Pengertian Dialog Interaktif dan Cara Menyimpulkan Isi Dialog

.
.
Pengertian Dialog Interaktif dan Cara MenyimpulkannyaHallo Sobat, apakah yang dimaksud dengan dialog interaktif ? dan bagaimanakah cara menyimpulkan isi dialog interaktif ? 

Nah, artikel kali ini khusus akan membahas pengertian, cara menyimpulkan dialog interaktif beserta contoh dialog interaktif dan kesimpulannya. Baiklah, langsung saja kita mulai pembahsannya!

Pengertian Dialog Interaktif


Dialog interaktif adalah sebuah perbincangan atau percakapan yang dilakukan pada sebuah acara di televisi atau radio antara pembawa acara dengan pendengar atau pemirsa melalui sambungan telepon. 

Dialog interaktif melibatkan beberapa pihak, diantaranya adalah pembawa acara yang berperan sebagai moderator, narasumber sebagai penyampai materi, dan pemirsa sebagai penannya. Dialog interaktif biasanya membahas suatu tema atau topik mengenai suatu masalah yang sedang menjadi pembicaraan dalam masyarakat tetapi bisa juga merupakan topik – topik tertentu, seperti olahraga, gaya hidup, dan hobi. 

Contoh acara dialog interaktif yang sering Sobat lihat di televisi adalah Hallo Polisi, Bincang Pagi, Bedah Editorial, dan lain – lain. 


Unsur – Unsur Dialog Interaktif


Sama halnya dengan sebuah berita, dialog interaktif juga memiliki unsur – unsur pembangun, yaitu 5 W + 1 H. Tentunya Sobat sudah mengetahui apa itu 5 W + 1 H, kan ? Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah penjelasannya:

What : Apa yang sedang dibahas ?
Who: Siapa yang terlibat dalam pembahasan itu ?
When : Kapan dialog tersebut dilaksanakan ?
Where : Di mana dialog tersebut dilakukan ?
Why : Mengapa dialog tersebut diadakan ?
How: Bagaimana jalan dan hasil dialog tersebut ?


Cara Menyimpulkan Dialog Interaktif


Sebuah dialog interaktif pasti memiliki kesimpulan yang bisa diambil oleh para pendengarnya. Meskipun biasanya kesimpulan tersebut diabacakan oleh moderator, tetapi kita harus menyimpulkannya sendiri karena bisa jadi apa yang kita dapat berbeda dengan yang orang lain dapatkan. Nah, berikut ini adalah cara – cara menyimpulkan dialog interakatif:

Perhatikan !

Cara yang pertama adalah memperhatikan dialog tersebut. Jangan sampai fokus kita teralih dengan hal – hal yang tidak penting. karena jika satu bagian saja hilang, maka kita akan kehilangan informasi utuhnya.

Ingat 5 W + 1 H !

Kita tidak perlu mengikuti apa yang dikatakan oleh pembicara dan penannya kata perkata, tetapi ingatlah konsep 5 W + 1 H di dalam otak kita. Temukan dengan cepat apa yang mereka bahas, siapa yang terlibat, kapan berlangsungnya, dimana, mengapa, dan bagaimana prosesnya. Jika kita telah menemukan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan ini, maka kita sudah memiliki kesimpulan dialog interaktif tersebut.

Catat !

Langkah yang terakhir ini adalah mencatat jawaban – jawaban dari 5 W + 1 H tersebut. Tidak perlu mencatatnya dalam kalimat yang utuh. Catat saja poin – pon pentingnya yang bisa dikembangkan menjadi satu paragraf nantinya. 



Contoh Dialog Interaktif dan Kesimpulannya 



Penyiar: 
Selamat pagi Indonesia ! Bertemu lagi bersama saya, Aria Nugraha dalam acara kesayangan Anda, Bincang – Bincang Pagi. Seperti bisa pagi ini kita telah kedatangan tamu yang akan menjadi narasumber kita dalam bincang pagi kali ini.  Langsung saja marilah kita sambut, Kapolres, Bapak Riski Muhammad. 

(Hadirin tepuk tangan)

Narasumber: 
Selamat pagi,

Penyiar: 
Selamat pagi pak, terimakasih telah menyempatkan diri untuk datang ke acara kami. Pemirsa, tanpa berlama – lama lagi, marilah kita mulai perbincangan kita kali ini. Bagaimana menurut Bapak dengan kejadian kabut asap yang mengotori udara kita ini ?

Narasumber: 
Ya, kejadian yang menimpa kita ini sungguh sangat disayangkan karena kabut asap itu telah menimbulkan beberapa kerugian bagi kita semua. 

Penyiar: 
Menurut Bapak, apakah kebakaran hutan ini merupakan musibah atau ada pelaku di balik semua ini ?

Narasumber: 
Saya yakin terbakarnya hutan kali ini adalah hasil dari perbuatan manusia. Hal ini dikarenakan mustahil hutan yang sangat luas itu bis terbakar dengan sangat cepat. 

Pembawa acara: 
Baiklah bagi pemirsa di rumah yang ingin bertanya, silahkan hubungi kami melalui telepon 08976542321 atau 0987665

Penelpon: 
Halloo

Pembawa acara: 
Sepertinya kita telah tersambung dengan seorang penelpon. Dengan siapa dan dari mana ? 

Penelpon: 
Saya Rumakto dari Karang Bolong. Saya ingin bertanya dengan Bapak Kapolres. Beliau tadi mengatakan bahwa kebakaran hutan ini merupakan tindakan yang disengaja. Lalu apakah langkah yang telah Bapak ambil ?

Pembawa acara: 
Baiklah Pak, silahkan dijawab!

Narasumber: 
Kami sudah melakukan penyidikan untuk mencari dalang di balik ini semua. 

Penelpon: 
Lalu hasilnya bagaimana Pak, apakah sudah ditemukan siapa – siapa yang bertanggung jawab dalam masalah ini ?

Narasumber: 
Untuk sementara ini kami telah memeriksa delapan orang sebagai saksi dan telah menetapkan dua orang sebagai tersangka pembakaran hutan. Mereka adalah para pekerja di sebuah perusahaan perkebunan.

Penelpon: 
Lalu, apakah ada indikasi keterlibatan para pemilik perusahaan dalam kasus pembakaran ini Pak karena mustahil para pekerja itu melakukannya tanpa ada suruhan dari bos mereka.

Narasumber: 
Sampai saat ini belum terbukti ada keterlibatan dari pihak pemilik perusahaan karena memang susah untuk menetapkan diri mereka sebagai tersangka karena bukti – bukti yang tidak kuat. 

Penelpon: 
Apakah ada indikasi yang mengarah ke sana ?

Narasumber: 
Ada, tapi untuk saat ini masih dalam proses penyidikan. Jadi, masyarakat harap menunggu hasil dari penyidikan nanti.

Penelpon: 
terimakasih Pak!

Narasumber:
Terimakasih kembali!

Pembawa acara: 
Baiklah Bapak, Rukmakto terimakasih telah ikut berpartisipasi dalam perbincangan kali ini. Nah, Bapak saya dan seluruh masyarakat Indonesia berharap untuk segera terselesaikan permasalahan ini. 

Narasumber: 
Ya, kami sebagai pihak yang berwajib akan bekerja semaksimal mungkin.

Pembawa acara: 
Terimakasih Bapak atas waktunya semoga kita bisa berjumpa di lain waktu nanti.  
  


Kesimpulan Dialog Interaktif 


Dialog di atas, dapat disimpulkan sebagai berikut ini :

Dialog interaktif tersebut terjadi di dalam studio televisi antara seorang pihak kepolisian dan seorang penelpon yang menanyakan tentang tindakan yang dilakukan oleh pihak kepolisian untuk mengungkap dalang pembakaran hutan. Dialog tersebut terjadi karena keresahan yang timbul dari masyarakat tentang masalah ini. Hasil dari dialog interaktif tersebut adalah kebararan hutan ini merupakan tindakan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan saat ini sedang dilakukan penyidikan untuk mengungkap otak di balik musibah ini.




Setelah membaca tulisan ini, tentunya Sobat sudah mengerti pengertian dan cara menyimupkan dialog interaktif, kan ? Ingat, dialog interaktif adalah dialog yang dilakukan antara narasumber dan pendengar atau pemirsa melalui telepon pada acara Tv atau radio.

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Terimakasih telah berkunjung dan teruslah belajar melalui blog kami karena ada puluhan artikel menarik lainnya.
Pengertian Dialog Interaktif dan Cara Menyimpulkan Isi Dialog | aria nugraha | 5