Definis Kalimat Eksposisi, Ciri, dan Contoh Lengkap

.
.
Pengertian, Ciri, dan Contoh Kalimat EksposisiBahasa Indonesia memiliki sebuah kalimat yang biasa sering ditemukan dalam sebuah teks atau tulisan – tulisan formal yang disebut dengan kalimat eksposisi. Apakah yang disebut dengan kalimat eksposisi tersebut ? Nah, artikel kali ini akan mengupas tentang pengertian, ciri, dan contoh kalimat eksposisi beserta dengan contoh paragrafnya. Berikut ini adalah pembahasannya:

Kalimat eksposisi adalah kalimat yang mengandung sebuah informasi atau pengetahuan-pengetahuan yang ingin disampaikan kepada para pembacanya. Kalimat ini berfungsi untuk menyampaikan informasi-informasi tersebut dengan sejelas-jelasnya, sehingga pembaca bisa menambah wawasannya tentang suatu hal yang baru. 
Definisi Kalimat Eksposisi, Ciri, dan Contoh
Kalimat Eksposisi

Kalimat ini didasari hasil pengamatan, dan penelitian sehingga kalimat eksposisi disebut juga dengan kalimat ilmiah atau non fiksi. Ada dua jenis kalimat non fiksi yang bisa kita temukan baik dalam bahasa lisan maupun tulisan. Kedua kalimat tersebut adalah kalimat definisi dan kalimat deskripsi. 

Perhatikan contoh berikut!
  1. Singa adalah spesies kucing terbesar yang masih hidup di muka bumi ini.
  2. Singa memiliki rambut yang sangat lebat dan menutupi seluruh bagian lehernya.


Kalimat di atas adalah dua contoh kalimat eksposisi, namun bisakah Anda menemukan perbedaan diantara kedua kalimat di atas. 

Kalimat yang pertama adalah kalimat eksposisi definsi. Kalimat definisi memberikan penjelasan umum tentang suatu hal atau benda sejelas-jelasnya.

Sedangkan kalimat yang kedua adalah kalimat eksposisi definisi, yaitu kalimat yang memberikan penjelasan yang lebih spesifik, sepert warna, bentuk, dan lain – lain.

Baca penjelasan kalimat deskripsi dan kalimat definisi : Kalimat deskripsi dan definisi

Ciri – Ciri Kalimat Eksposisi

Kalimat eksposisi memiliki ciri – ciri sebagai berikut:
  1. Kalimat eksposisi bersifat fakta dan ilmiah.
  2. Kalimat eksposis menjelaskan atau memberikan suatu informasi.
  3. Kalimat eksposisi menyajikan informasinya secara netral, dengan kata lain tidak memihak.


Contoh Kalimat Eksposisi

Setelah membaca pengertian dan ciri – ciri kalimat eksposisi, Anda pasti sudah mulai memahami apa itu kalimat eksposisi. Berikut ini adalah contoh – contoh kalimat eksposisi:
  1. Amoeba adalah hewan bersel satu yang berkembang biak dengan cara membelah diri.
  2. Amoeba memiliki tubuh yang sangat kecil dan hanya bisa dilihat melalui miskroskop.
  3. Tumbuhan jati akan menggugurkan daunya ketika musim kemarau untuk mencegah penguapan.
  4. Pohon jati sangat terkenal karena memiliki kualitas kayu yang sangat kuat dan tahan lama.
  5. Beruang kutub akan melakukan hibernasi di dalam gua ketika musim dingin tiba.
  6. Bulu-bulu beruang kutub sangatlah tebal dan lebat yang berfungsi sebagai mantel.
  7. Shinta tidak pernah sekali pun meninggalkan sekolah tanpa keterangan yang jelas.
  8. Shinta memiliki rambut yang sangat lebat dan berwarna hitam. 
  9. Kotak hitam yang ada di dalam pesawat berfungsi mencatat data – data aktivitas yang terjadi di pesawat selama berada dalam penerbangan.
  10. Kotak hitam memiliki warna yang tidak sama dengan namanya, melainkan berwarna cerah. 


Paragraf Eksposisi

Kalimat eksposisi dapat dikembangkan menjadi sebuah paragraf ekksposis. Paragraf eksposisi memiliki tujuan yang sama dengan kalimat eksposisi itu sendiri. Kalimat eksposisi khusunya kalimat eksposisi definisi akan menajdi gagasan utama dan kemudian dikembangkan atau diperjelas dengan kalimat – kalimat definisi deskripsi.

Contoh 

Berdasarkan bijinya, tumbuhan dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil. Tumbuhan monokotil adalah tumbuhan yang memiliki biji berkeping satu. Tumbuhan-tumbuhan yang berada dalam kelompok ini contohnya adalah rumput, padi, pohon pisang, pinus dana lain-lain. Sedangkan tumbuhan yang termasuk ke dalam kelas dikotil adalah pohon jati, waru, dan lain sebagainya. 


Baca contoh - contoh paragraf eksposisi di sini :Paragraf Eksposisi

Demikianlah penjelasan mengenai kalimat ekposisi dan contoh – contohnya. Sangat mudah bukan? Point penting dari pembahasan ini adalah kalimat eksposisi merupakan kalimat yang mengandung sebuah informasi atau pengetahuan.


Nah, sampai di sini pembahasan pada artikel ini. terimakasih atas kunjungannya. Temukan puluhan artikel menarik lainnya dalam blog ini. 
Definis Kalimat Eksposisi, Ciri, dan Contoh Lengkap | aria nugraha | 5