Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan Singkat Bahasa Indonesia

.
.
Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tentang Pendidikan Terbaru – Artikel kali menyajikan contoh teks pidato singkat tentang pendidikan. Pidato tentang pendidikan ini  bisa menjadi bahan referensi yang bagus bagi Anda. Berikut ini adalah pidato tentang pendidikan.  

Contoh Teks Pidato Pendidikan
Contoh Teks Pidato tentang Pendidikan


Assalamualaikum wr.wb!
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua!

Marilah bersama-sama kita mengucapkan puji dan rasa syukur kita kehadirat Allah SWT yang tak henti-hentinya memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita bisa berkumpul dalam ruangan ini dengan keadaaan yang sehat.

Dan juga shalawat serta salam selalu kita sanjungkan kepada nabi besar kita, Muhammad SAW yang telah membawa kita keluar dari zaman jahiliyah ke zaman yang terang benderang ini. Semoga kita diberikan syafaatnya di hari akhir kelak aminnn. 

Pada pagi hari yang cerah ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato singkat mengenai pentingnya pendidikan bagi kita agar membangkitkan motivasi kita dalam mendapatakan pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Hadirin yang berbahagia,

Pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan umat manusia. Oleh karena pentingnya pendidikan itu, bahkan Nabi Muhammad SAW pun menyuruh kita untuk menuntut ilmu hingga ke negeri China. Sebagai umatnya, kita tentu harus mengikuti apa yang dikatakan oleh beliau tersebut, tapi bukan semata-mata kita harus pergi ke China, yang dimaksudkan adalah kita harus menempuh pendidikan hingga ke tempat yang jauh semampu kita. 

Jika semua umat manusia ini dibekali pendidikan yang baik, maka akan tercipta masyarakat-masyarakat yang baik pula, akibatnya akan tiada lagi yang namannya kemiskinan dan tindakan kriminal di mana-mana.

Hadirin yang berbahagia,

Sejatinya akar dari permasalahan yang terjadi saat ini, seperti tingginya kemiskinan dan tindakan kriminal berasal dari pendidikan. Pendidikan yang kurang menyebabkan mereka susah mendapatkan pekerjaan yang layak, sehingga mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup yang semakin besar ini. Akibatnya, mereka terpaksa melakukan tindakan-tindakan kriminal untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka itu. 

Padahal jika mereka itu mendapatkan pendidikan yang cukup, tentunya semua itu tidak akan pernah terjadi. Mereka akan memiliki skill dan ilmu yang banyak, sehingga mereka dapat bekerja dan mencukupi kebutuhan hidupnya sendiri dengan bekerja. 

Selain itu, pendidikan juga berperan penting dalam menciptakan dunia yang modern ini. Melalui pendidikanlah tercipta ilmu-ilmu yang baik dan bermanfaat sehingga mengarahkan kita kepada penemuan-penemuan baru yang dapat memudahkan urusan kita, contohnya transportasi, komunikasi, dan masih banyak lagi yang telah berkembang dengan sangat pesat. 

Hadirin yang berbahagia,

Mengingat pentingnya pendidikan ini, kita harus mengutamakan pendidikan bagi diri kita. Jangan sampai kita menjadi orang yang tidak berpendidikan karena akan menghancurkan kita sendiri. Jika kita bodoh, pasti itu akan menyusahkan diri kita sendiri. Oleh sebab itu, kejarlah pendidikan itu setinggi mungkin. 

Kemudian, bagi kita yang telah mendapatkan nasib yang baik karena masih bisa menempuh pendidikan kita harus bersungguh-sungguh melakukannya. Hal ini dikarenakan masih banyak orang di luar sana yang tidak memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan. 

Galilah terus ilmu yang ada dan ciptakanlah inovasi-inovasi terbaru agar bisa mensejahterakan semua orang, dan juga jadilah manusia-manusia yang berilmu dan bermanfaat dengan cara memanfaatkan sumber daya yang melimpah ruah di negeri kita ini untuk bangsa kita sendiri, agar tidak lagi bisa dinikmati oleh bangsa asing seperti yang terjadi saat ini.

Hadirin yang berbahagia,

Saya kira apa yang dapat saya sampaikan di pagi hari ini telah cukup, semoga pidato yang singkat ini bisa memotivasi kita semua untuk seamangat terus belajar dan belajar supaya menjadi orang yang berpendidikan dan bermanfaat bagi orang lain karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. 

Demikianlah pidato ini saya sampaikan, jika dalam pidato ini saya menyakiti atau menyinggung perasaan orang lain, maka maafkanlah saya dan juga kepada Allah saya mohon ampun. 

Saya akhiri

Wabilahitaufik walhidayah, wassalamualaikum wr.wb 



Demikianlah artikel kali ini mengenenai pidato tentang pendidikan. Terimakasih atas kunjungannya dan baca juga kumpulan contoh pidato menarik lainnya di dalam blog ini. 

Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan Singkat Bahasa Indonesia | aria nugraha | 5