Karangan Persuasi: Pengertian, Ciri, dan Contoh Lengkap

.
.
Pengertian Karangan Persuasi, Ciri, dan ContohHallo Sobat, jumpa lagi dalam artikel kali ini yang akan membahas salah satu jenis karangan dalam bahasa Indonesia, yaitu karangan persuasi. Apakah yang dimaksud dengan karangan persuasi ? Bagaimana ciri, dan contoh – contohnya ? 

Nah, marilah kita mulai pembahasan tentang karangan persuasi ini dimulai dari definisi, ciri, dan contoh karangan persuasi. Baiklah mari kita mulai!

Pengertian Karangan Persuasi


Persuasi berasal dari bahasa Inggris, persuade yang berarti mengajak. Sedangkan karangan adalah tulisan – tulisan yang digunakan untuk menyampaikan gagasan penulis kepada pembaca. Jadi, yang dimaksud dengan karangan persuasi adalah karangan yang ditulis untuk mengajak, menghimbau, atau mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu. 

Oleh karena karangan ini bersifat persuasive, maka karangan ini sering sekali ditulis untuk tujuan mengajak, seperti himbauan, peringatan, iklan, dan lain–lain. 

Ciri – Ciri Karangan Persuasi


Sebuah karangan dapat dikatakan sebagai karangan persuasi jika memiliki ciri – ciri sebagai berikut:
  1. Karangan persuasi berusaha mempengaruhi pembaca untuk melakukan apa yang diminta oleh penulis dalam tulisannya.
  2. Untuk meyakinkan pembacanya, karangan ini disertai pula dengan fakta – fakta yang mendukung. 
  3. Karangan persuasi tidak menimbulkan konflik di dalam karangannya. 



Contoh Karangan Persuasi 


Setelah mengetahui definisi dan ciri – ciri karangan persuasi, kali ini giliran contoh – contoh karangan persuasi. Nah, di bawah ini adalah dua contoh karangan persuasi tentang pendidikan dan kesehatan. 


Contoh Karangan Persuasi tentang Pendidikan


Gantungkanlah Cita – Citamu Setinggi Langit

Manusia tentunya memiliki cita – cita yang ingin dicapai dalam hidupnya. Cita – cita itu sendiri adalah tujuan atau harapan yang akan dicapai di masa depan. Ketika kita kecil, kita memiliki cita – cita yang sangat besar seperti menjadi dokter, guru, pilot, bahkan presiden. Namun, mengapa setelah beranjak dewasa cita – cita tersebut hilang dan terkesan seperti sebuah suatu kemustahilan ? 

Hal ini dikarenakan ketika sudah dewasa, mereka cenderung lebih berpikir realistis sehingga mereka mengubah bahkan menghilangkan cita – citanya. Padahal yang mereka lakukan itu adalah salah besar. 

Marilah menggantungkan cita – cita kita setinggi langit. Jangan takut bermimpi untuk mendapatkannya. Karena pada dasarnya, manusia adalah apa yang ada di dalam pikiran mereka. Jika mereka berpikir bahwa mereka adalah hebat, tentu mereka akan menjadi hebat, begitu juga sebaliknya. 

Sudah banyak sekali contoh – contoh orang sukses karena menggantungkan cita – citanya setinggi langit. Contoh seorang pengusaha yang terkenal, Bob Sadino. Beliau bercita – cita ingin menjadi orang kaya dan akhirnya saat ini beliau menjadi seorang pengusaha tersukses di Indonesia. Coba bayangkan bila Om Bob tidak memiliki cita – cita seperti itu, maka ia tidak akan menjadi seperti saat ini. 

Dengan menggantungkan mimpi kita setingi – tingginya, maka kita akan terpacu untuk meraihnya. Kita juga akan berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkannya. Perkara kesampaian atau tidak itu urusan terakhir, tetapi sudah menjadi ketentuan bahwa orang yang berusaha kerasa akan mendapatkan hasil yang maksimal. 

Oleh karena itu, marilah kita bermimpi dan gantungkanlah setinggi langit karena jika pun jatuh kita akan tersangkut di atas bintang. 



Contoh Karangan Persuasi tentang Kesehatan


Mari Hidup Sehat

Hidu sehat adalah idaman bagi setiap manusia. Tidak ada satu pun di dunia ini yang menginginkan sakit. Namun, bagaimanakah caranya agar kita tidak pernah sakit ? Mudah saja, jawabanya adalah menerapkan poal hidup sehat. Ada banyak pola hidup sehat yang bisa kita lakukan, diantaranya adalah.

Konsumsilah makanan  - makanan yang bergizi. Makanan – makanan yang mengandung mineral dan protein sangat baik untuk tubuh kita, Dengan mengkonsumsi makanan ini, maka tubuh akan mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Berolahragalah secara teratur. Olahraha yang teratur bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga kita menjadi bugar dan tidak gampang terkena penyakit.

Hindarilah rokok dan minuman – minuman beralkohol. Kedua benda ini adalah racun dunia yang bisa merusak tubuh. Apabila kita menjaga tubuh kita dari rokok dan alcohol, maka itu artinya kita menjaga tubuh kita dari racun.

Demikianlah pola hidup sehat yang bisa kita terapakan. Oleh karen itu, mulai dari saat ini marilah menjaga kesehatan tubuh kita karena sakit mahal harganya.




Demikianlah pembahasan kali ini mengenai pengeritan, ciri, dan contoh karangan persuasi tentang pendidikan dan kesehatan. Ingat, karangan persuasi adalah karangan yang bersifat mengajak pembaca melakukan sesuatu.

Sobat, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Teruslah berlajar bersama kami karena kami akan menyajikan puluhan artikel menarik lainnya. Terimakasih telah berkunjung.
Karangan Persuasi: Pengertian, Ciri, dan Contoh Lengkap | aria nugraha | 5