Teks Laporan: Pengertian dan Contoh Teks Laporan Observasi

.
.
Pengertian Teks Laporan serta Contoh Teks Laporan ObservasiSobat, artikel kali ini akan membahas tentang materi teks laporan, dimulai dari pengertian teks laporan, struktur teks laporan, ciri kebahasaan teks laporan dan contoh teks laporan observasi. 

Baiklah, mari langsung saja kita mulai pembahasan kali ini mengenai materi teks laporan dalam bahasa Indonesia.

Pengertian Teks Laporan


Apakah yang dimaksud dengan teks laporan ? Teks laporan adalah sebuah teks yang mengandung klarifikasi mengenai suatu objek tertentu yang berdasarkan kriteria tertentu. 

Berbeda dengan teks deskripsi, teks laporan bersifat umum atau universal. Sedangkan teks deskripsi lebih bersifat khusus dan mendetail. 

Ada banyak sekali jenis – jenis teks laporan yang bisa kita temukan, diantaranya adalalah teks laporan hasil observasi, laporan perjalanan, kegiatan, dan kejadiaan (peristiwa). 


Struktur Teks Laporan


Secara umum teks laporan tersusun oleh dua bagian, diantaranya adalah:

1. Penyataan Umum (Klasifikasi)

Pernyataan umum terletak pada awal teks dan berupa pernyataan – pernyataan umum yang disampaikan untuk mengarahkan atau mengantarkan pembaca kepada pembahasan atau hal yang akan dilaporkan. 

2. Aspek – Aspek Laporan

Setelah pernyataan umum, ada bagian yang disebut dengan aspek – aspek laporan. Bagian ini mengandung poin – poin laporan yang disusun berdasarkan klasifikasi tertentu. 


Ciri Kebahasaan Teks Laporan


Teks laporan memiliki ciri kebahasaan, diantaranya adalah:

1. Menggunakan kata sandang

Kata sandang merupakan jenis kata yang digunakan untuk mengawali kata benda yang berfungsi sebagai penentu, misalnya sebuah, suatu, beberapa, seorang, dan lain – lain.

Contoh : 
Seorang anak hilang dalam keramaian
Sebagian mamalia tinggal di dalam laut.

2. Menggunakan konjungsi

Kata sambung digunakan untuk menghubungkan dua bagian kalimat. Ada dua macam kata sambung, yaitu kata sambung intra kalimat dan kata sambung intra paragraf. Contohnya adalah sedangkan, namun, dan, tetapi, sehingga, dan lain – lain.

Penggunaan kata sambung ini agar teks laporan menjadi karangan atau tulisan yang padu. 



Contoh Teks Laporan Hasil Observasi


Berikut ini adalah contoh teks laporan observasi. Teks laporan observasi adalah teks laporan yang disusun setelah melakukan kegiatan observasi atau pengamatan. 


Kerajaan Hewan

Secara umum hewan di dunia ini diklasifikasikann menjadi beberapa kelompok. Pembagain ini disebut dengan kingdom mamalia atau kerajaan hewan. Klasifikasi ini membagi hewan ke dalam 5 kelompok hewan berdasarkan jenis – jenisnya. Lima kelompok besar hewan yang hidup di dunia ini adalah mamalia, aves, pisces, amphibi, insect, dan reptile. 

Mamalia adalah kelompok hewan yang paling besar. Hewan – hewan pada kelompok ini dicirikan dengan memiliki kelenjar susu pada bagian tubuhnya. Hal ini dikarenakan hewan – hewan mamalia melahirkan dan menyusui anak – anaknya. Hewan – hewan yang termasuk mamlia adalah sapi, kerbau. harimau, dan lain – lain. Kebanyakan hewan mamalia tinggal di darat. Namun, ada beberapa mamalia yang tinggal di lautan seperti paus, dan lumba – lumba. 

Kelompok hewan selanjunya adalah aves. Kelas aves adalah hewan yang memiliki bulu di sekujur tubuhnya. Hewan – hewan yang berada di kelas ini adalah burung, baik burung yang bisa terbang seperti burung elang, burung yang pandai berenang seperti penguin, dan burung yang tidak bisa terbang seperti merak dan ayam.

Kelompok hewan selanjutnya adalah reptile. Reptile adalah kelompok hewan yang melata, dan memiliki kulit yang sangat keras. Hewan reptile biasanya berkembang biak dengan bertelur dan berdarah dingin. Namun, ada juga sebagian yang melahirkan dan berdarah panas. Hewan – hewan yang masuk ke dalam jenis reptile ini adalah ular, buaya, kadal, dan lain – lain. 

Pisces adalah kelompok hewan terbesar ke dua yang ada di muka bumi ini. Hewan – hewan yang berada di kelompok pisces adalah hewan – hewan yang berenang, yaitu ikan. Pisces memiliki kelompok yang sangat banyak, dimulai dari ikan yang tinggal di perairan laut maupun perairan darat. 

Insect adalah sebutan untuk hewan – hewan serangga di dunia ini. Kelompok insect bernafas dengan menggunakan trakea. Hewan – hewan yang masuk ke dalam kelompok insect adalah nyamuk, kumbang, dan lain – lain.

Kelompok hewan yang terakhir adalah amphibi. Ampihibi adalah sebutan untuk hewan – hewan yang hidup di dua lingkungan, yaitu darat maupun perairan. Hewan – hewan yang berada di kelas ini biasanya bernafas melalui kulitnya sehingga kulitnya selalu tampak basah. Hewan amphibi contohnya adalah katak, salamander, dan lain – lain. 

Berdasarkan penjabaran – penjabaran di atas, hewan – hewan yang hidup di dunia ini ada dalam 5 kelompok besar, yaitu mamalia, pisces, insect, amphibi, aves, dan reptile. 




Nah, Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai definisi teks laporan dan contoh teks laporan observasi. Ingat, teks laporan adalah teks yang dibuat setelah melakukan suatu kegiatan untuk menjadi bahan laporan. 

Sampai di sini perjumpaan kita kali ini mengenai pembahasan teks laporan. Terimkasih telah berkunjung dan sampai jumpa lagi pada artikel menarik lainnya. 
Teks Laporan: Pengertian dan Contoh Teks Laporan Observasi | aria nugraha | 5