Contoh Kalimat dan Paragraf Persuasi Beserta Pengertiannya

Contoh Kalimat dan Paragraf Persuasi beserta Pengertiannya - Anda pasti pernah mendengar apa itu persuasi, dan apakah yang dimaksud dengan kalimat dan paragraf persuasi. Jika belum, maka artikel ini akan membantu Anda dalam memahami kalimat persuasif dan paragraf persuasif beserta contohnya.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) persuasif bermakna mengajak, membujuk, dan memerintah. Oleh karena itu, kalimat persuasi adalah kalimat – kalimat yang bertujuan untuk mengajak atau memerintahkan pembacanya untuk melakukan sesuatu.

Ciri - Ciri Kalimat Persuasif 


Kalimat persuasif memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

1. Bersifat mengajak
2. Dicirikan dengan memiliki kata – kata persuasif seperti, ayo, mari, dan imbuhan –lah.
3. Diakhiri dengan tanda baca seru (!)
4. Banyak terdapat di dalam paragraf persuasi

Contoh – Contoh Kalimat Persuasi


1. Ayo kerjakan tugasmu!
2. Ayo sisihkan uang jajanmu !
3. Ayo berangkat ke sekolah bersama – sama !
4. Ayo berkunjung ke perpustakaan sekolah !
5. Ayo membersihkan lingkungan sekitar !
6. Mari bekerja dengan sangat giat !
7. Mari berdoa menurut kepercayaan masing – masing !
8. Mari berolahraga yang teratur !
9. Mari dukung Indonesia menjadi juara di Sea Games !
10. Mari kita lanjutkan rencana itu !
11. Buatlah orang tuamu bangga akan dirimu !
12. Pakailah pakaian – pakaian yang sopan !
13. Buanglah sampah pada tempat yang telah ditentukan !
14. Rajin – rajinlah menabung demi masa depan !
15. Ciptakanlah suasana yang kondusif !


Paragraf Persuasi


paragraf persuasi adalah paragraf yang bertujuan untuk membuat para pembacaannya melakukan hal yang dibicarakan oleh penulis di dalam tulisannya. 

Ciri – Ciri Paragraf Persuasi


1. Bersifat persuasive atau mengajak
2. Menampilkan atau menjabarkan alasan – alasan yang kuat agar para pembaca mau melakukan apa yang diperintah oleh penulisnya
3. Memiliki kalimat persuasi

Contoh – Contoh Paragraf Persuasi


Contoh 1

Sampah sudah berserakan di mana – mana. Bahkan kini sampah – sampah tersebut telah menggunung dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Banyak orang yang tidak mempedulikan sampah – sampah tersebut, padahal sampah dapat menjadi sarangnya berbagai macam penyakit berbahaya karena sampah adalah tempat ideal bagi bakteri dan virus untuk berkembang. Akibatnya, manusia – manusia akan terkena dampaknya, yaitu terjangkit penyakit yang berasal dari bakteri dan virus yang menyebar melalui udara atau bersentuhan secara langsung. Oleh karena itu, marilah kita membersihkan sampah – sampah tersebut, agar lingkungan kita menjadi bersih dan terbebas dari sampah, sehingga kita tidak terjangkit penyakit.

Contoh 2

Hari kemerdekaan Indonesia adalah hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena pada hari itulah bangsa Indonesia terbebas dari belenggu penjajah yang telah mencengkeram bangsa Indonesia selama 3.5 abad lebih. Oleh sebab itu, ayo kita peringati hari kemerdekaan Indonesia ini dengan cara bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan mari kita jaga kemerdekaan ini bersama – sama.

Contoh 3

Tubuh kita sangat membutuhkan berbagai macam vitamin dan mineral yang berguna bagi kebutuhan hidup kita. Vitamin dan mineral tersebut banyak terdapat pada makanan – makanan yang bergizi, seperti buah, daging, susu, sayuran, kacang – kacangan, dan susu. Jika kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi, maka kita menjadi sehat dan tidak mudah sakit. Sebaliknya, jika kita kekurangan vitamin dan mineral kita akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, agar tubuh kita menjadi sehat, makanlah makanan – makanan yang bergiji. Selain itu, janganlah lupa untuk mengimbanginya dengan olahraga yang teratur.

Contoh 4

Ilmu merupakan hal yang sangat penting di dunia ini. Bahkan nabi Muhammad telah memerintahkan kita untuk menuntut ilmu dari lahir hingga kita mati. Hal ini dikarenakan dengan berilmu, kita bisa bermanfaat bagi orang lain, karena sebaik – baiknya manusia di muka bumi ini adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain. Oleh karena itu, marilah kita menuntut ilmu setinggi mungkin agar kita menjadi orang yang berilmu dan bermanfaat bagi orang disekitar kita.


Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang pengertian dan contoh kalimat beserta paragraf persuasi. Semoga dengan adanya artikel ini Anda dapat memahami apa itu kalimat dan paragraf persuasi.
Contoh Kalimat dan Paragraf Persuasi Beserta Pengertiannya | aria nugraha | 5