5 Contoh Paragraf Sebab Akibat dan Pembahasan

Pengertian, Ciri, dan Contoh Paragraf Sebab Akibat - Paragraf sebab - akibat adalah salah satu pengembangan paragraf dari paragraf induktif, dimana kalimat utamanya terletak di bagian akhir paragraf.

Nah, apakah Sobat sudah mengetahui apa itu kalimat sebab - akibat? Kalau tidak jangan khawatir karena artikel kali ini khusus membahas mengenai paragraf sebab - akibat. Berikut ini adalah pembahasan lengkap mengenai paragraf sebab akibat. 

5 Contoh Paragraf Sebab-akibat
Contoh Paragraf Sebab-akibat
Sumber: Google Image

Pengertian 

Paragraf sebab-akibat adalah paragraf yang dikembangkan dari pola induktif di mana kalimat utamanya terletak pada bagian akhir paragraf. Pada paragraf sebab-akibat, kalimat utama tersebut merupakan akibat dari sebab-sebab yang merupakan hal khusus yang dikemukakan pada bagian awal paragraf. 


Ciri-ciri paragraf sebab-akibat

Paragraf sebab akibat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Paragraf sebab akibat diawali dengan hal-hal khusus yang merupakan sebab-sebab terjadinya suatu permasalahan.
  2. Paragraf sebab akibat memiliki kalimat utama yang diletakkan pada bagian akhir paragraf. 
  3. Kalimat utama tersebut merupakan akibat atau kesimpulan.
  4. Sebab-sebab yang dikemukakan pada bagian awal paragraf memiliki keterkaitan atau logis dengan akibat pada bagian akhir paragraf. 


Contoh-contoh paragraf sebab-akibat

Contoh 1

Riko selalu jahil kepada teman-temannya. Dia selalu menggangu teman-temannya tanpa terkecuali. Selain nakal, Riko juga memiliki tabiat yang buruk, yaitu dia selalu iri jika melihat temanya mendapatkan suatu kebahagiaan, dan begitu pun sebaliknya. Riko pun suka berbohong. Apa yang dikatakan olehnya tidak sesuai dengan kenyataanya. Hal yang paling menjengkelkan adalah Riko senang sekali meminjam barang dan tidak pernah mengembalikannya. Salah satu korbannya adalah Dani. Pensil Dani tidak pernah dikembalikan oleh Riko padahal dia telah berjanji untuk memberikannya kembali. Akibat dari sifat dan perbuatannya itulah semua teman-teman Riko tidak menyukai dirinya. 

Contoh 2

Harimau sumatera banyak sekali diburu oleh pemburu-pemburu liar. Mereka mengincar kulitnya dan ada juga yang ditangakap untuk dijual ke luar negeri. Selain itu, harimau sumetera telah kehilangan habitatnya. Rumah mereka dibakar dan dialih fungsikan sebagai perkebunan. Tidak jarang mereka selalu memasuki perkampungan penduduk dan kemudian ditangkap dan dibunuh. Hewan yang menjadi buruannya pun kini telah jarang ditemui sehingga mereka kesulitan dalam mencari makanan. Terlebih lagi pola berkembang biaknya yang sulit menjadi penghalang bagi harimau sumatera untuk berkembang biak. Oleh karena itu, kini Harimau Sumatera jarang ditemui dan berada dalam ambang kepunahan.

Contoh 3

Indonesia memiliki kekayaan alam laut yang sangat melimpah. Semua kekayaan laut yang ada di perairan dari sabang sampai merauke dimiliki oleh Indonesia. Selain itu, Indonesia juga banyak terdapat tambang-tamabang, seperti minyak bumi, gas, maupun logam-logam yang lain. Bahkan di Irian Jaya terdapat pertambangan emas terbesar di dunia. Meskipun dikelola oleh pihak asing, tetapi tambang itu terletak di Indonesia. Ditambah lagi dengan tanahnya yang subur. Bahkan diabadikan dalam sebuah lirik lagu, yang berbunyi tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Hal itu karena tanah Indonesia bisa ditanami oleh apapun tanpa perlu bantuan pupuk untuk menyuburkannya. Oleh karena kekayaan bumi, dan lautnya yang melimpah itulah Indonesia dijuluki sebagai Negeri Atlantis yang hilang. 

Contoh 4

Jalanan-jalanan di Ibukota sangat sempit dan banyak berlubang sehingga membuat para pengendara harus berhati-hati. Selain itu, tempat trotoar yang dikhususkan bagi pejalan kaki sering sekali digunakan oleh para pedagang kaki lima untuk berjualan di mana-mana. Bahkan ada yang meluber hingga ke aspal jalan. Disamping itu, para pengguna jalan ibu kota juga harus berbagi dengan bus way, sehingga jalanan ibu kota menjadi sangat sempit. Terlebih lagi dengan banyaknya proyek yang belum selesai membuat jalanan ibu kota semakin parah. Oleh karena itulah kemacetan selalu terjadi di setiap sudut jalanan ibu kota.

Contoh 5

Kemarau tahun ini terjadi sangat lama. Sumur, sungai, bahkan danau telah mengering. Selain itu, tanah di sekitar persawahan juga retak-retak. Semua tanaman yang ada di sana tak terkecuali padi mati dan mengering. Petani bahkan tidak sempat lagi untuk memanennya. Akibatnya, tahun ini petani mengalami kerugian yang sangat besar.


Baca kumpulan paragraf induktif lainnya di sini: Paragraf Induktif

Paragraf - paragraf di atas merupakan contoh paragraf sebab-akibat. Kunci dari kalimat jenis ini adalah kalimat utama berada di akhir paragraf dan merupakan sebuah kesimpulan/ akibat, dari sebab-sebab yang telah dijabarkan pada awal paragraf. 


Demikianlah artikel kali ini mengenai pengertian, ciri, dan contoh paragraf sebab-akibat. Semoga artikel kali ini bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda untuk mempelajari mengenai paragraf. terimakasih atas kunjungannya dan teruslah belajar. 
5 Contoh Paragraf Sebab Akibat dan Pembahasan | aria nugraha | 5