Cari Tahu Pengertian Kalimat Deduktif, Ciri, dan Contoh Detail !

.
.
Pengertian dan Contoh Kalimat Deduktif - Kalimat deduktif dan kalimat utama pada sebuah paragraf deduktif sering sekali menimbulkan kebingungan bagi sebagian orang. Agar tidak menimbulkan kebingungan lagi, berikut ini adalah artikel mengenai pengertian, ciri, dan contoh kalimat deduktif.

Pengertian 

Apakah yang dimaksud dengan kalimat deduktif? Kalimat deduktif adalah kalimat yang juga sering disebut dengan kalimat utama pada paragraf deduktif. Kalimat deduktif bersifat umum sehingga kalimat ini masih bisa dikembangkan lagi menjadi beberapa kalimat khusus lainnya.

Nah, karena disebut juga dengan kalimat utama pada paragraf deduktif, maka kalimat ini selalu diletakkan di awal paragraf. Selain itu, kalimat ini menjadi acuan untuk mengembangkan suatu paragraf deduktif yang menggunakan pola umum-khusus. 

Dalam sebuah paragraf deduktif, kalimat ini akan mengawali sebuah paragraf yang kemudian dikembangkan menjadi kalimat-kalimat khusus yang merupakan kalimat penjelas atau pendukung dari kalimat deduktif tersebut. Kalimat-kalimat penjelas tersebut biasanya berupa data, fakta, dan contoh yang mendukung gagasan utama pada kalimat deduktif. 

Perhatikanlah kalimat di bawah ini!

Dika sangat menyayangi ibunya.
Dika selalu membantu ibunya. 
Dika Selalu menuruti perintah ibunya.
Dika tidak pernah melawan ibunya.

Kalimat yang merupakan kalimat deduktif ada pada kalimat nomor 1. Hal ini dikarenakan kalimat nomor 1 adalah kalimat umum. Sedangkan, kalimat-kalimat lainnya merupakan kalimat khusus. 

Perhatikan polanya sebagai berikut ini!

Sayang ibu
Suka membantu ibu
Menuruti perintah ibu
Tidak pernah melawan ibu

Kata sayang merupakan bagian terbesar atau bagian umum dari kata-kata khusus seperti, suka membantu, selalu menuruti perintah, dan tidak pernah melawan. 

Nah, kalimat-kalimat tersebut akan membentuk suatu paragraf sebagai berikut ini:

Dika sangat menyayangi ibunya. Dia selalu membantu ibunya. Selain itu, Dika juga selalu menuruti perintah ibunya. Bahkan, dia tidak pernah melawan ibunya. 



Ciri-ciri Kalimat Deduktif

Setelah mengetahui pegertian dan bagaimana kalimat deduktif menjadi acuan dalam pengembangan paragraf deduktif, maka kali ini kita akan melihat ciri-ciri kalimat ini. Berikut ini adalah ciri-ciri kalimat deduktif:
  1. Kalimat deduktif mengandung gagasan utama atau ide pokok suatu paragraf deduktif.
  2. Kalimat deduktif berifat umum, sehingga bisa diuraikan kembali.
  3. Kalimat deduktif selalau berada di awal paragraf.
  4. Kalimat deduktif bisa berdiri sendiri sebagai kalimat utuh.
  5. Kalimat deduktif tidak memiliki konjungsi antar kalimat.



Contoh Kalimat deduktif di dalam paragraf

Setelah sampai di sini, Anda pasti sudah mengerti pengetian dan ciri-ciri kalimat deduktif bukan? Nah, berikut ini adalah contoh-contoh kalimat deduktif di dalam paragraf agar Anda bisa lebih mengerti.

Contoh 1

Cuaca hari ini sangat tidak bagus untuk berpergian. Langit terlihat sangat gelap sekali dengan awan mendung yang hampir menutupi semua bagian langit. Hal ini membuat matahari tidak muncul akibat tertutup awan. Selain itu, angin berhembus sangat kuat sekali. Bahkan pohon-pohon di pinggir jalan hampir tumbang karenanya. Disamping itu, angin yang berhembus sangat dingin sekali hingga merasuk ke dalam tulang. Terlebih lagi hujan rintik-rintik yang tidak kunjung berhenti membuat suasana hari ini tidak cocok untuk keluar rumah. 

Kalimat deduktif/kalimat utama pada paragraf di atas adalah:

Cuaca hari ini sangat tidak bagus untuk berpergian.


Contoh 2

Singa adalah spesies kucing terbesar dan terkuat yang masih hidup di muka bumi ini. Tubuhnya hampir berbobot 500 kg, yaitu hampir 500 kali kucing biasa. Selain itu, tubuh bagian kepala mereka ditutupi rambut yang sangat panjang sehingga membuat tampilan mereka sangat menyeramkan. Tubuhnya yang besar dan kuat itu mampu membunuh mangsanya hanya dengan satu kali serangan yang mematikan. Bahkan singa mampu melumpuhkan satu ekor banteng sendiri hanya dengan satu kali serangan.

Kalimat deduktif atau kalimat utama pada paragraf di atas adalah:

Singa adalah spesies kucing terbesar dan terkuat yang masih hidup di muka bumi ini. 


Baca kumpulan paragraf deduktif lainnya di sini : Kumpulan Paragraf Deduktif

Baca Pengertian Kalimat Induktif di sini : Kalimat Induktif

Nah, demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai pengertian, ciri, dan contoh kalimat deduktif. Point yang harus Anda ingat pada pembahasan kali ini yaitu kalimat deduktif adalah kalimat utama pada paragraf deduktif itu sendiri. Oleh karena itu, jangan pernah bingung antara kalimat deduktif dan kalimat utama.

Sampai disini materi kita kali ini, bagiamana pembahasan mengenai kalimat deduktif mudah bukan? Jika Anda sudah mengerti, saya ucapkan selamat dan jika belum ada baiknya kalian membaca lagi artikel ini mengenai definisi, ciri, dan contoh kalimat deduktif. Terimakasih telah berkunjung dan temukan artikel menarik lainnya dalam blog ini. 
Cari Tahu Pengertian Kalimat Deduktif, Ciri, dan Contoh Detail ! | aria nugraha | 5