Puluhan Contoh Kalimat Majemuk Campuran dan Pembahasan

.
.
Contoh – Contoh Kalimat Majemuk Campuran dan PengertianApakah yang dimaksud dengan kalimat majemuk campuran ? Kalimat majemuk campuran adalah salah satu jenis kalimat majemuk. Lalu, bagaimanakah contoh dan ciri – ciri kalimat majemuk campuran ? Nah Sobat, artikel kita kali ini akan membahas khsusus mengenai kalimat majemuk campuran.


Pengertian Kalimat Majemuk Campuran


Kalimat majemuk campuran adalah kalimat majemuk yang terbentuk akibat gabungan dua buah atau lebih kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat. Oleh karena merupakan gabungan dari dua buah jenis kalimat majemuk lainnya, maka biasanya kalimat majemuk ini memiliki tiga atau lebih klausa. Dimana salah satu klausa berperan sebagai induk kalimat dan klausa – klausa lainnya sebagi anak kalimat.

Ciri – Ciri Kalimat Majemuk Campuran


Kalimat majemuk campuran memiliki beberapa perbedaan dengan jenis kalimat majemuk lainnya. Perbedaan – perbedaan tersebut dapat kita lihat melalui ciri – ciri kalimat majemuk campuran itu sendiri. Nah, berikut ini adalah ciri – ciri kalimat majemuk campuran.
  1. Kalimat majemuk campuran menggunakan dua atau lebih kata sambung / konjungsi yang biasa dipakai dalam kalimat majemuk setara dan bertingkat.
  2. Kalimat majemuk campuran memiliki tiga buah klausa atau lebih.
  3. Hubungan antar klausa pada kalimat majemuk campuran adalah sederajat dan tidak sederajat.



Contoh Kalimat Majemuk Campuran


  1. Ketika ibu guru matematika masuk ke kelas, semua murid sedang mengerjakan tugas bahasa Indonesia sehingga bu guru hanya memberikan pr saja. 
  2. Bunga mawar adalah bunga yang sangat cantik, tetapi batangnya dipenuhi dengan duri tajam sehingga jarang orang menanamnya.
  3. Ayah telah pergi ke kantor ketika aku baru selesai memakai seragam dan ibu sedang menyiapkan sarapan.
  4. Pak Kepala sekolah mengatakan bahwa besok akan diadakan rapat wali murid dan kami pun harus belajar di rumah masing – masing.
  5. Ketika aku sedang tertidur lelap, seseorang mengetuk pintu tetapi tidak ada yang menjawab sehingga orang itu pun pergi.
  6. Aku sedang mengerjakan tugas matematika ketika ibu memintaku untuk pergi ke warung dan aku pun segera melakanakan perintahnya.
  7. Sekolah kami akan mengadakan pesantren kilat yang akan diikuti oleh seluruh siswa dan guru tetapi bagi siswa non muslim belajar di rumah.
  8. Aziz adalah anak yang sangat baik sedangkan adiknya, Budi adalah anak yang nakal dan tidak bisa diatur.
  9. Andi mewakili sekolahku untuk mengikuti olimpiade matematika sedangkan Anita sedang dirawat di rumah sakit sehingga mereka berdua tidak bisa mengikuti ulangan harian bahasa Indonesia.
  10. Orang – orang itu membakar lahan hutan karena akan ditanami kelapa sawit tetapi malah menghasilkan kabut asap yang sangat pekat. 
  11. Ketika hutan – hutan itu terbakar, para perusahaan perekebunan bahagia sedangkan masyarakat sipil terkena dampak buruknya.
  12. Dewa belajar sangat giat agar bisa menjadi anak yang pintar tetapi Budi belajar dengan giat supaya mendapatkan hadiah dari ayahnya.
  13. Bangunan itu dibangun dengan sangat cepat tetapi banyak ditemukan kecurangan dalam prosesnya sehingga tidak sampai dua tahun bangunan itu roboh kembali.
  14. Semua murid sedang belajar dengan tenang di dalam ketika gempa bumi terjadi sehingga mereka pun menjadi panik dan berhamburan ke luar kelas.
  15. Komputer Jeruk keluaran terbaru dari Samsuk telah dipasarkan di Indonesia tetapi harga tidak terjangkau sehingga hanya sedikit sekali yang membelinya.
  16. Sejak kecil Pak Rohmat mengajarkan Budi bagaimana menjadi anak yang kuat, sedangkan Buk Imah membimbing Budi menjadi anak yang bertanggung jawab sehingga Budi menjadi anak yang baik ketika dewasa. 
  17. Desi menyapu lantai dengan sangat bersih tetapi dia lupa menutup pintu sehingga kotoran – kotoran yang ada di luar kembali masuk ke dalam terbawa angin.
  18. Harimau kini dilindungi oleh pemerintah sebagai hewan langka tetapi para pemburu terus memburunya untuk dijual atau dibunuh sehingga jumlah harimau semakin menipis di alam bebas. 
  19. Anggi dan Shinta mengerjakan tugas kelompok sedangkan Budi hanya main – main saja akibatnya Budi dimarahi oleh mereka berdua. 
  20. Karena besok Dika akan pergi ke Bandung, Aku meminta oleh – oleh baju sedangkan Dani minta dibelikan sepatu.





Nah Sobat, kalimat – kalimat di atas adalah contoh dari kalimat majemuk campuran. Poin penting yang bisa kita ambil dari artikel ini yaitu kalimat majemuk campuran merupakan kalimat gabungan dari kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat.


Demikianlah artikel kali ini tentang contoh – contoh kalimat majemuk campuran. Terimakasih atas kunjungannya dan teruslah belajar melalui artikel – artikel menarik di dalam blog ini. 
Puluhan Contoh Kalimat Majemuk Campuran dan Pembahasan | aria nugraha | 5