Pahami Pengertian Kalimat Utama, Ciri, dan Contohnya di sini !

.
.
Pengertian dan Contoh Kalimat UtamaAda dua macam jenis kalimat yang bisa ditemukan dalam sebuah teks atau paragraf, yaitu kalimat utama dan kalimat penjelas. Apakah yang dimaksud dengan kalimat utama dan kalimat penjelas ? Nah artikel kali ini akan membahas pengertian kalimat utama beserta dengan contoh-contohnya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai kalimat utama. 

Pengertian Kalimat Utama

Sebelum masuk ke dalam materi kalimat utama, apakah yang dimaksud dengan kalimat? Yap benar, kalimat adalah kata-kata yang berangkai dan membentuk suatu makna atau gagasan tertentu. Sedangkan Kalimat utama adalah suatu kalimat yang bersifat umum dan merupakan bahan acuan untuk mengembangkan suatu paragraf. 

Oleh karena itu, kalimat utama adalah kalimat yang mengandung gagasan utama, topik utama, atau ide pokok di dalam suatu paragraf. Dikarenakan merupkan sebuah acuan untuk mengembangkan suatu paragraf, maka kalimat utama berbentuk kalimat utuh tanpa adanya konjungsi dan bersifat umum. 

Letak kalimat utama pada sebuah teks atau paragraf sering ditemukan di awal atau di akhir paragraf, tetapi ada juga yang ditemukan di awal dan akhir suatu paragraf. 


Ciri-ciri Kalimat Utama

Kalimat utama memiliki cirri-ciri sebagai berikut ini:
  1. Kalimat utama merupakan sebuah kalimat utuh yang dapat berdiri sendiri tanpa menggunakan konjungsi antar kalimat. 
  2. kalimat utama merupakan statemen yang bersifat umum dan bisa dikembangkan kembali.
  3. Kalimat utama terletak di awal, akhir, dan ada juga yang terletak di kedua posisinya.
  4. Kalimat utama yang terletak di akhir paragaf sering disebut juga dengan kesimpulan, sehingga diawali dengan frasa: Oleh karena itu, Oleh sebab itu, dan lain-lain.



Posisi Kalimat Utama di dalam Paragraf

Letak kalimat utama di dalam suatu paragraf sering kali menjadi acuan dalam menentukan jenis paragraf tersebut. Ada tiga macam penempatan kalimat utama di dalam paragraf yaitu, 

Kalimat utama terletak di awal paragraf. 

Kalimat utama,       (Umum)
Kalimat penjelas,     (Khusus)
Kalimat penjelas.      (Khusus)


Kalimat utama terletak di akhir paragraf

Kalimat penjelas.     (Khusus)
Kalimat penjelas.      (Khusus)
Kalimat utama.           (Umum)


Kalimat utama terletak di awal dan akhir paragraf

Kalimat utama.           (Umum)
Kalimat penjelas         (Khusus)
Kalimat penjelas          (Khusus)
Kalimat utama.             (Umum)


Kalimat utama yang terletak pada awal kalimat disebut juga dengan paragraf deduktif, Kalimat utama yang terletak pada akhir kalimat disebut dengan paragraf induktif. Sedangkan yang terletak di keduanya disebut juga dengan paragraf campuran.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kalimat utama yang bersifat umum akan dikembangkan dengan kalimat-kalimat penjelas yang bersifat khusus sehingga membentuk suatu paragraf yang padu. 



Contoh-contoh Kalimat Utama


Setelah mempelajari pengertian, ciri, dan posisi kalimat utama di dalam sebuah paragraf, kali ini kita akan melihat contoh-contoh kalimat utama di dalam sebuah teks atau paragraf. Berikut ini adalah contoh-contoh kalimat utama di dalam sebuah paragraf.


Kalimat utama di awal paragraf


Novel Laskar Pelangi adalah karya terbaik dari sang penulis, Andrea Hirata. Novel ini membuat sang penulis mendapatkan beberapa penghargaan di dalam dan luar negeri. Selain itu, Novel ini pun sempat meledak di pasaran dan menjadi novel best seller di beberapa toko buku di Indonesia. Bahkan, Novel ini sempat diadaptasi ke dalam sebuah film layar lebar dan menjadi salah satu film karya anak bangsa terbaik di Indonesia. Terlebih lagi, cerita Novel Laskar Pelangi ini pun dibuatkan serial tv yang tayang setiap hari di TV nasional. . 


Kalimat utama : 

Novel Laskar Pelangi adalah karya terbaik dari sang penulis, Andrea Hirata.

Kalimat utama yang bersifat umum tersebut dikembangkan dengan kalimat-kalimat penjelas dengan memberikan penguataan atau penjelasan. mengapa novel tersebut menjadi novel terbaik pada kalimat-kalimat setelahnya. 

Baca kalimat penjelas di sini : Kalimat Penjelas


Kalimat utama di akhir paragraf

Pecel merupakan makanan yang sangat enak karena bumbu dan bahan-bahannya yang segar. Selain itu, cara pembuatannya pun tidaklah sulit, dengan kata lain terbilang mudah dan hanya membutuhkan waktu yang tidak lama. Terlebih lagi, harganya yang murah dan terjangkau oleh siapapun juga. Namun, meskipun murah kandungan gizinya tidaklah kalah dengan makanan-makanan mahal lainnya.  Oleh karena itu, makanan ini sangat digemari oleh siapapun. 

Kalimat utama:

Oleh karena itu, makanan ini sangat digemari oleh siapapun. 



Kalimat utama di awal dan akhir paragraf

Pak Raden sangat baik dan ramah. Dia tidak pernah mengsuik apalagi menggangu para tetangganya. Selain itu, dia juga sangat baik kepada para tetangganya. Pak Raden tidak segan-segan membantu tetangganya yang sedang berada dalam maslah. Di kalangan anak-anak muda pun Pak Raden dikenal akan kebaikannya. Dia sering sekali bersenda gurau dengan para remaja di sekiatar rumahnya. Bahkan mereka menjuluki Pak Raden sebagai Om gaul. Oleh karena itu, Pak Raden sangat dicintai oleh para tetangganya. 

Kalimat Utama: 

Pak Raden sangat baik dan ramah
Oleh karena itu, Pak Raden sangat dicintai oleh para tetangganya.




Demikianlah artikel kali ini mengenai pengertian kalimat utama, ciri-ciri kalimat utama, dan contoh-contoh kalimat utama. Point penting yang harus diingat dari artike kali ini adalah kalimat utama adalah kalimat yang menjadi bahan acuan dalam mengembangkan suatu paragraf.

Semoga artikel kali ini bisa menjadi bahan ajar atau materi yang bermanfaat buat Anda. Sampai jumpa lagi pada artikel - artikel menarik lainnya di dalam blog ini. 
Pahami Pengertian Kalimat Utama, Ciri, dan Contohnya di sini ! | aria nugraha | 5