaik | aria nugraha | 5