Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif beserta Kalimat dan Gagasan Utamanya

.
.
Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif beserta Kalimat dan Gagasan Utamanya - Berdasarkan pola pengembangannya, paragraf dibagi menjadi dua jenis, yaitu paragraf deduktif dan paragraf induktif. Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang paragraf induktif. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kita akan membahas lebih jauh lagi tentang paragraf deduktif.

Apa yang dimaksud dengan paragraf deduktif ? Paragraf deduktif adalah paragraf yang dikembangkan oleh pola deduksi, yaitu dengan cara menjabarkan suatu hal yang umum terlebih dahulu dan kemudian dikembangkan dengan hal – hal khusus setelahnya. Dengan kata lain, paragraf induksi memiliki pola umum – khusus.

Oleh karena itu, paragraf deduktif adalah paragraf yang memiliki kalimat utama pada awal kalimat yang kemudian diikuti oleh kalimat – kalimat pendukung setelahnya.




Ciri – Ciri Paragraf Deduktif :

Berdasarkan pengertian dari paragraf deduktif di atas, maka dapat disimpulkan bahwa paragraf deduktif memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

1. Diawali dengan kalimat umum.
2. Kalimat utama terletak pada bagian awal paragraf.


Contoh Pengembangan Paragraf dengan Metode Deduksi

Manfaat susu
  • Sebagai sumber kalsium dan protein
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Mengontrol tekanan darah
  • Menghilangkan stress


Susu memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh kita. Hal ini dikarenakan susu mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Diantara vitamin dan mineral tersebut, kalsium dan protein lah yang terkandung sangat banyak di dalamnya. Oleh sebab itu, susu dapat dijadikan sumber utama pasokan vitamin dan mineral yang sangat penting untuk tubuh. Dengan terjaganya kadar protein dan mineral, dapat menyebabkan tulang dan gigi menjadi kuat dan sehat. Hal ini bisa terjadi karena tulang dan gigi kita sebagian besar tersusun dari zat protein dan mineral. Selain itu, susu juga bisa digunakan untuk memperbaiki tekanan darah. Susu rendah lemak yang dikonsumsi dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi selama periode dua tahun. Bahkan susu juga dipercaya bisa menghilangkan stress. Segelas susu hangat yang kita minum dapat memacu otak mengeluarkan sebuah hormon yang dapat mempengaruhi mood kita, sehingga otot – otot menjadi rileks dan kita menjadi lebih tenang. 


Contoh Paragraf Deduktif


Di bawah ini adalah contoh – contoh paragraf deduktif beserta dengan kalimat utama dan topiknya.

Paragraf 1

Nasib yang dialami oleh Angelina terbilang tragis. Tidak sebagai mana mestinya seorang anak kecil yang hidup dengan kebahagiaan dan dikelilingi oleh orang – orang terkasih. Angelina harus menerima siksaan – siksaan selama hidupnya, seperti penyiksaan fisik dan mental. Anehnya lagi, siksaan – siksaan ini diterimanya dari orang terdekat yang semestinya memberikan kasih sayang kepadanya. Selain selalu dianiaya, anak kecil ini juga tidak diurus oleh ibu angkatnya. Hal ini dikatakan oleh gurunya yang selalu melihat Angelina berangkat ke sekolah dengan baju yang kusut dan bau. Selain itu, Angelina juga diperlakukan sebagai pembantu di rumahnya sendiri. Menurut informasi yang diterima, sebelum berangkat ke sekolah Angelina diharuskan untuk memberikan ayam dan kucing ibu angkatnya yang berjumlah sangat banyak itu. 

Kalimat utama : Nasib yang dialami oleh Angelina terbilang tragis
Gagasan pokok : Nasib tragis Angelina

Paragraf 2

Pernikahan Gibran, putra Jokowi dengan Selfi merupakan pernikahan yang terbilang cukup sederhana untuk ukuran seorang anak presiden. Hal ini bisa dilihat dari penyelenggaraan resepsi pernikahannya yang dilangsungkan dengan adat jawa. Selain itu, di pernikahan ini para tamu – tamu undangan dijamu dengan makanan dan minuman tradisional, seperti wajik, es dawet, dan lain – lain. Terlebih lagi, karena jaraknya yang cukup jauh, Para tamu undangan seperti pejabat – pejabat penting di Negara ini disediakan becak, yang notabene dipandang sebagai kendaraan rakyat kecil. Bahkan Gibran juga melarang para tamu undangan membawa amplop atau hadiah ke acara pernikahannya. 

Kalimat utama : Pernikahan Gibran, putra Jokowi dengan Selfi merupakan pernikahan yang terbilang cukup sederhana untuk ukuran seorang anak presiden.
Gagasan Pokok : Pernikahan sederhana putra Jokowi.

Paragraf 3

Proses pembuatan tempe sangatlah mudah dan simple. Makanan sehat yang berasal dari Indonesia ini hanya membutuhkan bahan baku sederhana, seperti kacang kedelai, dan ragi. Tidak seperti pembuatan produk makanan lainnya yang membutuhkan alat yang canggih, pembuatan tempe ini sangat sederhana, yaitu dengan cara memberikan ragi pada kacang kedelai yang telah dibersihkan. Pembuatan tempe juga tidak perlu kemasan – kemasan dari plastik, cukup dengan daun pisang saja kacang kedelai bisa menjadi tempe. Disamping itu, pembuatan tempe juga tidak memakan waktu yang sangat lama, kira – kira 3 atau 4 hari dari proses peragian, kacang kedelai sudah menjadi makanan yang sehat ini.

Kalimat utama : Proses pembuatan tempe sangatlah mudah dan simple
Gagasan pokok : Tempe dibuat dengan mudah dan simple.

Paragraf 4

Hari ini aku mengalami nasib yang sangat sial. Tadi pagi aku terjebak hujan ketika berangkat ke sekolah. Akibatnya, aku terlambat dan dimarahi oleh guruku. Tidak hanya itu, sesampainya di sekolah aku lupa tidak membawa buku pr yang aku kerjakan semalam, sehingga aku mendapat hukuman membersihkan toilet sekolah. Kesialan tidak berhenti sampai di situ, ketika waktu istirahat tiba, ternyata dompetku hilang pada saat perjalanan ke sekolah tadi. Alhasil, aku tidak bisa membeli apa pun. Puncaknya, ketika aku pulang ke sekolah, ban sepeda motorku bocor. Terpaksa aku mendorongnya hingga sampai ke rumah.

Kalimat utama : Hari ini aku mengalami nasib yang sangat sial.
Gagasan Pokok : Kesialanku
Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif beserta Kalimat dan Gagasan Utamanya | aria nugraha | 5