Baca 20 Contoh Kalimat Kritik Membangun dan Pengertian!

.
.
20 Contoh Kalimat Kritikan yang membangun dalam Bahasa IndonesiaKalimat kritkan dan pujian tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita karena kalimat ini sering kita dengar dalam percakapan sehari-hari. Namun, kedua kalimat ini hampir memiliki kesamaan, sehingga sering sekali terjadi kesalahan dalam menentukan apakah itu kalimat kritkan dan kalimat pujian.

20 Contoh Kalimat Kritik dan Contoh
Kalimat Kritik dan Contoh


Nah, untuk menghindari itu semua, artikel kali ini akan membahas mengenai pengertian kalimat kritik, kritik yang membangun, dan contoh.  

Baiklah mari kita mulai!

Pelajar tentang kalimat pujian di artkel ini: Kalimat Pujian


Kalimat Kritikan

Apakah yang dimaksud dengan kalimat kritikan?
Kalimat kritikan adalah suatu kalimat yang isinya berupa tanggapan atau respon mengenai suatu hal yang tidak sesuai atau kurang benar di mata seseorang. Kalimat kritik biasanya berupa kecaman-kecaman atau pernytaan mengenai ketidaksetujuan.

Akan tetapi, kalimat kritik tersebut adalah kalimat kritik yang negatif. Seharusnya kalimat kritik adalah kalimat yang tidak hanya mengandung kekurangan atau kelemahan tetapi disertai juga dengan solusi-solusinya. Kalimat ini disebut dengan kalimat kritk yang membangun.

Setiap orang pasti pernah mendapatkan kritkik dan juga berhak untuk mengkritik. Namun, untuk menghindari kritik yang negatif, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memberikan kritik kepada seseorang. Pahamilah hal-hal berikut ini!


Hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengkritik
  1. Kalimat kritikan harus disampaikan dengan jelas dan benar agar orang yang kita kritik bisa memperbaikinya.
  2. Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang sopan agar orang lain tidak tersinggung.
  3. Ketika mengkritik harus disertai dengan alasan-alasan  yang masuk akal, sehingga kritikan Anda kuat dan tidak bisa dibantah. 
  4. Kalimat kritikan harus sesuai dan berkaitan dangan masalah.
  5. Tidak boleh memaksa orang lain untuk menerima kritikan. 


Kritik yang membangun

Kalimat kritik yang paling tepat adalah kritik yang membangun. Kalimat ini disampaikan dengan maksud tidak menjatuhkan orang lain, tetapi ingin membuat orang lain lebih baik. Kritik yang membangun ini biasanya disertai dengan alasan-alasan dan juga saran, sehingga orang yang kita kritik bisa menemukan kesalahannya dan segera memperbaikinya.


Contoh Kalimat Kritik Membangun

Berikut ini adalah contoh-contoh kalimat kritik yang isinya tidak untuk menjatuhkan orang lain, tetapi membangun dengan cara menyampaiakan saran-saran yang baik.
  1. Penampilanmu malam ini kurang baik. Seharusnya, kamu lebih banyak lagi berlatih. 
  2. Lukisan itu  kurang menarik karena pemilihan warna yang tidak tepat sehingga menyebabkan matinya warna tersebut. Seharusnya, sebelum memilih warna hendaknya kamu coba terlebih dahulu.
  3. Masakan kamu sebenarnya sudah cukup baik dengan tingkat kematangan yang pas. Namun, ada baiknya jika kamu memberikan bumbu yang lebih banyak agar masakan ini terasa lebih lezat.
  4. Kebijakan yang dilakuakan pemerintah tidak tepat. Seharusnya pemerintah tidak harus menaikan harga BBM bersubsidi, tetapi melakukan pengawasan yang ketat sehingga BBM bersubsidi tepat pada sasaran.
  5. Kamar kamu sudah cukup rapih, hanya saja buku-buku yang tidak dipakai itu sebaiknya disingkirkan saja.
  6.  Puisi itu sebenarnya sangatlah indah, hanya saja gaya bahasanya yang terlalu tinggi membuat orang-orang susah untuk menemukan makna puisi tersebut. Seharusnya, gunakanlah gaya bahasa yang lebih sederhana agar bisa lebih mudah dipahami.
  7. Cara mengajarmu sudah baik, tetapi kamu harus lebih tegas kepada murid-murid agar mereka mau mendengarkanmu.
  8. Sebenarnya kamu adalah anak yang pintar, tetapi kamu sangat malas sehingga nilai ulangan matematikamu menjadi buruk. Seharusnya, kamu lebih rajin lagi untuk belajar.
  9. Anak itu sangat nakal dan susah diataur. Hendaknya orang tuanya harus lebih memberikannya perhatian dan pelajaran yang baik di rumah.
  10. Apa yang direncanakan oleh Indra sebenarnya sudah cukup baik, tetapi bukanya akan menjadi lebih baik lagi jika dia mempresentasikannya dengan alasan-alasan yang kuat.
  11. Kamu sudah melakukan yang terbaik dengan memecahkan rekormu yang sebelumnya. Hanya saja catatan ini masih jauh dari cukup untuk menang dalam lomba. 
  12. Sebenarnya rumah ini sudah cukup bagus dan asri. Hanya saja jika diberikan dekorasi-dekorasi yang cantik dan pot-pot bunga yang indah akan membuat rumah ini semakin cantik dan indah.
  13. Esai yang telah kamu buat sudah bagus. Tetapi tolong berikan alasana-alasan yang kuat sehingga tulisanmu ini menjadi sangat baik.
  14. Niat kamu sebenarnya sudah baik, tetapi coba kamu lebih memperhatikan keadaan orang-orang disekitarmu. 
  15. Nasi goreng buatan kamu belum memuaskan karena rasanya yang kurang kuat. Sebaiknya, kamu harus mencicipinya terlebih dahulu sebelum dihidangkan.
  16. Jika ada yang sedang berbicara di depan, sebaiknya kamu mendengarkan agar mereka tidak tersinggung. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi yang bagus.
  17. Cara berbicaramu itu kurang sopan, sebaiknya kamu lebih memperhatikan lagi dengan siapa kamu berbicara.
  18. Tulisanmu ini kurang rapih. Sebaiknya kamu latihan kembali menulis yang rapih agar tulisanmu menjadi lebih baik.
  19. Pemilihan warna untuk tembok ini kurang tepat. Sebaiknya, pertimbangkan kembali warna biru muda sebagai warna tembo rumahmu.
  20. Bekerja keras memang baik, tetapi kamu harus lebih memperhatikan kesehatanmu sendiri. 

Nah, kalimat-kalimat di atas adalah kalimat yang mengandung kritikan yang membangun. Sampai di sini, Anda pasti telah mengerti apa itu kalimat kritikan, kritik yang membangun, dan hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengkritik.


Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai kalimat kritika, terimakasih atas kunjungannya dan teruslah berlatih.
Baca 20 Contoh Kalimat Kritik Membangun dan Pengertian! | aria nugraha | 5