2 Contoh Karangan Deskripsi tentang Teman dan Hewan Peliharaan

.
.
Pengertian dan Contoh Karangan Deskripsi tentang Teman dan Hewan PeliharaanSobat tentu sudah memahami tentang karangan deskripsi, bukan? Yap, karangan deskripsi adalah karangan yang menggambarkan suatu objek yang nyata sejelas – jelasnya, sehingga para pembacanya seolah – olah bisa merasakan, melihat, mendengar, atau mengalami sendiri apa yang dibahas dalam karangan tersebut. 

Nah Sobat, berikut ini adalah dua contoh karangan deskripsi singkat tentang teman dan hewan peliharaan. 


Contoh Karangan Deskripsi 1


Temanku Uti

Aku memiliki seorang teman yang sangat baik. Namanya adalah Rani Saputri tetapi aku sering memanggilnya Uti. Dia adalah seoarang teman yang sangat cantik dan baik. Temanku Uti memiliki tubuh yang tinggi untuk ukuran wanita, sekitar 167 cm. Dia memiliki warna kulit putih dengan rambut hitam yang panjang terurai hingga mencapai bahu. Hidung mancung dan lesung pipit yang ada di kedua pipinya membuat Uti sangat menawan apabila dia tersenyum. 

Bibirnya yang merah akan tampak sangat manis ketika dia memperlihatkan barisan gigi – gigi putihnya yang berkilau. Selain itu, dia juga memiliki sebuah tahi lalat yang terletak di bawah dagunya. 

Selain parasnya yang cantik, Temanku Uti sangat baik dan ramah kepada setiap orang. Dia sangat tidak bisa melihat orang lain, terutama teman – temannya bersedih. Apabia temannya bersedih, dia akan menghiburnya dengan sekuat tenaga hingga temannya kembali tersenyum. 

Uti juga suka membantu teman – temannya. Dia selalu membantu dengan senang hati dan tanpa kenal pamrih. Bahkan, pernah dia membantuku ketika aku tidak lulus ujian matematika, saat itu dia mengajariku beberapa hari tanpa kenal lelah hingga aku bisa mengerjakan semua soal itu dan lulus. 

Selain suka menolong, Uti juga sangat ramah kepada setiap orang. Dia tidak pernah menampakkan wajah yang sedih apalagi kesal kepada setiap orang. Hal ini membuatnya cukup populer dan tidak heran dia memiliki teman yang sangat banyak. 

Temannku Uti sangat gemar sekali membaca buku. Bahkan aku menyebutnya sebagai penggila buku. Semua buku dia senangi, mulai dari majalah, ensiklopedia, komik, bahkan buku – buku agama. Dia pernah mengatakan kepadaku bahwa buku adalah sumber ilmu dan jendela dunia. 

Oleh karena paras dan hatinya yang cantik itu, Uti menjadi sesosok teman yang sangat diidolakan oleh semua teman – temannya, tidak terkecuali aku. Aku sangat mengagumi dirinya.


Contoh Karangan Deskripsi 2



Kelinciku

Aku memiliki seekor kelinci jantan yang aku berinama Boni. Boni adalah seekor kelinci Persia yang diberikan oleh pamanku sebagai hadiah. Dia memiliki tubuh yang sangat gemuk dengan bulu putih yang sangat halus. Beratnya kira – kira mencapai 60 gram dengan panjang tubuh sekitar 50 cm. Kupingnya sangat panjang, kira – kira mencapai 30 cm. Boni memiliki mata berwarna biru yang sangat indah. 

Kelinciku, Boni tidak seperti kelinci biasa yang pasif. Boni tidak suka diam. Dia senang berlari dan melompat – lompat. Apabila aku mengajaknya keluar dan bermain di halaman rumah, dia akan sangat senang karena kami akan bermain kejar – kejaran. 

Boni sangat menyukai sayur – sayuran terutama wortel. Apabila sudah memasuki jam makannya, dia akan mendekatiku dan menggeliatkan tubuhnya di kakiku. Itu sebenarnya adalah tanda darinya yang mita diberikan wortel. Meskipun Boni menyukai wortel, aku selalu memberikannya makanan tambahan seperti multivitamin dan mineral agar dia selalu sehat. 

Meskipun sangat aktif, Boni tidak menyukai air. Apabila waktu mandi tiba, aku harus berusaha dengan sekuat tenaga untuk memandikannya karena dia pasti akan kabur. Terpaksa aku harus menangkapnya terlebih dahulu dan menceburkannya ke dalam bak khusus. 

Oleh karena tubuh dan tingkah lakunya yang sangat menggemaskan, aku sangat menyayangi kelinciku, Boni. Aku berharap dia selalu sehat dan bisa menemaniku setiap hari. 




Dua contoh karangan di atas adalah contoh karangan deskripsi tentang teman dan hewan peliharaan terbaik. Intinya, karangan deskripsi adalah karangan yang berisi penggambaran - penggambaran suatu objek.


Nah Sobat, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Semoga artikel tentang karangan deskripsi ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat buat Anda. Terimakasih atas kunjungannya dan teruslah belajar bersama kami karena kami akan menyediakan artikel - artikel yang sangat menarik.
2 Contoh Karangan Deskripsi tentang Teman dan Hewan Peliharaan | aria nugraha | 5