Contoh Karangan Eksposisi tentang Pendidikan Terbaru

.
.
Contoh Karangan Eksposisi tentang PendidikanHai Sobat, Kali ini kami akan menyajikan sebuah contoh karangan eksposisi pendidikan tentang pentingnya pendidikan anak usia dini (PAUD) bagi anak – anak di bawah umur sebelum memasuki pendidikan formal. Semoga artikel kali ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat buat Sobat semua.

Namun sebelumnya, tahukah Sobat mengenai pengertian karangan eksposisi ?
Karangan eksposisi adalah karangan yang berisi informasi – informasi yang faktual dan terpercaya yang ingin disampaikan kepada para pembacanya. 

Nah tanpa berlama - lama lagi, di bawah ini adalah sebuah contoh karangan eksposisi tentang pentingnya pendididikan anak usia dini (PAUD) bagi anak – anak usia 3 – 5 tahun. 


Contoh Karangan Eksposisi  



Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan saat ini telah menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Banyak orang tua yang berlomba – lomba menyekolahkan anaknya dari taman kanak - kanak hingga ke pendidiikan tinggi. Mereka berharap anaknya bisa menjadi orang yang berpendidikan sehingga sukses di masa yang akan datang. Namun, tahukah Anda ? sebenarnya mereka melupakan satu tahapan yang paling dasar dalam dunia pendidikan, yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Mengapa demikian ?

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (PAUDNI), Prof Reni, PAUD membantu anak – anak dalam memberikan stimulus atau rangsangan pendidikan yang disesuaikan dengan tahap tumbuh dan berkembang anak usia dini. Anak – anak akan belajar dengan pendekatan yang menarik, yaitu bermain sambil belajar.

Pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki berbagai macam manfaat bagi anak – anak di bawah usia limat tahun. Mereka yang berusia 3 – 5 tahun ini akan diperkenalkan dengan berbagai macam hal atau aktivitas fisik dan berinteraksi dengan orang lain. Ini dilakukan untuk mempersiapkan mental mereka sebelum memasuki dunia pendidikan yang sesungguhnya.

Selain menyiapkan mental anak – anak sebelum mengenal sekolah, PAUD juga bisa dijadikan sebagai media yang tepat untuk menanamkan pendidikan karakter seperti nilai – nilai kejujuran, disiplin, dan berbagai kegiatan positif lainnya. Hal ini sudah terbukti bahwa anak yang mendapatkan pendidikan PAUD sebelum belajar di sekolah formal memiliki kemampuan berkomunikasi yang lebih baik dibandingakan dengan anak – anak yang tidak belajar di PAUD. Hal ini bisa terjadi karena mereka sudah terbiasa berinteraksi dengan teman – teman sebayanya seperti belajar, bermain, bahkan makan bersama. 

Tidak hanya memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, anak – anak yang bersekolah di Paud biasanya memiliki daya tangkap yang lebih baik. Ini terjadi dikarenakan usia mereka yang masih berada di antara 3 – 5 tahun merupakan usia golden age, yaitu usia yang sagat optimal dalam belajar. Oleh karena itu, mereka akan lebih cepat dalam menangkap semua pelajaran yang diberikan oleh guru seperti berhitung dan membaca. 

Berdasarakan penjabaran – penjabaran di atas dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini sangatlah penting bagi anak – anak usia 3 – 5 tahun sebelum mereka mengenal sekolah formal karena disanalah mereka akan dipersiapkan mental sebelum masuk ke sekolah formal dan juga karena paud menjadi media yang tepat untuk belajar di usia mereka. 



Demikianlah artikel kali ini tentang contoh karangan eksposisi pendidikan yang membahas tentang pentingnya PAUD bagi perkembangan anak – anak sebelum memasuki sekolah formal. Poin dari pembahasan artikel kali ini adalah karangan eksposisi adalah karangan yang ditulis untuk menyampaikan sebuah informasi yang faktual kepada pembacanya.


Nah Sobat, sampai di sini dahulu perjumpaan kita kali ini. Terimakasih atas kunjungannya dan terusah belajar melalui puluhan artikel menarik yang bisa ditemukan di dalam blog ini. 
Contoh Karangan Eksposisi tentang Pendidikan Terbaru | aria nugraha | 5