2 Contoh Karangan Persuasi tentang Lingkungan Terbaik

.
.
2 Contoh Karangan Persuasi tentang Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah dan Membuang Sampah pada Tempatnya - Hallo Sobat, Jumpa lagi dalam artikel kali ini yang akan menyajikan dua buah contoh karangan persuasi tentang lingkungan. 

Namun sebelumnya, kalian tentu sudah mengetahui apa itu karangan persuasi bukan ? Pasti sudah dong! Karena pembahasan mengenai karangan persuasi sudah kita bahas sebelumnya pada artikel ini : Karangan persuasi.

Intinya, secara garis besar karangan persusai ini dibuat untuk mengajak seseorang dalam hal ini pembaca untuk melakukan sesuatu. Nah, berikut ini adalah contoh dari karangan persuasi tentang lingkungan. 

Karangan Persuasi 1


Mari Kita jaga Kebersihan Rumah Kita

Rumah adalah lingkungan yang paling dekat dengan kita. Hal ini dikarenakan di rumahlah kita banyak menghabiskan waktu bersama keluarga, seperti bercanda, istirahat, dan masih banyak aktivitas lainnya. Dikarenakan kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di rumah, rumah haruslah menjadi tempat yang nyaman dan bersih agar para penghuninya bisa betah dan sehat. Oleh karena itu, marilah kita menjaga kebersihan rumah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat rumah kita nyaman dan sehat. Cara – cara tersebut antara lain:

Sapulah rumah setiap hari! Di dalam rumah tentunya banyak sekali sampah – sampah baik itu sampah besar maupun sampah – sampah kecil. Sampah besar itu antara lain sisa makanan, plastik, dan sebagainya. Sementara itu, sampah kecil adalah debu, pasir dan masih banyak lagi. Sampah – sampah inilah yang membuat rumah terlihat kotor. Terlebih lagi sampah kecil yang tidak bisa terlihat oleh mata akan menyebabkan penyakit. Maka dari itu, sapulah rumah Anda setiap saat agar rumah bersih dari sampah. 

Cara yang kedua adalah tanami rumah dengan tumbuhan – tumbuhan. Rumah yang memiliki tumbuhan akan memiliki udara yang segar. Tanamlah tumbuhan seperti bunga, pohon – pohon buah, dan tanaman obat – obatan. Selain membuat udara menjadi segar, rumah juga akan terlihat cantik dengan bunga – bunga yang penuh akan warna. Bahkan rumah Anda bisa menjadi apotek hidup dan kebun buah. Dengan menanam tumbuhan – tumbuhan, maka rumah akan menjadi nyaman. 

Cara yang ketiga adalah dengan menutup semua tempat penampungan air. Tutuplah semua tempat penampungan air di sekitar rumah Anda. Hal ini dilakukan agar tempat tersebut tidak menjadi sarang bagi nyamuk. Apabila nyamuk tidak ada tempat untuk berkembang biak, maka keluarga Anda akan terbebas dari penyakit seperti demam berdarah.

Demikianlah cara – cara yang bisa dilakukan untuk membuat tempat hunian Anda menjadi nyaman dan sehat. Mulai dari hari ini, ayo kita terapkan cara – cara ini agar keluarga kita betah berada di dalam rumah dan terhindar dari berbagai macam penyakit. 


Contoh Karangan Persuasi 2


Buanglah Sampah pada Tempatnya

Sampah adalah barang – barang sisa yang tidak terpakai lagi dan bisa mencemari lingkungan kita. Selain itu, sampah – sampah yang menumpuk juga bisa menjadi sumber penyakit karena di sanalah bibit – bibit penyakit bersarang. Oleh karena itu, marilah kita membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Apablia kita telah membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya, maka kita bisa terhindar dari kerugian – kerugian akibat sampah. 

Namun, ketika membuang sampah, ada baiknya kita memilah – milah jenis sampahnya terlebih dahulu. Ada tiga jenis sampah yang harus dipisah, diantaranya adalah sampah organik, sampah anorganik, dan sampah kimia.

Untuk sampah – sampah oganik buanglah pada kotak sampah yang berwarna hijau. Sampah – sampah organik ini adalah sampah hasil dari sisa makanan ataupun sampah lainnya yang bisa terurai dengan cepat. Oleh karena itu, sampah ini bisa kembali dimanfaatkan untuk menjadi pupuk.

Sampah – sampah anorganik adalah sampah yang tidak bisa terurai kembali. Contohnya adalah sampah plastik, botol, kaleng, dan lain – lain. Buanglah sampah jenis ini pada kotak yang berwara biru. Karena tidak bisa diurai kembali, sampah ini bisa dimnafaatkan kembali dengan cara recycle atau daur ulang.  

Jenis sampah yang terakhir adalah sampah kimia. Nah, untuk sampah jenis  ini kita harus berhati karena bisa mencemari lingkungan bahkan meracuni diri kita sendiri. Contoh jenis sampah ini adalah bekas baterai, obat nyamuk, dan lain – lain. Buanglah sampah ini pada kotak sampah yang berwarna merah. 

Sampah akan sangat berbahaya jika tidak dipisahkan, maka untuk itulah kita melakukan pemilihan sampah agar kita bisa tahu mana yang bisa dimanfaatkan dan mana yang tidak bisa dan membahayakan. Oleh karena itu, mulai saat ini tanamkan perilaku membuang sampah pada tempatnya dengan cara memilah – milah sampah sesuai pada jenisnya supaya kita terhindar dari bahaya yang ada pada sampah.



Karangan di atas adalah dua buah contoh karangan persuasi yang berjudul mari menjaga kebersihan rumah kita, dan buanglah sampah pada tempatnya. Ingat, karangan persuasi adalah karangan yang dibuat untuk mengajak pembaca melakukan sesuatu.

Nah Sobat, cukup sampai di sini perjumpaan kita kali ini mengenai contoh karangan persuasi tentang lingkungan. Sampai di sini perjumpaan kita kali ini dan terimakasih telah berkunjung dan belajar bersama kami. 
2 Contoh Karangan Persuasi tentang Lingkungan Terbaik | aria nugraha | 5