Inilah Contoh Teks Pidato Peringatan Sumpah Pemuda Terbaik

.
.
Contoh Teks Pidato untuk Memperingati Hari Sumpah Pemuda - Hay Sobat, artikel kali ini akan menyajikan sebuah contoh pidato persuasif untuk memperingati sumpah pemuda. Pidato hari nasional ini mengajak semua pemuda untuk kembali menyongsong semangat sumpah pemuda dalam mengisi kemerdekaan ini. 

Nah, tanpa membuang waktu lagi, berikut ini adalah teks pidato peringatan sumpah pemuda. 


Contoh Teks Pidato tentang Sumpah Pemuda



Asslamualaikum wr. wb
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Yang terhormat Bapak Luki Nugroho, M. Pd selaku kepala SMA 2 Tanjung Biru
Yang terhormat Ibu Susilawati, M. Pd selaku wakil kepala SMA 2 Tanjung Biru
Yang terhormat bapak, ibu guru beserta seluruh staff 
Dan Teman – teman yang saya cintai

Sebelumnya marilah kita mengucapkan rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT karena atas berkah rahmat, dan inayahnya lah kita semua masih bisa berkumpul bersama – sama dengan kondisi sehat dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda di pagi yang cerah ini. 

Selain itu, shalawat serta salam marilah kita sampaikan kepada nabi besar yang telah menyelamatkan kita dari jurang kebodohan, Nabi Muhammad SAW. Semoga kita menjadi salah satu orang yang diberikan syafaat olehnya di Yaumil Akhir kelak amin.

Hadirin yang berbahagia,

Delapan puluh tujuh tahun yang lalu, tepatnya 28 oktober 1928 terjadilah suatu hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Hari tersebut juga telah menentukan nasib bangsa ini sehingga Negara ini menjadi Negara yang merdeka seperti saat ini. Delapan puluh tujuh tahun yang lalu, pemuda – pemuda dari beberapa daerah di Indonesia berkumpul dalam satu tempat dengan satu tujuan yang sama. 

Perkumpulan tersebut dinamakan dengan kongres pemuda dan menghasilkan sebuah sumpah yang sangat penting bagi bangsa ini, yaitu sumpah pemuda. Yang berbunyi :

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Sumpah pertama mengikrarkan bahwa seluruh pemuda Indonesia bersaksi bahwa Indonesia adalah tanah air mereka. Sumpah yang kedua menyatakan bahwa kita adalah bangsa Indonesia dan yang terakhir menyatakan bahwa bahasa kita adalah satu, yaitu bangsa Indonesia.  

Sumpah inilah yang menjadi tonggak perjuangan bangsa kita. Dengan lahirnya sumpah ini, semua pemuda Indonesia bersatu untuk melawan penjajah. 

Hadirin yang berbahagia,

Apa yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita sangatlah penting untuk diteladani. Mereka sadar bahwa kaum mudalah yang akan menentukan nasib bangsa ini. Coba bayangkan jika mereka tidak bersatu untuk melawan para penjajah, pasti saat ini juga kita masih berada di dalam cengkraman penjajah. 

Untuk itulah kita sebaga pemuda harus meneruskan semangat persatuan mereka. Saat ini kita tidak perlu lagi mengangkat senjata, tetapi hanya dengan mengisi kemerdekaan ini saja. Namun sebenarnya, tugas kita ini pun bisa menjadi sulit karena pepatah yang mengatakan bahwa mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkan. 

Oleh karena itu, sebagai pemuda yang hidup di jaman ini jangan sampai kita terlena dengan kemerdekaan yang telah tercapai. Justru, kita harus lebih bersemangat lagi untuk membawa nama baik Indonesia ke kancah internasional dengan cara berprestasi.

Hadirin yang berbahagia, 

Pentingnnya peran pemuda ini bahkan diakaui sendiri oleh presiden pertama kita, Soekarano yang berkata, “beri aku sepuluh pemuda maka aku akan mengguncang dunia.” Statemen tersebut menunjukan betapa besar peran pemuda bagi kehidupan sebuh bangsa.

Oleh karena itu, di momen peringatan hari sumpah pemuda ini marilah kita kembali menyonsong semangat persatuan yang telah memudar dari diri kita. Mari kita menjaga persatuan ini dan jangan sampai kita tercerai berai karena jika kita tidak bersatu, maka hancurlah bangsa ini. 

Hadirin yang berbahagia,

Saya kira apa yang bisa saya sampaikan cukup sampai di sini. Untuk mengakhiri pidato ini saya berpesan kepada seluruh pemuda – pemudi yang ada untuk menjaga dan mengamalkan sumpah pemuda ini. 

Terimakasih atas perhatiannya dan jika ada salah kata dalam penyampaian pidato ini, saya mohon ampun.

Saya akhiri

Wassalamualaikum wr wb. 




Sobat, demikianlah salah satu contoh pidato persuasif merayakan hari nasional yaitu memperingati sumpah pemuda.

Cukup sampai di sini dahulu perjumpaan kita kali ini. Terimakasih atas kunjungannya dan teruslah belajar bersama kami dalam blog ini karena kami menyediakan puluhan artikel bermanfaat lainnya. 
Inilah Contoh Teks Pidato Peringatan Sumpah Pemuda Terbaik | aria nugraha | 5