3 Contoh Jenis Karangan Deskripsi Terbaik

.
.
3 Contoh Jenis Karangan Deskripsi TerbaikHaloo Sobat, Bagaimana kabarnya? Baik bukan? Nah, jumpa lagi dalam artikel yang akan memberikan contoh karangan deskripsi terbaik. Contoh ini diambil berdasarkan jenis – jenis karangan deskripsi. 

Namun sebelumnya, apakah Sobat mengetahui apa itu karangan deskripsi ? Yap, karangan deskripsi adalah karangan yang berisi gambaran – gambaran suatu objek yang disampaikan oleh penulis dengan jelas sehingga membuat seolah – olah pembaca mengalami atau merasakan sendiri kesan sebuah benda atau objek tersebut.

Tanpa membuang – buang waktu lagi, berikut ini adalah contoh – contoh karangan deskripsi terbaik :


1. Karangan Deskripsi Spatial

Karangan deskripsi ini mengambarkan suatu objek yang berupa ruang atau tempat. 

Contoh:

Kamar Tidurku yang Nyaman

Kamar tidurku sangatlah lebar dan nyaman. Ruangan itu memiliki luas kira – kira sebesar 42 meter resegi. Di dalamnya terdapat satu tempat tidur dan meja belajar yang diletakkan tepat di sebelah lemari pakaianku yang terbuat dari kayu jati. 

Tembok kamarku dicat dengan warna biru muda yang melapisi seluruh bagian permukaan tembok kamarku. Pemilihan warna ini dikarenakan warna ini sangat tenang dan memberikan efek rileksasi untuk menghilangkan stress. Aku juga menggantung beberapa lukisan – lukisan yang indah di tembok kamarku. 

Selain itu, ada juga sebuah poster gambar idolaku, Albert Einstein yang aku tempelkan bersebelahan dengan cermin besar. Cermin itu aku letakkan tepat di samping lemari pakaianku. 

Untuk menambah suasana yang nyaman di dalam kamarku, aku memasang sebuah air conditioner yang aku letakkan di dekat jendela sehingga aku bisa mengatur kondisi kamarku sesuai dengan kondisi yang aku inginkan. 

Bahkan aku juga menaruh beberapa hisan dekorasi minatur – miniatur super hero seperti batman, superman, dan masih banyak lagi di sebelah komputer yang aku letakkan di atas meja belajar. Selain itu karena kebetulan aku pencinta Chelsea Football Club, aku memilih sprei yang bergambar logo klub kesayanganku ini. 

Oleh karena itulah, kamarku sangatlah nyaman bagiku sehingga aku bisa berlama – lama menghabisakan waktu di kamar baik untuk belajar maupun hanya sekedar melepas lelah.



2. Karangan Deskripsi Realistis 

Karangan deskripsi ini adalah karangan yang menggambarkan suatu objek dengan objektif dan apa adanya. Karangan ini hanya menjabarkan apa yang dilihat atau dirasakan oleh sang penulis tanpa memberikan kesan atau pendapat pribadinya. 

Contoh :

Teluk Lumba - Lumba

Teluk Lumba - Lumba adalah sebuah tempat wisata yang ada di Provinsi Lampung. Teluk ini terletak di daerah pekon Segala Negeri, Kecamatan Kelumba, Kabuapaten Tanggamus. Tempat wisata ini berjarak sekitar 7 km dari pusat Kota Bandar Lampung dan memakan waktu selama 3 jam dengan mengendarai mobil. 

Teluk ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan – wisatawan baik lokal maupun luar negeri. Mereka berlibur ke teluk ini karena ingin menyaksikan pemandangan laut lepas yang sangat indah. 

Teluk lumba – lumba memiliki pasir yang sangat putih dan bersih. Hampir tidak ada sampah – sampah yang berserakan. Selain itu, di sebelah utara teluk ini banyak sekali batu – batu karang besar yang menjadi tempat favorit bagi para turis untuk berfoto. 

Sementara itu, sebelah timur teluk ini masih berupa hutan bakau yang sangat lebat. Tempat ini biasa digunakan sebagai tempat perlindungan sekaligus budidaya ikan yang dilakukan oleh penduduk setempat. 

Salah satu daya tarik teluk ini adalah masih banyak terdapat lumba – lumba yang berenang bebas. Pengunjung bisa melihat kawanan lumba – lumba itu dengan meyewa sebuah kapal tradisional dengan biaya sekitar 50.000 per orang. Mereka akan dibawa oleh pengemudi kapal mengelilingi teluk untuk melihat lumba – lumba selama sekitar 30 menit.



3. Karangan Deskripsi Impresionatis


Jenis karangan deskripsi ini adalah karangan yang menggambarkan suatu benda secara subjektif. Dengan kata lain, penulis mendeskripsikan suatu objek berdasarkan kesan atau pendapat pribadi penulis sendiri. 

Contoh :

Teluk Lumba – Lumba Surga Wisata

Teluk Lumba – Lumba yang terletak di wilayah Lampung adalah surga wisata yang tersembunyi. Teluk ini berjarak sekitar 7 km dari pusat Bandar Lampung dan membuthkan waktu selama 3 jam. Meskipun jarak tempuhnya cukup jauh, semua itu akan terbayar dengan pemandangan yang sungguh menakjubkan dari Teluk Lumba – Lumba.

Ketika sampai di tempat ini, kita akan disambut dengan pemadangan laut lepas Samudera Hindia yang berwarna biru. Selain itu, mata kita juga akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih bersih sepanjang mata memandang. Berbeda dengan tempat – tempat wisata lainnya, Teluk Lumba – Lumba sangatlah bersih, hampir tidak ada sampah plastik yang terlihat sehingga membuat para pengunjung merasa nyaman. 

Hal yang tak kalah menarik ada di bagian utara Teluk ini, hamparan batu karang yang memecah ombak lautan berdiri dengan sangat gagah. Karena keeksotisan tempatnya, tak ayal hamparan batu karang ini menjadi spot terfavorit bagi pengunjung untuk berfoto sambil menikmati ciptaan Tuhan yang luar biasa indah ini. Sementara itu, di bagian selatan Teluk ini masih banyak sekali hutan bakau yang berjajar rapat seolah – olah menjadi pagar pembatas antara pantai dan  lautan. 

Daya tarik yang paling utama dari teluk ini adalah tempatnya yang masih sangat alami sehingga masih menjadi tempat tinggal beberapa spesies lumba – lumba. Kita bisa melihat pertunjukan lumba – lumba dengan menyewa kapal tradisional yang cukup murah.

Dengan hanya mengeluarkan uang 50. 000 per orang, kita akan diajak berkeliling teluk. Ada yang menarik ketika kita berada di tengah – tengah teluk. Puluhan lumba – lumba melompat – lompat sekan – akan ingin menyambut para pengunjung. Tapi untuk melihat pertunjukan ini, para pengunjung harus menginap karena Lumba – lumba hanya akan keluar pada pagi hari, khususnya jam 6 sampai dengan jam 7.

Oleh karena suasanaya yang masih sangat alami dan keindahannya yang tiada bandingannya, Teluk Lumba – Lumba menjadi tujuan favorit untuk berwisata bagi turis lokal maupun asing. 




Nah Sobat, contoh – contoh di atas adalah jenis – jenis karangan deskripsi. Poin penting dari pembahsan kali ini adalah karangan deskripsi adalah karangan yang ditulis dengan bertujuan menyampaikan gambaran suatu benda atau objek kepada para pembca agar pembaca seolah – olah melihat atau merasakan sendiri objek tersebut.


Demikianlah artikel kali ini tentang 3 contoh karangan deskripsi. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat Sobat. Terimakasih atas kunjungannya dan temukan juga artikel – artikel menarik lainnya dalam blog ini. 
3 Contoh Jenis Karangan Deskripsi Terbaik | aria nugraha | 5