Pengertian Kalimat Eksposisi dan Paragraf Eksposisi beserta Contohnya

.
.
Pengertian Kalimat Eksposisi dan Paragraf Eksposisi beserta Contohnya - Kata eksposisi berasal dari kata ekspos yang berarti memaparkan, menjelaskan, atau menjabarkan. Jadi, kalimat eksposisi adalah kalimat yang bermaksud untuk memaparkan, menjelaskan, atau menjabarkan sesuatu kepada orang lain dengan sejelas – jelasnya, agar pembaca mengerti apa yang sedang dibicarakan. Topik yang dijelaskan adalah topik – topik yang berupa informasi, ilmu pengetahuan, dan topik – topik lainnya yang bersifat informatif.

Contoh – Contoh Kalimat Eksposisi 

1. Bumi berbentuk bulat dan berputar pada porosnya, sehingga menghasilkan fenomena siang dan malam di berbagai belahan dunia.
2. Komet dan meteor adalah dua buah benda yang ada di angkasa, bedanya komet memiliki ekor dan bercahaya, sedangkan meteor tidak memiliki ekor dan tidak bercahaya.
3. Gajah adalah hewan mamalia darat terbesar yang masih hidup di dunia ini.
4. Cheetah dapat berlari hingga mencapai kecepatan 150 km/jam, sehingga disebut sebagai hewan darat tercepat di dunia ini.
5. Gempa bumi yang terjadi di Nepal beberapa waktu yang lalu adalah akibat dari pergeseran  lempeng bumi yang saling bertumbukkan.
6. Gagal panen yang dialami oleh petani Desa Suka Maju adalah akibat dari hama wereng yang menggerogoti  daun padi dan hama tikus yang menghabisi batang padi.
7. Tahu dan tempe adalah hasil dari proses fermentasi jamur pada kedelai.
8. Buah jeruk mengandung vitamin C yang berguna untuk kesehatan gigi dan bibir.
9. Protein disebut juga dengan zat pembangun karena berfungsi untuk mengganti sel – sel tubuh yang rusak.
10. Alat komunikasi jarak jauh, yaitu telepon pada mulanya ditemukan oleh seorang ilmuwan yang bernama Alexander Graham bell.

Ciri – Ciri Kalimat Eksposisi

Berdasarkan kalimat – kalimat di atas, dapat disimpulkan bahwa suatu kalimat dapat dikatakan sebagai kalimat eksposisi jika memiliki berbagai macam ciri – ciri sebagai berikut ini :

1. Kalimat tersebut berupa pemaparan atau penjelasan suatu topik yang bersifat informatif.
2. Kalimat tersebut didukung oleh alasan – alasan yang kuat, seperti contoh, data, fakta, dan lain – lain.
3. Kalimat tersebut menjelaskan suatu topik faktual. Dengan kata lain, topik yang dijelaskan berupa fakta dan dapat dibuktikan kebenarannya.
4. Kalimat tersebut banyak ditemukan di dalam paragraf eksposisi.

Paragraf Eksposisi

Kumpulan kalimat eksposisi yang saling berkumpul dan berkaitan membentuk suatu paragraf yang disebut juga dengan paragraf eksposisi. Lalu, apakah yang dimaksud dengan paragraf eksposisi ini ?

Paragraf Eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk memberikan informasi sejelas – jelasnya kepada para pembacanya. 

Jenis - Jenis Paragraf Eksposisi 

Paragraf eksposisi ini sendiri dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu eksposisi berita, eksposisi proses, eksposisi definisi, eksposisi pertentangan, eksposisi ilustrasi, eksposisi klasifikasi, dan eksposisi analisis. Di bawah ini adalah kumpulan contoh paragraf – paragraf eksposisi


1. Eksposisi Berita

Bencana longsor menerjang kampung Suka Damai pada tanggal 3, Juni, 2015 lalu. Bencana longsor ini adalah bencana yang kedua kalinya terjadi di kampung Suka Damai. Longsor ini terjadi akibat dari hujan deras yang turun terus menerus pada hari – hari sebelumnya. Meskipun bencana ini menimbun rumah – rumah penduduk, tetapi tidak ada korban jiwa akibat bencana ini. Hal ini dikarenakan longsor terjadi pada siang hari, sehingga para penduduk masih sempat menyelamatkan diri.

2. Eksposisi proses

Jumlah air yang ada di bumi ini tidaklah berkurang atau pun tambah. Dengan kata lain, jumlahnya adalah tetap. Air di muka bumi ini mengalami siklus yang disebut dengan siklus hidrologi. Siklus ini memungkinkan air berputar di muka bumi ini. Proses ini dimulai dari air yang berada di perairan, seperti laut, sungai, danau, dan lain - lain menguap dan menjadi awan di athmospher bumi. Kemudian, awan – awan itu ditiup oleh angin dan terbawa ke tempat yang jauh, selanjutnya awan tersebut menjadi hujan. Air yang jatuh ke bumi akan kembali melakukan perjalanan menuju perairan. Proses ini terus berlangsung, sehingga air di muka bumi ini jumlahnya tetap.

3. Eksposisi definisi

Hormon insulin adalah hormon yang berfungsi sebagai pengatur jumlah kadar gula dara di dalam tubuh. Hormon ini dihasilkan di kelenjar tiroid. Hormon ini akan mengubah gula darah yang berlebih menjadi gula otot, sebaliknya, jika tubuh kekurangan darah hormon insulin akan mengubah gula otot menjadi gula darah.

4. Eksposisi pertentangan

Gajah Sumatera berbeda dengan gajah – gajah yang berada di Benua Afrika. Gajah yang berada di Benua Afrika memiliki ukuran tubuh yang sangat besar dengan gading yang sangat panjang. Gajah Afrika dewasa beratnya hingga mencapai 10 ton. Sementara itu, Gajah Sumatera memiliki ukuran tubuh dan gading yang paling kecil di antara spesies gajah yang ada di dunia ini. Sedangkan berat Gajah Sumatera dewasa hanya mencapai 5 ton.

5. Eksposisi perbandingan

Buah nangka dan buah cempedak adalah dua buah yang berasal dari keluarga yang sama. Buah ini sama – sama memiliki getah yang berfungsi untuk melindungi dirinya dari serangan serangga. Selain getah, kedua buah ini juga memiliki bentuk kulit dan daging buah yang hampir sama, yaitu kulitnya sama – sama kasar dan buahnya sangat banyak.

6. Eksposisi ilustrasi

Sistem peredaran darah di dalam tubuh manusia sama dengan sistem lalu kereta api di dunia ini. Pada sistem kereta api, kereta api membawa para penumpang dan mengantarkan mereka ke stasiun – stasiun yang mereka tuju dengan cepat. Begitu juga dengan sistem aliran darah, darah bersih yang mengikat oksigen akan mengantarkan oksigen – oksigen tersebut ke pos – pos yang berupa organ – organ di dalam tubuh.

7. Eksposisi klasifikasi

Tanpa kita sadari, makanan yang masuk ke dalam tubuh kita sehari – hari dibedakan menjadi dua jenis. Makanan pertama adalah makanan yang baik. Makanan ini adalah makanan – makanan yang mengandung vitamin dan mineral dan baik untuk kesehatan kita. Contohnya adalah buah, sayuran, dan daging. Makanan yang kedua adalah makanan tidak sehat. Makanan ini adalah makanan yang berbahaya bagi tubuh karena mengandung zat – zat berbahaya. Contohnya adalah junk food, makanan berpengawet, dan lain – lain. Oleh karena itu, berhati – hatilah dalam memilih makanan, pastikan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita adalah makanan baik.

8. Eksposisi Analisis

Bunyi terompet di atas langit yang terjadi belakangan ini dan menggemparkan masyarakat dunia menimbulkan berbagai macam analisa tentang fenomena ini. Dari penjelasan – penjelasan yang ada, analisa tentang udara adalah analisa yang cukup masuk logika. Seperti tanah yang dapat bergeser dan bertumbukan, udara juga dapat saling bergeser sehingga menghasilkan bunyi seperti terompet di bumi ini.   
Pengertian Kalimat Eksposisi dan Paragraf Eksposisi beserta Contohnya | aria nugraha | 5