Paragraf Perbandingan: Definisi, Ciri, dan 4 Contoh Paragraf Perbandingan Lengkap

.
.
Pengertian dan 4 Contoh Paragraf Perbandingan - Apakah yang dimaksud dengan paragraf perbandingan ? Paragraf perbandingan merupakan salah satu pengembangan dari paragraf eksposisi. Jenis - jenis paragraf eksposisi telah kita bahasa pada artikel sebelumnya. Nah, kali ini marilah kita membahas tuntas paragraf perbandinga. Yap, mari kita mulai!

Baca Pembahasan Paragraf Eksposisi di sini : Paragraf Eksposisi 

Pengertian 

Paragraf perbandingan adalah jenis paragraf yang isi atau gagasan utamanya disampaikan dengan cara dibandingkan dengan suatu objek lain yang memiliki kesamaan ciri tertentu. 

Contoh dan Pengertian Paragraf Perbandingan
Paragraf Perbandingan


Pada umumnya sering terjadi kesalahan penafsiran antara paragraf perbandingan dan paragraf pertentangan. Namun sebenarnya dua jenis paragraf ini sangat berbeda. Pada paragraf perbandingan, ada dua objek yang dibandingkan tetapi kedua objek tersebut memiliki kesamaan tertentu. Misalnya, perbandingan antara kue bolu dan kue tart. Inti yang disampaikan pada paragraf ini adalah persamaan dan sedikit perbedaan dari kedua objek.

Sedangkan, pada paragraf pertentangan, ada dua objek yang dibandingkan dengan hanya mencari perbedaannya saja dan juga terkesan memihak salah suatu objek. Paragraf pertentangaan berusaha mencari keunggulan suatu objek dengan menjelek-jelekan objek lain. 


Ciri-ciri paragraf perbandingan

Suatu paragraf dapat dikatakan jenis paragraf perbandingan, jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini:
  1. Paragraf perbandingan membicarakan dua buah objek yang memiliki kesamaan tertentu dengan mencari perbedaan dan persamaan dari kedua buah objek tersebut.
  2. paragraf perbandingan mengangkat atau membicarakan suatu benda atau objek yang bersifat konkret.
  3. Paragraf perbandingan tidak memihak salah satu objek. Dengan kata lain, bersifat netral.
  4. Paragraf perbandingan menggunakan kata-kata penghubung, seperti jika dibandingkan dengan, namun demikian, sama halnya dengan, dan  sesuai dengan.  


Contoh paragraf perbandingan

Di bawah ini adalah beberapa contoh paragraf perbandingan

Contoh 1

Bakpia dan Latopia adalah dua buah jenis kue kecil yang digemari oleh masyarakat. Kedua jenis kue ini terbuat dari bahan yang sama yaitu, terigu. Tidak hanya bahannya saja yang sama, isi kue dan cara pembuatannya pun hampir sama. Pada umumnya kedua jenis kue ini menggunakan kacang hijau sebagai bahan isian, dan cara pembuatannya sama-sama dipanggang. Namun, kue bakpia dan latopia berasal dari daerah yang berbeda. Bakpia berasal dari Yogyakarta. Sedangkan Latopia berasal dari Solo. Bentuk dan teksturnya pun berbeda. bakpia berbentuk bulat dan cenderung basah. Sedangkan, Latopia berbentuk hampir persegi dan cenderung kering. Hal itulah yang membuat Latopia lebih awet jika dibandingkan dengan Bakpia. 

Contoh 2

Buah jambu batu dan jeruk merupakan dua buah pengsuplai vitamin C yang potensial bagi tubuh manusia. Kedua jenis buah ini sama-sama mengandung vitamin C yang cukup. Akan tetapi, meskipun sama-sama memiliki kandungan vitamin C, jambu batu memiliki kandungan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan buah jeruk. Tetapi, jika berbicara soal rasa, buah jeruk lebih banyak digemari karena rasanya yang manis. Namun, tidak semua jenis jeruk yang memiliki rasa yang manis. Sama halnya dengan jambu, tidak semua jenis jambu batu memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Meskipun begitu buah jambu dan jeruk sama - sama baik buat tubuh.  

Contoh 3

Sepak bola merupakan permainan team yang membutuhkan kerjasama dan taktik yang baik antara pemain. Sama halnya dengan sepakbola, futsal juga membutuhkan kerja sama dan taktik yang baik. Namun, meskipun sama-sama membutuhkan kerja sama dan taktik yang baik, futsal dan sepakbola adalah dua buah olahraga yang berbeda. Perbedaan ini dapat dilihat dari luas lapangan dan juga jumlah pemain. Pada lapangan sepakbola, ukuran lapangannya lebih lebar dan dimainkan oleh sekitar 15 orang dalam satu team. Sedangkan futsal memiliki ukuran lapangan yang lebih kecil dan dimainkan oleh 7 sampai 8 orang dalam satu team. Namun demikian, kedua jenis olahraga ini sama-sama digemari oleh orang di seluruh penjuru dunia.  

Contoh 4

Harimau dan singa merupakan dua buah jenis spesies kucing terbesar yang masih hidup di dunia ini. Harimau memiliki bentuk tubuh yang sangat besar dan kuat, sehingga dijuluki sebagai raja hutan. Sama halnya dengan harimau, singa juga memiliki bentuk tubuh yang besar dan kuat dan juga dijuluki raja padang rumput. Akan tetapi, kedua jenis kucing besar ini memiliki pola kehidupan yang berbeda. Harimau suka hidup menyendiri. Sedangkan, Singa lebih suka hidup berkelompok. Namun demikian, kedua jenis kucing ini tetap ditakuti oleh para mangsanya. 



Demikianlah contoh-contoh paragraf perbandigan. Nah, jenis paragraf perbandingan ini mudah bukan? Intinya adalah paragraf perbandingan membicarakan dua buah objek yang kemudian dicari persamaan dan perbedaanya.

Terimakasih atasa kunjungannya dan teruslah belajar bersama kami melalui artikel - artikel menarik yang bisa Anda jumpai di sini. 
Paragraf Perbandingan: Definisi, Ciri, dan 4 Contoh Paragraf Perbandingan Lengkap | aria nugraha | 5