Paragraf Deskripsi: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh Paragraf Deskripsi Terbaik

.
.
Paragraf Deskripsi: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh Paragraf Deskripsi Terbaik – Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan paragraf deskripsi? Jika masih bingung, artikel kali ini akan membantu Anda untuk memahami paragraf deskripsi, ciri-ciri paragraf deskripsi, jenis paragraf deskripsi, dan contoh paragraf deskripsi. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.



Pengertian Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan cara digambarkan atau dilukiskan dengan sejelas-jelasnya. Paragraf ini bertujuan untuk menjelaskan suatu topik yang berupa objek atau benda kepada pembacanya dengan sangat jelas, sehingga seolah-olah pembaca tersebut merasakan, atau mengalami sendiri apa yang mereka baca. 

Paragraf deskripsi menjelaskan aspek-aspek yang bisa diterima oleh panca indera manusia seperti bentuk, warna, rasa, maupun keadaan suatu objek yang didiskusikan dalam paragraf tersebut. Paragraf ini merupakan hasil penelitian atau pengamatan, sehingga objek yang dibahas merupakan objek yang real atau dapat dilihat bukan objek-objek yang masih bersifat abstrak. 

Ciri-ciri Paragraf Deskripsi

Suatu paragraf dapat dikatakan sebagai paragraf deskripsi, jika memiliki ciri-ciri yang sesuai sebagai berikut ini:
  1. Topik yang berupa objek atau benda digambarkan dengan sangat jelas.
  2. Objek tersebut digambarkan dengan melibatkan panca indera, seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, dan lain-lain.
  3. Banyak ditemukan kata-kata sifat di dalamnya. 



Jenis-jenis Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi dikelompokkan menjadi tiga jenis paragraf, yaitu paragraf deskripsi spatial, paragraf deskripsi objektif, dan paragraf deskripsi subjektif. Untuk memudahkan Anda dalam mempelajari paragraf deskripsi ini, di bawah ini adalah jenis-jenis paragraf deskripsi beserta contoh-contohnya:

Paragraf Deskripsi Spatial

Paragraf deskripsi spatial adalah paragraf yang topiknya berupa ruang atau tempat. Paragraf ini mendeskripsikan suatu ruang atau tempat dengan sangat jelas kepada para pembacanya. 

Contoh:

Bangunan Gedung Olahraga baru itu dibangun di atas tanah seluas setengah hektar. Bangunan itu berbentuk lingkaran dengan luas sekitar 500 m2. Jika dilihat dari luar gedung ini tampak seperti setengah bola yang diletakkan di atas lantai. Sebuah patung orang yang sedang memanah berdiri tegak di depan gedung yang berwarna biru dan putih itu. Di sekitar gedung itu juga terdapat jalur lari yang mengelilingi bangunan utama gedung. Sedangkan di dalamnya terdapat lapangan-lapangan yang bisa digunakan sebagai tempat olahraga futsal, bulu tangkis, dan basket. Gedung ini dilengkapi dengan pencahayaan yang baik dengan 100 lampu tembak yang besar diletakkan di atasnya. Gedung ini juga memiliki kursi sejumlah 10000 kursi bagi para penonton. Selain itu, gedung itu juga dilengkapi fasilitas lain seperti kamar ganti, ruang official, toilet, dan ruang medis.  

Paragraf Deskripsi Objektif

Objektif bermakna apa adanya atau sesuai dengan kenyataan. Oleh karena itu, paragraf ini menggambarkan suatu objek dengan sesuai kenyataan tanpa adanya opini atau kesan pribadi seorang penulis. 

Contoh:

Pantai Sari Dewi adalah pantai yang baru dibuka sebagai tempat wisata umum di daerah Bandar Karang. Pantai ini terletak di wilayah Kota Indah dan menghadap langsung ke arah Samudera Hindia. Seperti pantai-pantai tropis pada umumnya, pantai Sari Dewi memiliki pasir yang berwarna putih dan bebatuan karang yang tersebar di daerah pinggiran pantai. Selain menyajikan keindahan pantainya, Sari Dewi juga memiliki spot diving, dan olahraga air seperti banana boat, dan speed boat, dan lain-lain. Pantai ini memiliki penginapan-penginapan yang langsung menghadap lautan yang bisa disewa oleh para pengunjungnya.  

Paragraf Deskripsi Subjektif

Berbeda dengan paragraf deskripsi objektif, paragraf ini menggambarkan suatu objek berdasarkan apa yang dirasakan, dilihat oleh penulis itu sendiri. Dengan kata lain, penulis menuangkan opini-opini pribadi tentang keadaan suatu benda atau objek tersebut. 

Contoh:

Pantai Sari Dewi adalah surga tersembunyi yang ada di Kota Bandar Karang, tepatnya di wilayah Kota Baru. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah karena langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Pasirnya yang putih bersih dan airnya yang berwarna biru memanjakan mata bagi para pengunjungnya. Di pantai ini terdapat puluhan batu karang yang tegap menghadap ke arah lautan seakan-akan bertarung dengan ombak yang cukup besar menghantam dirinya. Pantai Sari Dewi juga memiliki area diving yang sangat menarik, selain itu mereka juga menawarkan berbagai macam olahraga air seperti speed boat, banana boat, dan masih banyak lagi yang sangat mengasyikan. Tempat wisata ini juga dikelola dengan sangat professional. Mereka menyewakan tempat penginapan yang cantik dengan pemandangan lautan yang luar biasa. Oleh karena itu, pantai yang baru dibuka ini adalah tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. 

Sampai di sini artikel kali ini mengenai Paragraf Deskripsi: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh Paragraf Deskripsi Terbaik. Semoga artikel kali ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari tugas bahasa Indonesia. Selain itu Anda juga bisa membaca artikel lain mengenai macam-macam paragraf lain seperti paragraf argumentasi, eksposisi, dan masih banyak lagi di dalam blog ini. Terimakasih atas kunjungannya!
Paragraf Deskripsi: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh Paragraf Deskripsi Terbaik | aria nugraha | 5