Laras Bahasa: Pengertian, Jenis dan Contoh Analisis Laras Bahasa Terbaik

.
.
Laras Bahasa: Pengertian, Jenis dan Contoh Analisis Laras Bahasa Terbaik - Berdasarkan fungsi pemakaiannya, bahasa dibedakan menjadi beberapa bentuk laras bahasa di antaranya adalah laras bahasa iklan, laras bahasa ilmiah, laras populer dan lain-lain. Namun, sebelumnya tahukah Anda apa yang dimaksud dengan laras bahasa ?

Pengertian Laras Bahasa

Laras bahasa adalah suatu kesesuaian antara bahasa itu sendiri dengan pemakaiannya. Dengan kata lain, suatu bahasa harus sesuai dengan pemakaiannya. Contohnya, jika dalam hal penulisan karya sastra seperti puisi dan pantun, maka laras bahasa yang digunakan adalah laras puisi atau pun laras pantun. Sebaliknya, jika bahasa di gunakan dalam hal penulisan ilmiah, maka laras bahasa yang digunakan adalah laras ilmiah. 

Laras bahasa memiliki ciri dan gaya penulisannya sendiri yang dapat disampaikan baik dalam bentuk tulisan mau pun penulisan. 

Jenis-Jenis Laras Bahasa

Ada dua macam laras bahasa yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu laras bahasa biasa dan laras bahasa khusus. Apakah yang dimaksud dengan kedua macam laras bahasa tersebut? Berikut ini adalah pembahasan mengenai jenis-jenis laras bahasa.

Laras bahasa biasa

Laras bahasa biasa adalah laras bahasa yang sering ditemukan dan digunakan oleh masyarakat luas, misalnya laras bahasa yang dipakai dalam bidang hiburan, seperti laras bahasa berita, penerangan, dan lain-lain.

Laras bahasa khusus 

Laras bahasa khusus adalah laras bahasa yang digunakan dalam pemakaian khusus yaitu, laras bahasa ilmiah yang dipakai dalam penulisan laporan ilmiah, dan lain-lain.

Kedua jenis laras bahasa ini dapat dibedakan dengan cara melihat beberapa hal berikut ini:
  1. Kosakata
  2. Gaya Bahasa, dan 
  3. Tata bahasa.  


Contoh Analisis Laras Bahasa 


ANALISIS LATAR BELAKANG  BERDASARKAN  BAHASA INDONESIA LARAS ILMIAH

Sebagai mahasiswa tentunya harus memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Mahasiswa tentunya harus memiliki bekal, seperti keterampilan menulis atau keterampilan menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan. Dalam menggunakan ejaan yang benar, memilih kata dan istilah yang tepat,  serta menyusun kalimat efektif.  Selain itu mahasiswa juga harus mampu membuat ide pokok yang jelas dalam sebuah paragraf dan menyusun paragraf menjadi kohesif dan koheren sehingga mahasiswa dituntut memiliki pemikiran yang logis. Oleh karena itu, berikut ini dikemukakan tentang  konsep dasar mengenai fungsi dan bahasa keilmuan, ciri-ciri bahasa Indonesia ragam ilmiah.


Dalam paragraf di atas terdapat beberapa kalimat yang tidak menggunakan bahasa indonesia ilmiah. Kalimat tersebut yaitu: 


1. “Mahasiswa tentunya harus memiliki bekal, seperti keterampilan menulis atau keterampilan menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan.” kalimat tersebut  tidak efektif. Kesalahan tersebut terlihat dalam penggunaan kata “atau” sehingga kalimat tersebut menjadi boros tidak sesuai dengan kaidah penulisan kalimat efektif.

2. “Dalam menggunakan ejaan yang benar,  memilih kata dan istilah yang tepat,  serta menyusun kalimat efektif.” kalimat tersebut tidak memenuhi persyaratan  penggunaan kalimat efektif secara benar, sehingga  informasi yang disusun penulis tidak tersampaikan dengan baik kepada pembaca.


Setelah kalimat di atas di revisi, berikut paragraf yang benar:


Mahasiswa harus memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Salah satu bentuk keterampilan tersebut adalah keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan kemampuan menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan. Menulis sebuah karya ilmiah harus menggunakan EYD dengan benar, memilih kata dan istilah dengan tepat,  serta menyusun kalimat efektif. Mahasiswa juga harus mampu membuat ide pokok yang jelas dalam sebuah paragraf, menyusun paragraf menjadi kohesi dan koheren. Mahasiswa dituntut memiliki pemikiran yang logis. Oleh karena itu, berikut ini dikemukakan tentang  konsep dasar  fungsi bahasa keilmuan dan ciri-ciri bahasa Indonesia ragam ilmiah.


Demikianlah artikel kali ini mengenai pengertian, ciri, dan jenis laras bahasa, beserta dengan contoh analisis laras bahasa. Semoga artikel kali ini bisa menjadi referensi yang baik buat Anda. 

Selain itu, temukan juga artikel menarik lainnya dan contoh tugas bahasa Indonesia di dalam blog ini. Terimakasih telah berkunjung dan membaca. 
Laras Bahasa: Pengertian, Jenis dan Contoh Analisis Laras Bahasa Terbaik | aria nugraha | 5