Contoh Pidato Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

.
.
Contoh Pidato Hari Kemerdekaan Indonesia 17 agustus 1945 - Untuk menyambut HUT RI biasanya diadakan sebuah acara, seperti upacara bendera, lomba 17an dan lain-lain. Nah, di antara acara-acara tersebut biasanya diselipkan pembacaan pidato memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang dimaksudkan untuk membangkitkan kembali semangat juang yang ada di dalam diri kita.


Berikut ini adalah contoh teks pidato peringatan hari kemerdekaan Indonesia (HUT RI) yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus 1945, semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat buat Anda. 


Assalamualaikum wr. wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua!

Kepada yang terhormat, Bapak Zainal Arif, M. H, selaku bapak kepala sekolah 
Kepada yang terhormat, Bapak Muhammad Zainuri, M. Pd, wakil kepala sekolah
Kepada yang terhormat, bapak ibu dewan guru beserta seluruh staff
Serta siswa-siswi SMA N 1 Tanjung Karang  yang saya banggakan

Pertama-tama, marilah kita haturkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang tidak henti-hentinya memberikan nikmat dan karunianya kepada kita semua, sehingga kita hadir dalam acara dengan keadaan sehat walafiat. Kemudian, marilah kita sampaikan doa dan shalawat kepada Nabi besar kita, Muhammad SAW, beserta seluruh keluarga dan para sahabatnya. Semoga kita semua bisa dipertemukan kembali dengan Beliau di dalam surga. Amin ya robbal alamin.

Hadirin yang berbahagia,

Di pagi hari yang sangat indah ini saya akan menyampaikan sebuah pidato dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke …. semoga apa yang akan saya sampaikan ini bisa meningkatkan rasa cinta dan sayang terhadap bangsa dan Negara ini.

Hadirin yang berbahagia,

Sebelumnya marilah kita menundukkan kepala dan berdoa sejenak untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur berkorban demi kemerdekaan ini semoga amal mereka dapat di terima oleh Allah SWT.

Mengheningkan cipta mulai . . 
Selesai. . 

Hadirin yang berbahagia,

Tepat XX tahun yang lalu, bangsa kita, yang diwakili oleh Bung Karno dan Muhammad Hatta telah memproklamasikan kemerdekaan Negara Indonesia kepada seluruh dunia. Akhirnya cita-cita yang telah lama dinanti-nantikan itu menjadi kenyataan. Semua masyarakat pun bersoarak-sorak menyambut berita tersebut. Namun, di balik rasa bahagia itu kita semua harus tahu bahwa kemerdekaan ini bukanlah didapatkan dengan cara yang mudah tetapi penuh dengan penderitaan dan tumpah darah para pahlawan kita. 

Para pahlawan telah mengorbankan jiwa, raga, dan harta mereka demi mengusir para penjajah yang terus-menerus menguras dan menyengsarakan Negara kita. Tanpa rasa takut, mereka melawan penindasan itu walaupun hanya bermodalkan senjata sederhana dan taktik gerilya, melawan para penjajah dengan senjata dan taktik yang sangat jauh dibandingkan pahlawan kita saat itu.

Namun, mereka tidak gentar sedikit pun, jiwa mereka telah terbakar dengan api semangat persatuan, sehingga berkat semangat itu dan bantuan dari Tuhan Yang Maha Kuasa kita bisa meraih kemerdekaan ini. 

Hadirin yang berbahagia,

Kini kita telah hidup di zaman yang telah merdeka, tetapi bukan berarti perjuangan telah usai, justru ini adalah tanggung jawab yang lebih besar yang diberikan oleh para pendahulu kita, yaitu dengan mengisi kemerdekaan ini. Tentunya tugas ini tidaklah mudah karena ada pepatah yang mengatakan mempertahankan adalah hal yang tersulit dari pada mendapatkan.

Kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang bermanfaat untuk membangun bangsa dan Negara kita. Selain itu, kita pula harus menjaga bangsa ini dari rongrongan pihak-pihak asing yang ingin kembali menguasai sumber kekayaan Indonesia.  

Wahai pemuda-pemudi sekalian, teruslah berjuang, terutama bagi para pemuda-pemudi Indonesia, karena kalian adalah ujung tombak perjuangan bangsa ini di tengah-tengah hegemoni dunia. Jangan sampai Negara ini kembali jatuh dan hancur. 

Oleh karena itu, marilah kita membangkitkan kembali jiwa dan semangat persatuan yang telah lama padam di dalam diri kita. Tumbuhkan terus semangat 45 yang telah diwariskan oleh para pahlawan bangsa untuk mewujudkan Negara Indonesia yang kuat dan merdeka serta mampu bersaing di mata dunia. Selain itu marilah kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa ini, jangan sampai kita terpecah belah dan mudah diadu domba oleh pihak asing yang ingin menjatuhkan bangsa ini. 

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan hari ini. Marilah kita singsingkan lengan baju kita, rapatkan barisan kita, dan pekikkan dengan lantang 

MERDEKA MERDEKA MERDEKA MERDEKA

Saya akhiri wassalamualaikum wr. wb!  



Demikianlah contoh teks pidato memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Anda juga bisa menemukan artikel-artikel menarik lainnya di dalam blog ini. Terimakasih atas kunjungannya. 
Contoh Pidato Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 | aria nugraha | 5