Cari Tahu Pengertian kalimat induktif, Ciri, dan Contoh di sini !

.
.
Kalimat Induktif: Pengertian, Ciri, dan ContohAda dua jenis kalimat yang biasa dipakai untuk mengembangkan suatu paragraf, yaitu kalimat deduktif dan kalimat induktif. Pada artikel yang lalu kita telah mempelajari tentang kalimat deduktif. 

Baca kalimat deduktif di sini: Kalimat deduktif

Nah, artikel kali ini kita akan membahas pengertian, ciri, dan contoh kalimat induktif. Baiklah Sobat, berikut ini adalah penjelasannya. 


Pengertian 

Apakah yang dimaksud dengan Kalimat induktif tersebut? Kalimat induktif adalah kalimat utama pada sebuah paragraf induktif. Oleh karena itu, kalimat induktif ini adalah kalimat yang menjadi acuan untuk mengembangkan suatu paragraf yang diletakkan pada akhir paragraf. 

Sama halnya dengan kalimat deduktif, kalimat induktif juga bersifat umum. Namun, ada yang berbeda diantara kedua kalimat ini, yaitu letak atau posisinya di dalam sebuah paragraf. Jika kalimat deduktif ada di awal kalimat, maka kalimat induktif ada di akhir kalimat. 

Perhatikanlah kalimat di bawah ini!

Susu mengandung protein yang tinnggi.
Susu mengadung kalsium yang tinggi.
Susu adalah mimunan yang baik.

Kalimat yang merupakan kalimat induktif pada kalimat-kalimat di atas adalah kalimat nomor 3 karena bersifat umum. Sedangkan, kalimat lainnya adalah kalimat khusus hasil pengembangan kalimat nomor 3.

Perhatikan pola berikut ini!

Beprotein tinggi   (Khusus)
Berkalsium tinggi  (Khusus)
Baik untuk kesehatan.   (Umum)

Jika kalimat-kalimat di atas membentuk suatu paragraf, maka paragrafnya adalah sebagai berikut:

Susu mengandung protein yang sangat tinggi. Selain itu, susu juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Oleh karena itu, susu sangat baik untuk kesehatan.


Ciri-ciri Kalimat Induktif

Kalimat induktif di dalam sebuah paragraf dapat diidentifikasikan sebagai berikut ini:
  1. Kalimat induktif menjadi acuan dalam pengembangan paragraf karena merupakan kalimat utama.
  2. Kalimat induktif bersifat umum dan bisa dikembangkan kembali.
  3. Kalimat induktif merupakan satu kalimat yang utuh dan dapat berdiri sendiri.
  4. Kalimat induktif diletakkan pada bagian akhir paragraf.
  5. Kalimat induktif tidak mengandung konjungsi antar kalimat. 



Contoh Kalimat Induktif dalam paragraf

Setelah membaca tulisan ini, penulis yakin bahwa Anda telah memahami benar pengertian, ciri, dan contoh kalimat induktif. Nah, berikut ini adalah contoh-contoh kalimat induktif dalam paragraf induktif.

Contoh 1

Pantai Tanjung Selatan memiliki pasir yang sangat putih dan halus. Hampir tidak ada satupun sampah yang berserakan di sekitar pantai. Selain itu, airnya yang sangat bening memantulkan warna biru yang sangat indah. Karena jernihnya air itu, kita bisa melihat kehidupan bawah laut yang indah tanpa harus menyelam. Bahkan, kita juga bisa menikmati pertunjukan alam, yaitu kawanan lumba-lumba yang melompat-lompat keluar dari air. Oleh karena itu, Pantai Tanjung Selatan menjadi tujuan wisata terfavorit bagi semua orang.

Kalimat induktif atau kalimat utama pada paragraf di atas adalah:

Oleh karena itu, Pantai Tanjung Selatan menjadi tujuan wisata terfavorit bagi semua orang.


Contoh 2

Letak provinsi lampung tepat berada di pintu gerbang pulau sumatera. Hal ini membuat provinsi lampung selalu dilewati oleh orang-orang yang ingin pergi ke provinsil lain di Pulau Sumetera. Selain itu, karena letaknya yang tepat berbatasan dengan Pelabuhan Merak Banten, maka semua barang-barang akan tiba dan dikemas di Pelabuhan Bakauheni untuk selanjutanya dikirim kembali ke daerah tujuan. Hal ini membuat banyak sekali peluang pekerjaan yang tersedia. Oleh karena itu, Provinsi Lampung sangat cocok untuk bisnis karena letaknya yang strategis.

Kalimat induktif atau kalimat utama pada paragraf di atas adalah:

Oleh karena itu, Provinsi Lampung sangat cocok untuk bisnis karena letaknya yang strategis.


Baca kumpulan paragraf induktif di sini : Kumpulan Paragraf Induktif


Setelah membaca penjelasan-penjelasan di atas, pasti Anda sudah mengerti dan memahami pengertian, ciri, dan contoh paragraf induktif. Mudah bukan? Poin penting dari pembahasan ini adalah kalimat induktif merupakan kalimat utama dari sebuah paragraf induktif itu sendiri.


Demikianlah penjelasan kalimat induktif pada artikel kali ini, Terimakasih atas kunjungannya. Teruslah belajar dan temukan artikel-artikel menarik lainnya dalam blog ini. 
Cari Tahu Pengertian kalimat induktif, Ciri, dan Contoh di sini ! | aria nugraha | 5