Definisi Esai dan Contoh

.
.

Esai adalah pendapat, opini, pandangan, atau ekspresi pribadi seorang penulis yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Tulisan ini adalah perpaduan dari artikel ilmiah dan opini. Dengan kata lain, esai tidak hanya mengandung pendapat – pendapat saja, tetapi merupakan gabungan dari fakta, pengetahuan dan imajinasi atau perasaan penulisnya.

Esai dibuat untuk menyajikan sebuah informasi yang sedang hangat di masyarakat dari sudut pandang sang penulis. Oleh karena itu esai yang baik adalah esai yang bisa menyampaikan informasi kepada pembacanya dengan jelas dan tidak berbelit – belit.


Struktur Esai

Esai terdiri dari beberapa bagian yang saling terkait, yaitu :

1. Pendahuluan / Introductory Paragraph

Bagian esai yang pertama adalah pendahuluan. Bagian pendahuluan mengungkapkan topik yang akan dibahas di dalam esai. Bagian ini berisi latar belakang topik yang akan menjadi pengantar ke bagian isi esai. Selain latar belakang, di dalam pendahuluan juga terdapat Thesis Statement, yaitu pandangan atau pendapat pribadi penulis tentang topik yang akan di bahas.

2. Tubuh Esai / Developing Paragraph

Tubuh esai adalah bagian isi atau pembahasan tentang topik yang sedang di bahas. Bagian ini terdiri dari beberapa paragraf yang tersusun secara kronologis atau berurutan, sesuai dengan urutan ide.

 3. Kesimpulan / Concluding Paragraph

Bagian esai yang terakhir adalah kesimpulan. Bagian ini berisi kesimpulan dari topik yang telah dibahas pada tubuh esai. Kesimpulan ini ditulis dengan satu kalimat dengan cara menyebut kembali ide – ide pokok yang ada pada tubuh esai dengan bahasa yang berbeda. Sebuah kesimpulan tidak boleh mengandung topik lain.  

Jenis – Jenis Esai

Esai terdiri dari beberapa macam jenis yang dikelompokan berdasarkan isinya. Berikut ini adalah jenis – jenis esai :

1. Esai Contoh

Esai ini adalah jenis esai yang topik utamanya disajikan dengan menjabarkan  contoh – contoh yang authentic sebagai pembahasan di dalam tubuh esai.

2. Esai Perbandingan dan kontras

Esai perbandingan adalah esai yang topik utamanya disampaikan dengan cara membandingkannya dengan objek lain. Esai kontras pun demikian, tetapi esai perbandingan menganalisis persamaannya. Sebaliknya, esai kontras menganalisis perbedaannya.

3. Esai Klasifikasi

Esai klasifikasi adalah esai yang topik utamanya disampaikan dengan mengklasifikasikannya ke dalam kriteria tertentu menurut pendapat pribadi sang penulis.

4. Esai Proses

Esai proses adalah esai yang topik utamanya berupa sebuah proses tentang terjadinya sesuatu atau cara membuat sesuatu.

5. Esai sebab – akibat

Esai jenis ini adalah esai yang topik utamanya, yaitu menganalisis suatu sebab dan akibat dari sebuah kejadian atau peristiwa menurut pandangan pribadi.

6. Argumentative Essai

Argumentative esai adalah esai yang topik utamanya berupa pro kontra. Esai ini mengangkat isu yang masih diperdebatkan di dalam masyarakat umum.


Cara Menulis Esai

Untuk membuat sebuah esai yang baik, berikut ini adalah cara – cara menulis esai :

1. Menentukan Tema

Tema adalah isi atau nyawa dari sebuah esai. Oleh sebab itu, pemilihan tema juga ikut mempengaruhi bagus tidaknya sebuah esai. Pilihlah tema yang sedang hangat – hangatnya terjadi di masyarakat. Dengan memilih isu yang sedang menjadi topik pembicaraan di masyarakat, esai Anda akan menarik pembaca untuk membacanya.

2. Research

Agar tulisan Anda tidak hanya sekedar pendapat dan opini belaka, maka pendapat – pendapat Anda tersebut harus dikuatkan dengan data – data yang berupa contoh, fakta, maupun data lainnya. Oleh karena itu, lakukanlah research dengan cara membaca buku, majalah atau melihat di TV tentang isu yang akan Anda angkat. Dengan begitu, Anda bisa menyusun ide – ide yang akan tulis.

3. Membuat Outline

Setelah ide – ide telah terkumpul, buatlah sebuah outline atau kerangka esai. Hal ini dilakukan untuk menyusun ide – ide tersebut, dan juga sebagai alat bantu Anda menulis esai agar tidak keluar jauh dari ide sebelumnya.

4. Menulis Essai

Dalam menulis esai ada tiga bagian yang harus diperhatikan yaitu.

Pendahuluan

Ungkapkanlah topik yang akan Anda bahas di dalam esai, dengan cara menulis sebuah ilustrasi atau bisa juga dengan fakta tentang topik tersebut sebagai pengantar. Selain itu tulis pula Thesis Statement, yaitu pandangan, ide, atau sikap Anda tentang topik tersebut. Berikut ini adalah cara menulis thesis statement yang baik.

1. Thesis statement harus di ungkapkan di dalam sebuah kalimat lengkap.
2. Thesis statement harus berupa opini dan tidak mengandung fakta.
3. Thesis statement hanya mengungkapkan satu ide terhadap topik tersebut.

Tubuh Esai

Tuangkan semua ide yang telah Anda kumpulkan di dalam tubuh esai. Ide – ide tersebut ditulis menjadi beberapa paragraf yang saling berkaitan dan koherence. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan konjungsi antar paragraf, seperti namun, pertama, terlebih lagi, dan lain – lain.

Kesimpulan

Sebuah kesimpulan yang baik harus mengungkapkan kembali poin utama yang telah didiskusikan sebelumnya. Namun, tulislah kembali poin tersebut dengan menggunakan bahasa lain di dalam sebuah kalimat utuh.




Contoh Esai

Cara Menjaga Kesehatan

Menjadi sehat adalah hal yang sangat baik. Hal ini dikarenakan  kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting di dalam aspek kehidupan manusia.  Meskipun kita memiliki kekayaan yang sangat melimpah, hal itu tidak berarti apa – apa jika kita terbaring di atas tempat tidur. Bahkan ada sebagian orang yang rela membayar berapapun untuk menjadi sehat kembali. Oleh sebab itu, orang – orang melakukan berbagai macam cara untuk menjaga tubuh mereka tetap sehat. Namun, dalam prakteknya tidak selalu yang mereka lakukan itu benar.  Tak jarang mereka malah sering membahayakan diri sendiri, meskipun mereka mengetahui bahwa  cara mereka itu salah. Tetapi jangan khawatir, berikut ini ada beberapa saran sederhana, yang akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan Anda.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat. Pertama ingatlah bahwa nutrisi yang cukup memainkan peran penting di sini. Apa yang kita makan sehari-hari mendukung kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, sangat penting bagi tubuh untuk memakan makanan yang sehat. Makanan yang kaya akan vitamin alami bisa menjadi solusi yang terbaik. Ada banyak vitamin berkualitas tinggi yang dapat ditemukan dalam sayuran segar, dan sayuran organik. Jadi, Anda harus memasukkan sayuran dalam makanan sehari-hari Anda. Sayuran sangat bermanfaat baik untuk orang dewasa, maupun anak-anak. Jika Anda tidak makan -  makanan yang bergizi, maka tubuh Anda akan lemah, dan mudah terserang penyakit.

Hal penting kedua yang harus Anda lakukan adalah olahraga secara teratur. Anda ini tidak perlu berolahraga yang berat di sebuah tempat olahraga khusus. Anda hanya perlu menghabiskan lebih banyak waktu di luar dan bergerak aktif. Sangat penting untuk menjaga tubuh tetap bergerak agar menjaga tubuh kita kuat dan sehat, dan juga menyegarkan pikiran. Bila Anda tidak berolahraga, maka lemak dalam tubuh akan menumpuk. Akibatnya, Anda akan terkena obesitas yang sangat buruk bagi kesehatan.

Disamping itu, hal penting lain yang harus Anda lakukan adalah menghindari merokok dan minum minuman keras. Hal ini dikarenakan kebiasaan tersebut memiliki dampak yang buruk bagi tubuh. Jika Anda mengabaikan saran ini, maka Anda akan berada dalam masalah besar.

Oleh karena itu, kesehatan sangatlah penting bagi kehidupan. Hal ini dikarenakan kesehatan adalah sebuah anugerah yang sangat mudah untuk menghancurkannya, dan sangat sulit bahkan tidak mungkin untuk mendapatkannya kembali. Jadi, lebih baik kita menjaga kesehatan sebelum sakit menyerang, dengan cara memakan makan yang bergizi, berolahraga dan menjauhi rokok dan alkohol.




 

Definisi Esai dan Contoh | aria nugraha | 5