5 Contoh Paragraf Induktif Menarik dan Terbaru

.
.
5 Contoh Paragraf Induktif Menarik dan TerbaruKita telah membahas pengertian dan ciri-ciri paragraf deduktif pada artikel sebelumnya. Nah, untuk membuat Anda semakin mengerti mengenai paragraf induktif. Artikel kali akan menyajikan 5 contoh paragraf induktif yang dapat Anda jadikan referensi dalam mempelajari jenis paragraf ini. 


Namun, sebelum masuk ke dalam contoh-contoh paragraf induktif. Apakah Anda masih mengingat apa itu paragraf induktif? Jika Anda lupa atau belum mengerti apa itu paragraf induktif? Yap benar, paragraf induktif adalah paragraf yang memiliki kalimat utama, atau ide pokok, atau juga disebut dengan gagasan utama pada akhir kalimat. Di bawah ini adalah beberapa contoh paragraf induktif. 

Contoh 1

Pada awalnya kehidupan manusia sangatlah primitif dan serba sederhana. Namun, seiring berjalannya waktu, manusia mulai menggunakan akal dan pikirannya untuk mengubah kehidupannya. Mereka mulai berpikir dan memperhatikan apa yang ada di sekitar mereka, sehingga terciptalah ilmu-ilmu yang baru dan sangat bermanfaat. Dengan bermodalkan ilmu-ilmu pengetahuan tersebut, manusia merubah kehidupannya ke arah yang lebih modern sehingga terciptalah transportasi-transportasi modern, sistem-sistem politik modern, alat-alat yang canggih dan masih banyak lainnya. Bahkan dengan ilmu, kini mereka bisa terbang ke angkasa, suatu hal yang awalnya tidak mungkin terpikirkan sama sekali. Oleh karena itu, ilmu sangat berperan besar dalam membuat kehidupan manusia menjadi jauh lebih baik daripada sebelumnya. 

Contoh 2

Asap rokok sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia. Hal ini dikarenakan asap rokok mengandung zat-zat beracun, seperti karbon monoksida. Selain itu, di dalam batang rokok juga ditemukan berbagai macam racun yang sangat berbahaya, diantaranya adalah nikotin, merkuri, bahkan ada juga bahan racun yang sejatinya digunakan sebagai bahan baku roket. Apabila zat-zat beracun ini terhirup dan masuk ke dalam tubuh manusia secara terus-menerus akan membuat kerusakan pada bagian paru-paru bahkan menyebabkan kematian. Terlebih lagi, rokok juga memiliki zat lain yang tak kalah mengerikan, yaitu, Tar. Bahan ini merupakan abu sisa pembakaran rokok. Jika Tar masuk ke dalam tubuh manusia, maka akan menyebabkan penyakit yang disebut dengan kanker paru-paru. Oleh karena itu, rokok sangat membahayakan kesehatan manusia bahkan bisa juga menyebabkan kematian. 

Contoh 3

Siapa yang tidak mengenal salah satu jenis pohon yang satu ini, Batang pohonnya bisa dijadikan papan atau kayu yang digunakan untuk bahan bangunan seperti rumah, jembatan dan lain-lain. Selain itu, daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk membuat sapu lidi dan bahan bakar. Tidak hanya itu, buahnya juga dapat dimanfaatkan baik yang masih muda maupun yang sudah tua. Buah yang masih muda dapat diminum airnya dan diambil dugannya, sedangkan buah yang telah tua dijadikan sebagai campuran untuk membuat sayur. Tidak hanya sampai di sini, bahkan akarnya pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Itulah sebabnya pohon kelapa disebut dengan pohon serbaguna. 

Contoh 4

Susu mengandung kalsium yang berperan aktif dalam proses pembentukan dan penguatan tulang manusia. Dengan adanya kalsium ini, tulang manusia mendapatkan asupan makanan yang cukup sehingga tidak mudah keropos dan kuat. Selain itu, kalsium juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, sehingga membantu kita untuk menambah tinggi badan. Tidak hanya tulang saja yang mendapatkan manfaat dari zat kalsium ini, tetapi bagian-bagian tubuh yang lain seperti gigi, dan rambut. Namun, tahukah Anda selain kalsium, susu juga mengandung protein. Zat ini disebut dengan zat pembangun karena protein berfungsi untuk membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Oleh karena itu, susu sangat bermanfaat bagi manusia. 

Contoh 5

Riski sangat senang sekali membantu temannya yang sedang berada dalam kesulitan. Bahkan dia tidak segan-segan mengorbankan kepentingan pribadinya untuk kepentingan kelompoknya. Tidak hanya itu, Riski dikenal sangat menyayangi teman-temannya. Dia tidak pernah sekalipun menyakiti teman-temannya. Bahkan Riski juga akan merasa sedih ketika melihat teman yang lainnya sedih. Jika ia melihat temannya yang sedang bersedih dia akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk menghibur temannya itu agar kembali ceria. Oleh sebab itu, Riski menjadi idola bagi teman-temannya.


Paragraf-paragraf di atas merupakan contoh paragraf induktif, dimana kalimat utama, gagasan utama, atau ide pokoknya diletakkan di bawah paragraf. Demikianlah artikel kali ini mengenai 5 contoh paragraf induktif menarik dan terbaru.  
5 Contoh Paragraf Induktif Menarik dan Terbaru | aria nugraha | 5