Contoh Tulisan Artikel Tentang Lingkungan Hidup

.
.
Contoh Artikel Tentang Lingkungan - Saat ini di masyarakat tengah hangat akan permasalahan kabut asap yang menyerang beberapa daerah di Indonesia. 

Nah, artikel kali ini akan memberikan contoh tulisan artikel yang berupa tulisan opini atau esai mengenai masalah kabut asap yang terjadi.

Contoh Artikel Tentang Lingkungan Hidup
Contoh Artikel



Kabut Asap, Bencana ataukah Disengaja ?

Saat ini tanah air kita sedang ditimpa sebuah masalah, yaitu kepungan kabut asap yang mengganggu dan menyebabkan permasalahan yang pelik di tanah Palembang, Riau, dan Kalimantan. Bahkan kabut asap itu telah mengganggu penglihatan manusia yang hanya memiliki jarak pandang 5 meter saja. Bahkan kabut asap ini sudah melewati batas normal sehingga sudah menjadi racun berbahaya di udara yang terus – menerus terhirup oleh saudara suadara kita. Akibatnya, sudah banyak masyarkat yang terkena dampaknya, salah satunya adalah banyak masyaraka terjangkit penyakit ISPA yang menyerang alat pernafasan mereka.

Kabut asap tersebut berasal dari hutan – hutan yang terbakar di musim kemarau ini. Hal ini dikarenakan jenis lahan gambut di daerah sana, membuat hutan di Palembang, Riau, dan sebagian Pulau Kalimantan mudah terbakar. Bahkan hampir setiap tahun hutan itu terbakar dan mengirimkan asap-asapnya hingga ke Negara tetangga.

Bila kita cari akar permasalahannya, apakah benar kabut asap ini hanya bencana alam ataukah ada konspirasi di dalamnya. Jika kita berfikir menggunakan logika, bagaimana bisa hutan yang luas tersebut terbakar dalam waktu yang sangat cepat dengan sendirinya. Selain itu, bagaimana bisa banyak sekali di temukan titk – titik api yang tersebar luas di dalam hutan tersebut dalam waktu yang sangat singkat. 

Nah, dari sini sebenarnya kita sudah bisa mengetahui bahwa ada dalang dibalik semua kejadian ini. Meskipun kita tidak bisa secara gamblang menunjuk salah satu pihak sebagai pelakunya. Namun, mari kita pikirkan kembali, siapakah yang mendapatkan keuntungan jika hutan itu terbakar? Tentunya perusahaan-perusahaan yang memiliki hak pengelolaan hutanlah yang mendapatkan keuntungan itu. Jika hutan terbakar, mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk membuka hutan dan akhirnya membakarnya adalah pilihan yang paling tepat buat mereka.

Fakta yang ada tersebut seharusnya sudah cukup untuk dijadikan bukti siapa dalang di balik terbakarnya hutan ini. Mereka pasti dengan sengaja membakar hutan demi kepentingan pribadi mereka sendiri tanpa memikirkan dampaknya. Padahal, hutan yang mereka gunakan adalah milik Negara yang artinya miliki masyarakat pula.

Akibat dari perbuatan mereka itu banyak sekali kerugian-kerugian yang diterima oleh masyarakat bahkan oleh Indonesia. Di satu sisi, masyarakat menjadi terganggu karena setiap hari mereka menghirup racun yang ada. Di sisi lain, wajah pemerintah Indonesia ikut tercoreng karena dianggap tidak becus dalam mengatasi kebakaran hutan.

Sudah semestinya kita sebagai masyarakat yang dirugikan tidak tinggal diam melihat masalah seperti ini. Kita harus menuntut pemerintah untuk melakukan tindakan yang nyata dalam mengatasi bencana ini. Karena jika tidak di atasi, maka kasus kebakaran hutan ini akan semakin meluas dan menimbulkan korban yang lebih banyak. 

Berdasarkan fakta-fakta yang telah disampaikan di atas, sudah jelas bahwa kasus kebakaran hutan ini bukanlah bencana alam semata, melainkan ulah dari orang-orang yang tidak bertangung jawab. Oleh karena itu, pemerintah harus cepat mengambil tindkan untuk mengatasi ini semua. Dimulai dari melakukan tindakan memadamkan api, mengobati masyarakat yang terkena dampaknya, dan memberikan sangsi yang tegas kepada para pelaku pembakaran hutan, yaitu dengan mencabut hak ijin pengelola hutan bagi perusahaan dan memenjarakan aktor penting di balik benca ini. 



Demikianlah contoh tulisan artikel, opini pribadi atau esai mengenai lingkungan, Semoga contoh kali ini bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda. 

Terimakasih atas kunjungannya dan temukan artikel - artikel menarik lainnya di dalam blog ini. 
Contoh Tulisan Artikel Tentang Lingkungan Hidup | aria nugraha | 5