2 Contoh Karangan Eksposisi tentang Kesehatan Terbaik

.
.
2 Contoh Karangan Eksposisi tentang KesehatanHai Sobat, bertemu lagi dalam artikel kali ini yang akan menyajikan dua buah contoh karangan eksposisi tentang kesehatan terbaik. Semoga artikel karangan eksposisi kesehatan tentang bahaya kabut asap dan manfaat semut jepang terhadap kesehatan tubuh bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda.

Berikut ini adalah karangan eksposis tentang kesehatan: 


Contoh 1 

Bahaya Mengintai di Balik Kabut Asap 

Kabut asap hasil dari pembakaran hutan dan lahan akibat ulah manusia kini telah meracuni udara sebagian besar kota di Indonesia. Udara di Kota yang diselimuti kabut asap paling parah, Riau bahkan telah melewati ambang batas normal yang bisa dihirup oleh manusia. Partikel – partikel kabut asap yang melayang – layang di udara itu menimbulkan berbagai macam resiko penyakit bagi masyarakat, khsusunya anak – anak dan para lansia. 

Kabut asap yang melayang - layang di udara menyebabkan iritasi pada hidung, kuit, dan mata. Partikel – partikel asap yang terbawa oleh angin tersebut akan mengenai tubuh secara langsung, akibatnya mata menjadi perih, kulit menjadi gatal, dan hidung menjadi berlendir. Dalam kondisi yang berkepanjangan, iritasi ini akan semakin parah dan menimbulkan peradangan. 

Selain menyebabkan iritasi, kabut asap juga bisa memperburuk keadaan para penderita penyakit kronis, seperti bronchitis, asma dan lain sebagainya. Asap yang tidak sengaja terhirup akan memenuhi paru – paru dan menyebabkan penderita kesulitan untuk bernafas. Akibatnya penyakit akan menjadi semakin buruk dan bahkan bisa menyebabkan kondisi yang lebih parah, yaitu Pneumonia. 

Resiko penyakit yang mengintai lainnya adalah penyakit ISPA atau disebut dengan inspeksi saluran pernafasan kronis. Penyakit ini diesebabkan oleh virus – virus yang terbawa oleh asap dan ikut terhirup oleh manusia. Terlebih lagi dengan keadaan sekitar yang memburuk, membuat daya tahan tubuh menjadi menurun sehingga virus ISPA dan penyakit lainnya mudah menyerang tubuh. 

Bagi anak – anak dan para lansia, keadaan ini sangat memprihatinkan untuk mereka. Daya tahan tubuh yang lemah akan memudahkan mereka terjangkit berbagai macam penyakit akibat lingkungan dan udara yang dipenuhi dengan zat – zat karsionogenik. 

Seperti yang telah dijabarakan di atas, banyak sekali resiko penyakit yang mengintai akibat buntut dari bencana kabut asap ini. Oleh karena itu, kita harus terus waspada dan menjaga diri kita dari menghirup udara yang dipenuhi dengan kabut asap.



Contoh 2 

Manfaat Semut Jepang bagi Kesehatan 

Serangga kecil yang oleh orang jepang di sebut dengan ari ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Ari atau dikenal sebagai semut jepang oleh orang Indonesia telah menjadi obat selama beribu – ribu tahun lamanya oleh orang – orang jepang. Semut ini mengandung enzim yang telah terbukti bisa menyembuhkan beberapa macam penyakit. 

Serangga kecil ini bisa menjadi pengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol sejatinya dibutuhkan di dalam tubuh tetapi jika kadarnya berlebih justru sangat berbahaya. Dengan mengkonsumsi semut jepang, maka kadar kolestrol di dalam tubuh bisa terkontrol dengan baik. 

Tidak hanya sebagai pengontrol kolesterol, semut jepang juga bisa meringankan penyakit jantung. Enzim – enzim yang terkandung di dalam semut jepang bisa meredakan sistem kerja jantung, sehingga jantung tidak bekerja secara berlebihan. 

Selain itu, semut jepang juga sangat baik bagi para penderita diabetes. Gula darah yang berlebih di dalam tubuh bisa terkontrol apabila mengkonsumsi semut jepang sehingga. Para penderita diabetes semestinya tidak perlu takut lagi akan kadar gula yang berlebih. 

Bahkan semut jepang ini juga bisa memberikan tambahan vitalitas. Bagi para pekerja keras yang memiliki aktivitas yang cukup padat, semut jepang bisa membantu dengan memberikan energi tambahan. Semut jepang ini bisa menjadi vitamin yang baik sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi orang - orang yang memiliki aktivitas berat. 

Semut jepang mudah sekali didapatkan. Saat ini telah banyak yang menjual semut – semut jepang di pasaran. Mereka dijual dengan berbagai macam bentuk, ada yang berbentuk kapsul, bubuk, bahkan ada yang menjualnya dalam bentuk utuh.

Berdasarkan penjabaran – penjabaran di atas, dapat kita simpulkan bahwa semut jepang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan manusia. Namun, selain mengkonsumsi semut jepang ada baiknya kita juga mejaga kesehatan dengan cara olahraga dan menerapkan pola hidup sehat. 




Nah Sobat, demikianlah dua contoh paragraf eksposisi kesehatan tentang bahaya kabut asap dan manfaat semut jepang bagi kesehatan. 


Sampai di sini perjumpaan kita, terimkasih atas kunjungan Sobat, dan teruslah belajar dengan kami karena kami akan menyajikan puluhan artikel menarik lainnya di dalam blog ini. 
2 Contoh Karangan Eksposisi tentang Kesehatan Terbaik | aria nugraha | 5