Contoh Teks Pidato tentang Korupsi

.
.
Contoh Pidato Tentang Korupsi Terbaik – Artikel kali ini menyajikan contoh teks pidato pendek tentang korupsi. Berikut ini adalah contoh teks pidato tentang korupsi. 



Assalamualaikum wr. Wb
Selamat Pagi dan Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

Kepada yang terhormat, Bapak dan ibu dewan juri
Kepada yang terhormat para tamu undangan,
Serta hadirin yang berbahagia

Marilah bersama-sama kita panjatkan rasa puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang tidak henti-hentinya memberikan nikmat sehatnya kepada kita semua, sehingga kita bisa berkumpul di pagi hari yang cerah ini dalam tanpa ada gangguan sedikit pun. 

Tidak lupa shalawat serta salam selalu kita sanjungkan kepada nabi besar kita, Nabi Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafaat-nya di yaumil akhir kelak, Aminnn…

Hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Korupsi membawa bencana. Semoga apa yang bisa saya sampaikan kali ini bisa bermanfaat bagi kita dan juga memotivasi kita untuk memerangi penyakit ini. 
Hadirin yang berbahagia,

Korupsi adalah suatu penyakit berbahaya yang ada di masyarakat saat ini. Korupsi sudah melekat bahkan menjadi budaya bagi bangsa kita karena hampir semua sendi-sendi kehidupan ini telah dimasuki oleh korupsi, diantaranya adalah kementerian, dewan perwakilan rakyat, para pemimpin, bahkan institusi kepolisian telah dirasuki olehnya. Jika kita sadar, tentu ini sangat memprihatinkan. Sudah banyak uang Negara yang semestinya untuk kesejahteraan rakyat mereka rampas begitu saja demi kepentingan pribadi dan kelompok mereka. 

Para koruptor itu seakan-akan tidak tahu malu dengan perbuatan mereka. Bahkan mereka tidak memiliki rasa malu sedikitpun ketika mereka tertangkap. Dengan bangganya mereka dan dengan baju-baju yang bagus turun dari mobil polisi sambil melempar senyum kepada para pencari berita. Sungguh mengherankan, apakah mereka sudah tidak punya lagi rasa malu atau urat malu mereka sudah putus?

Hadirin yang berbahagia,

Apakah yang menyebabkan korupsi ini terus merajalela ? Padahal sudah banyak sekali para koruptor yang tertangkap. Apakah itu semua tidak membuat yang lain jera ?  Jika kita perhatikan, lemahnya hukuman yang ada di Negara kita ini adalah penyebab itu semua. Hukum yang menjerat para koruptor tidak begitu berat dan tidak sebanding dengan perbuatan yang dilakukannya. Bahkan hukuman mereka lebih kecil dibandingkan dengan nenek yang mencuri kayu bakar. Terlebih lagi dengan banyaknya para anggota Lapas yang bisa disuap. Mereka bisa menjadikan penjara itu sebagai rumah mewah mereka sendiri bahkan mereka juga bisa bepergian seenaknya. 

Hal ini sungguh ironis bukan? Seharusnya hukuman untuk para koruptor itu diperberat saja. Contohnya apa yang dilakukan oleh negeri China. Mereka tidak segan-segan memberikan hukuman mati kepada para koruptor dan mengeksekusinya di depan orang ramai, sehingga menjadi peringatan bagi masyarakatnya. Akibatnya, negeri China bersih dari penyakit ini. 
Seharusnya kita mengikuti langkah apa yang dilakukan oleh negeri China, dengan begitu para koruptor tidak akan berani mengambil uang rakyat. 

Hadirin yang berbahagia,

Jika kita sudah memberikan hukuman yang tegas pada mereka, tentunya Negara ini akan bersih dari korupsi dan akan tercipta kesejahteraan di mana-mana. Untuk itulah kita harus memerangi penyakit ini agar korupsi benar-benar hilang dari negeri ini. Banyak hal yang bisa kita lakukan dan itu dimulai dari diri kita sendiri.  Kita harus berusaha untuk jujur. Jika kita telah jujur maka, kita akan terhindar dari korupsi.

Selain itu, kita juga harus membantu pihak penyidik korupsi, seperti mendukung dan melaporkannya jika kita melihat atau mendengar praktek haram ini. Dengan aktifnya kita dalam memerangi penyakit ini, paling tidak kita bisa mencegah bencana ini lebih parah lagi.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah pidato ini saya sampaikan. Semoga Negara kita ini bisa terbebas dari tindakan haram ini dan terwujud kesejahteraan di masyarakatnya. Akhir kata terimakasih atas perhatiannya dan saya akhiri

Wabilahiataufik walhidayah, wassalamualaiakum wr. wb. 


Demikianlah artikel kali ini tentang contoh teks pidato singkat tentang korupsi. Semoga pidato tentang korupsi ini bisa bermanfaat buat Anda. Terimakasih atas kunjungannya dan nantikan artikel-artikel menarik lainnya di dalam blog ini. 

Contoh Teks Pidato tentang Korupsi | aria nugraha | 5