Contoh Pidato Keagamaan tentang Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

.
.
Contoh Pidato keagamaan tentang manfaat puasa untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan - Pidato keagamaan adalah pidato yang digunakan untuk menyampaikan pesan - pesan keagamaan kepada para pendengarnya. Dengan kata lain, pidato ini bisa juga dijadikan sarana dakwah dalam urusan agama. 


Pada artikel kali ini, penulis akan memberikan contoh teks pidato keagamaan yang bisa dijadikan referensi dalam kegiatan keagamaan, seperti pidato menyambut Bulan Suci Ramadhan yang sebentar lagi akan segera tiba. Berikut ini adalah contoh teks pidato tentang manfaat puasa bagi kesehatan.



Assalamualaikum wr . wb

Bismillahirohmannirrohim 

Kepada yang terhormat bapak kepala sekolah, Muhammad Irzam, M.pd
Kepada yang terhormat bapak wakil kepala sekolah, Ferdian Muhammad, M.A
Kepada yang terhormat, bapak ibu guru SMAN 1 Suka Maju,
Serta teman – teman yang berbahagia

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanastaiynuhu wanastaghfiruhu wanastahdiyhi wana udzubillahi mingsururi angfusina waming sayyiaati a’maalina man yahdihillahu waman yudlil falaa haadiyalahu. Ashadu an laailaha illallah wa ashadu anna muhammadaan abduhu warosulluh. Allahuma solli wassalam wabaarik alaa muhammadin walaa alihi wasohbihi wamanih tadaa bihudaahu ilaa yaumil kiyaamah.

Segala puji bagi Allah, Kepada-Nya lah kita memuji dan juga meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk. Kepada-Nya pula lah kita berlindung dari kejahatan diri dan keburukan amal perbuatan kita. Barang siapa mendapat petunjuk dari Allah, maka tidak ada satu pun yang bisa menyesatkannya. Dan bagi siapa yang disesatkan-Nya, maka tidak ada satu pun yang bisa memberikan petunjuk. 

Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah semoga doa dan keselamatan selalu tercurah kepada Nabi Muhammad, keluarga, sahabat, dan siapa pun yang mendapat petunjuk hingga hari akhir. 

Selanjutnya saya juga mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul manfaat puasa pada kegiatan menyambut Bulan Suci Ramadhan ini. 

Hadirin yang berbahagia, 

Allah SWT bersabda dalam surah Al baqarah, ayat 183 yang berbunyi : Yaa ayuhal ladzii na amanuu kutiba alaykumus siyaa mu kamaa kutiba alalladzii na ming koblikum laallakum tattakun. 

Artinya, "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

Ayat tersebut jelas menjelaskan bahwa kita diperintahkan oleh Allah SWT untuk berpuasa. Maka, sebagai orang yang beriman, tentunya kita harus menjalankan ibadah yang telah diwajibkan atas kita ini. Namun, sebelumnya apakah arti puasa itu ?

Puasa adalah kegiatan menahan makan dan minum dari terbitnya matahari hingga tenggelam. Tentunya berpuasa tidak hanya menahan lapar tetapi juga kita diwajibkan untuk menahan hawa dan nafsu selama berpuasa, seperti marah, dendam, hasut, dan perbuatan buruk lainnya. 

Hadirin yang berbahagia,

Sebagai Tuhan Yang Maha Tahu, pasti ada alasan – alasan khusus mengapa Allah SWT memerintahkan kita untuk berpuasa. Hal ini terbukti setelah diteliti, ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa kita nikmati dari puasa, terutama pada kesehatan kita.

Orang – orang yang tidak beriman menganggap puasa adalah kegiatan menyiksa tubuh dan berbahaya bagi kesehatan. Namun, mereka itu tidak berfikir dengan akal sehat, karena berpuasa sesungguhnya mendatangkan manfaat bagi kesehatan kita, diantaranya adalah :

Manfaat yang pertama adalah berpuasa dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ketika kita sedang berpuasa, tubuh tidak hanya menggunakan gula darah sebagai energi penunjang aktivitas, tetapi juga menggunakan lemak. Lemak yang diubah menjadi energi akan menurunkan kadar lipid di dalam tubuh, sehingga kita bisa terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

Manfaat yang kedua adalah berpuasa dapat menjadi proses detoksifikasi. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh mengandung berbagai macam zat racun atau zat sisa. Oleh karena itu, dengan proses pembakaran lemak di dalam tubuh, zat – zat kotor tersebut dapat terurai dan ikut terbuang bersama urine.

Manfaat yang ketiga adalah berpuasa dapat menurunkan berat badan bagi penderita obesitas. Puasa dapat menjadi cara pengganti diet yang baik dalam proses ini. Dengan berpuasa tentunya akan membuat tubuh kita memproduksi lemak yang berlebih.

Manfaat yang selanjutnya adalah berpuasa dapat mencegah penyakit diabetes. Berpuasa dapat mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh akibat dari proses pembakaran lemak. Proses ini akan berpengaruh pada tekanan darah dan kadar gula di dalam darah.

Manfaat yang terakhir adalah berpuasa dapat meningkatkan rasa nyaman dan ketajaman dalam hal berfikir. Ketika berpuasa, tubuh akan menghasilkan hormon endorphin. Hormon inilah yang akan membangkitkan rasa nyaman dan ketajaman dalam berfikir. 

Hadirin yang berbahagia, 

Sesungguhnya Allah telah merahmatkan kita Agama Islam yang merupakan agama yang paling sempurna di muka bumi ini. Tiada satupun perintah Allah SWT yang tidak bermanfaat bagi para penganutnya, apalagi untuk membahayakan umatnya. Contohnya adalah perintah puasa ini. Padahal perintah puasa ini telah turun jauh sebelum ilmu pengetahuan berkembang seperti saat ini. Namun, Allah SWT telah memperhitungkannya dengan sangat matang. Allahu Akbar. Oleh karena itu, Sebagai seorang muslim yang sejati harusnya kita menjalankan apa yang telah menjadi kewajiban bagi kita dan kita juga harus yakin bahwa Allah sangatlah sayang kepada umatnya.  

Hadirin yang dirahmati oleh Allah SWT

Setelah mengetahui manfaat puasa bagi kesehatan, marilah kita menjalankan perintah berpuasa ini di Bulan Suci Ramadhan yang akan segera tiba ini. Karena selain kita akan mendapatkan manfaat puasa, kita juga bisa mendapatkan keutamaan bulan ini. Sesungguhnya, bulan suci ini adalah bulan dimana Allah SWT akan melipat gandakan semua amal perbuatan kita.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga apa yang telah saya sampaikan bisa bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kesalahan dalam penyampaian pidato ini, saya memohon maaf dan kepada Allah SWT saya memohon ampun.

Saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya,

Wabillahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr. wb.  





Demikianlah contoh teks pidato keagamaan kali ini. Semoga artikel kali ini bisa menjadi bahan referensi yang berguna bagi Anda. 




Contoh Pidato Keagamaan tentang Manfaat Puasa Bagi Kesehatan | aria nugraha | 5