5 Contoh Paragraf Campuran Terbaru dan Terbaik

.
.
5 Contoh Paragraf Campuran Terbaru dan TerbaikPada artikel sebelumnya penulis telah menyajikan beberapa contoh paragraf deduktif dan paragraf induktif. Nah, artikel kali ini khusus akan memberikan 5 contoh paragraf campuran. 


Namun, sebelumnya agar Anda mudah memahami beberapa contoh-contoh paragraf berikut ini. Ingatlah kembali konsep paragraf campuran, yaitu terdapat dua buah kalimat utama yang terletak pada bagian awal dan bagian akhir paragraf. Kalimat utama yang terletak pada bagian awal paragraf berfungsi sebagai pengantar ke dalam topik utama, sedangkan kalimat utama yang terletak pada bagian akhir paragraf berfungsi sebagai kesimpulan. Berikut ini adalah 5 contoh paragraf campuran. 

Contoh 1

Kemarau panjang tahun ini menimbulkan masalah yang sangat besar bagi masyarakat. Banyak sekali kerugian-kerugian yang disebabkan oleh bencana ini. Diantaranya adalah sumur-sumur yang mengering, dan debu-debu yang beterbangan dimana-mana. Hal ini membuat para warga kesulitan dan juga mengalami sesak nafas akibat menghirup debu. Namun, diantara itu semua para petanilah yang mengalami kerugian yang amat sangat besar dikarenakan ribuan hektar sawah yang gagal panen akibat keringnya sawah-sawah mereka. Bahkan baru-baru ini kemarau yang terjadi menyebabkan kebakaran hutan yang terjadi di mana-mana. Salah satu kasus yang parah terjadi di Provinsi Riau. Di daerah tersebut ribuan hektare hutan terbakar dan menyebabkan Riau diselimuti oleh asap yang pekat selama beberapa waktu lamanya. Oleh karena itulah kemarau panjang yang terjadi tahun ini sangat merugikan bagi masyarakat. 

Contoh 2

Olahraga secara teratur bisa membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Hal ini dikarenakan olahraga membantu proses metabolisme di dalam tubuh kita, sehingga semua makanan tecerna dengan sempurna. Sempurnanya proses pencernaan makanan ini akan menghasilkan energi yang cukup untuk mendukung segala aktivitas yang kita lakukan sehingga tubuh menjadi bugar sepanjang hari. Berolahraga yang teratur juga menyebabkan tubuh menjadi sehat dan kebal terhadap penyakit yang mengintai. Bahkan ada pepatah asing yang mengatakan bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Oleh sebab itu, tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga merupakan aktivitas yang menyehatkan. 

Contoh 3

Hidup di desa sangat jauh berbeda dengan hidup di perkotaan. Suasana di desa sangat nyaman dan tenteram. Di sana suasananya masih sangat alami dan jauh dari kebisingan-kebisingan yang selalu lekat pada perkotaan. Tidak hanya suasananya saja yang menjadikan hidup di desa lebih nyaman dibandingkan di kota, tetapi kerukunan antar warga yang masih sangat erat membuat kehidupan di desa semakin indah. Di desa semua warganya masih menganut asas gotong royong dan peduli satu sama lain. Tidak seperti penduduk perkotaan yang sudah mulai acuh tak acuh terhadap lingkungan sekitarnya. Bahkan hampir tidak ada tindakan kriminal yang terjadi di desa. Oleh karena itu, hidup di desa sangat menyenangkan jika dibandingkan dengan hidup di perkotaan.

Contoh 4

Badu anak yang sangat nakal. Dia selalu mengganggu teman-temannya, baik teman di sekolah maupun di lingkungan rumahnya. Sudah berkali-kali dia dipanggil dan dimarahi oleh guru BK, tetapi tetap saja dia tidak berubah. Bahkan kabarnya orang tuannya pun menyerah dibuatnya. Selain nakal, Badu juga sering membolos. Dia lebih memilih mengikuti kegiatan ekstrakurikuler daripada belajar di dalam kelas, bahkan dia beranggapan bahwa jangan sampai belajar mengganggu kegiatan ekstrakurikuler, sehingga tak jarang dalam seminggu dia hanya masuk selama 3 hari. Oleh karena itu Badu tidak disukai oleh teman-teman dan gurunya akibat kenakalannya tersebut.

Contoh 5

Saat ini mencari pekerjaan sangatlah sulit. Hal ini dikarenakan minimnya jumlah lapangan pekerjaan dibandingkan dengan jumlah para pencari kerja. Jumlah orang-orang yang mencari kerja ini meningkat setiap tahunnya akibat dari meledaknya jumlah penduduk, sayangnya peningkatan ini tidak diikuti dengan bertambahnya jumlah lapangan kerja. Akibatnya pengangguran terjadi di mana-mana. Bahkan kini tidak hanya mereka yang tidak memiliki pendidikan tinggi saja, tetapi para sarjana pun mulai kesulitan untuk mencari sebuah pekerjaan yang layak dikarenakan minimnya lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, banyak sekali para pencari kerja yang menjadi pengangguran.

Paragraf-paragraf di atas merupakan contoh-contoh paragraf campuran, yaitu paragraf yang memiliki dua buah kalimat utama. Demikianlah artikel kali ini dan nantikan artikel-artikel menarik lainnya di dalam blog ini. Terimakasih dan teruslah belajar.
5 Contoh Paragraf Campuran Terbaru dan Terbaik | aria nugraha | 5