Paragraf Eksposisi: Pengertian, Ciri, dan Contoh Paragraf Eksposisi Lengkap

.
.
Pengertian, Ciri, dan Contoh-Contoh Paragraf Eksposisi - Apakah yang dimaksud dengan paragraf eksposisi ? Paragraf eksposisi adalah salah satu dari beberapa jenis paragraf yang dikelompokkan berdasarkan tujuannya.Apakah kalian telah memahami jenis paragraf ini ? Kalau tidak jangan khawatir, karena artikel kali ini akan membahas segala hal tentang paragraf eksposisi. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf atau karangan yang mengandung sebuah informasi yang ingin disampaikan kepada para pembacanya. Paragraf eksposisi sangat baik untuk dibaca karena bisa memperluas wawasan para pembacanya. 
Pengertian, ciri, dan contoh paragraf eksposisi
Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposi ini disusun berdasarkan hasil pengamatan atau penelitian yang jelas, sehingga paragraf ini memiliki sifat ilmiah atau non fikis dan tidak diragukan lagi kebenarannya karena didukung oleh data-data yang valid. 


Ciri – Ciri Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi memiliki ciri - ciri sebagai beikut:
  1. Paragraf eksposisi memberikan atau menyajikan sebuah informasi kepada pembacanya.
  2. Informasi yang ada di dalam paragraf eksposisi disampaikan dengan lugas dan menggunakan bahasa yang baku.
  3. Paragraf eksposisi tidak menyudutkan atau memihak suatu kelompok. Dengan kata lain, paragraf ini bersifat  netral.


Perbedaan dengan paragraf argumentasi

Sama halnya dengan paragraf eksposisi, paragraf argumentasi menyajikan sebuah informasi kepada para pembacanya. Sekilas kedua paragraf ini terlihat sama, tetapi ada satu hal yang membedakan kedua paragraf ini, yaitu paragraf argumentasi berusaha untuk menyakinkan pembacanya tentang apa yang disampaikannya.

Sedangkan paragraf eksposisi hanya menyampaikan informasinya saja tanpa berusaha menyakinkan pembaca. Dengan kata lain, keputusan akhir diserahkan kepada pembaca apakah mereka mempercayai atau tidak informasi tersebut. 

Baca penjelasan paragraf argumentasi di sini: Paragraf Argumentasi


Jenis dan Contoh Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah paragraf eksposis definisi, proses, klasifikasi, ilustrasi, perbandingan, dan pertentangan, dan eksposisi laporan. Berikut ini adalah contoh – contoh paragraf eksposisi:

1. Eksposisi Definisi

Eksposisi ini menyampaikan informasi yang berupa definisi atau pengertian dari suatu hal.

Contoh

Hewan karnivora adalah jenis hewan pemakan daging. Hewan – hewan jenis ini memiliki ciri – ciri gigi yang sangat tajam dan rahang yang sangat kuat. Gigi dan rahang itu digunakan untuk mengoyak – ngoyak daging mangsanya. Hewan yang masuk ke dalam kelas ini diantaranya adalah harimau, singa, buaya, beruang, dan lain – lain.

2. Eksposisi Proses

Ekpsosisi ini menyampaikan sebuah informasi yang berupa proses dari suatu hal.

Contoh

Air di dunia ini memiliki jumlah yang tetap. Mereka mengalami sebuah proses yang disebut dengan siklus hidrologi. Siklus ini dimulai dengan air dipermukaan yang dipanaskan oleh matahari akan menguap dan menjadi awan di langit. Awan – awan tersebut diterbangkan oleh angin ke segala arah dan kemudian menjadi jenuh. Ketika awan – awan tersebut jenuh, maka awan tersebut menjadi sebuah hujan sehingga air kembali lagi ke permukaan bumi.

3. Eksposisi Klasifikasi

Eksposisi ini menyampaikan informasi yang berupa klasifikasi suatu benda atau hal tertentu.

Contoh

Berdasarkan pola pengembangan gagasan utamanya, paragraf diklasifikasikan ke dalam tiga jenis, yaitu paragraf deduktif, induktif, dan campuran. Paragraf deduktif adalah paragraf yang memiliki pola umum – khusus. Artinya paragraf ini diawali dengan hal yang umum kemudian dikembangkan dengan hal-hal khusus. Jenis paragraf yang kedua adalah paragraf induktif. Paragraf ini memiliki pola khusus – umum. Artinya paragraf ini diawali dengan hal – hal khsusus terlebih dahulu dan kemudian disimpulkan menjadi hal yang umum pada bagian akhir paragraf. Jenis paragraf yang terakhir adalah paragraf campuran. Paragraf jenis ini adalah gabungan dari paragraf deduktif dan induktif dan memiliki pola umum – khusus – umum. 

4. Eksposisi Ilustrasi

Eksposisi ini menyampaikan sebuah informasi yang merupakan ilustarasi sebuah hal.

Contoh

Menjalani rumah tangga ibarat seperti menahkodai sebuah kapal di tengah – tengah lautan. Kapal di tengah lautan kadang kala menghadapi ombak – ombak yang menerjang. Begitu juga dengan menjalani rumah tangga yang akan menghadapi beberapa cobaan di dalamnya. Jika kita tidak sigap, maka rumah tangga akan hancur seperti kapal yang karam terbawa ombak.

5. Eksposisi Perbandingan dan Pertentangan

Eksposisi ini menyampaikan informasinya dengan cara membandingkan atau mempertentangkan suatu hal.

Contoh

Gandum merupakan alternative terbaik pengganti nasi. Di dalam gandum terkandung vitamin dan mineral yang tinggi. Selain itu, kadar gula yang ada di dalam gandum lebih sedikit dengan kandungan gula yang ada pada nasi. Oleh karena itu, gandum sangat baik untuk menjadi makanan pokok pengganti nasi bagi para penderita diabetes. 

6. Ekpsosisi Laporan

Eksposisi ini menyampaikan sebuah berita yang merupakan laporan dari suatu perjalanan atau penelitian, dan lain sebagainya.

Contoh

Pantai parang tritis sangat menarik untuk dikunjungi. Hal ini terbukti ketika kami berkunjung ke sana sekitar beberapa minggu yang lalu. Ketika kami turun dari bus, kami sudah disuguhi dengan suatu karya yang sangat menakjubkan yaitu pemandangan lautan lepas yang sangat indah. Kemudian kami pula dimanjakan dengan beberapa fasilitas yang cukup mendukung. Oleh karena itu, pantai ini menjadi pilihan terbaik untuk berlibur. 



Nah, demikianlah penjelasan kali ini menganai pengertian, ciri, dan contoh-contoh paragraf eksposisi. Mudah bukan? Point yang harus diingat adalah paragraf eksposisi adalah paragraf yang mengandung informasi tertentu.

Cukup sampai di sini pemabahasan artikel kali ini dan terimakasih telah berkunjung. Selain itu pelajari pula jenis - jenis paragraf lainnnya dalam blog ini.

Paragraf Eksposisi: Pengertian, Ciri, dan Contoh Paragraf Eksposisi Lengkap | aria nugraha | 5