Pembahasan 5 Jenis Karangan Bahasa Indonesia Lengkap

.
.
Jenis - Jenis Karangan dan Contoh dalam Bahasa Indonesia - Karangan adalah gagasan penulis yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan - tulisan. Bahasa Indonesia memiliki beberapa macam jenis karangan, di antaranya adalah karangan narasi, deskripsi, argumentasi, eksposisi, dan persuasi. 

Jenis - jenis karangan ini diklasifikasikan berdasarkan tujuan dari penulisan karangan itu sendiri. Nah agar Sobat mengetahui dengan jelas semua tentang karangan dalam bahasa Indonesia, artikel kali ini akan membahasa tentang jenis - jenis karangan beserta dengan contoh - contohnya lengkap. Tanpa berlama - lama lagi, mari kita mulai pembahasannya berikut ini.

Jenis - Jenis Karangan dalam Bahasa Indonesia



1. Karangan Narasi

Karangan narasi adalah karangan yang di dalamnya menyajikan suatu peristiwa. Karangan ini menyampaikan suatu kejadian yang runtut urutan kejadiannya sehingga pembaca dapat mengetahui hal yang terjadi dalam karangan tersebut. Ciri- ciri karangan tersebut adalah menonjolkan unsur perbuatan dalam rangkaian waktu.

Contoh:

Mentari pagi mulai muncul diiringi kokokan ayam jantan. Pak tani bersiap- siap pergi ke sawah. Dengan penuh semangat ia mengangkat cangkul. Bu tani menyusul di belakang sambil membawa bekal untuk makan siang. Sesampainya di swah pak tani dan bu tani mulai bercocok tanam. Dengan penuh semangat di bawah teriknya matahari mereka bekerja. Tak peduli keringat yang mengucur deras. Sampai mentari pulang ke ufuk barat, pak tani dan bu tani kembali ke rumah untuk beristirahat.


2. Karangan Deskripsi 

Karangan deskripsi merupakan karangan yang memaparkan deskripsi atau rincian suatu objek.

Contoh:

Tomat adalah tanaman yang tinggi pohonnya tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Buahnya tidak terlalu besar berwarna agak kemerahan. Buahnya mengandung vitamin c.  Tomat merupakan makanan serba guna, seperti dapat dimakan sebagai buah. Di buat campuran sambal, di buat minuman jus dan  di buat sebagai sayur.


3. Karangan Eksposisi

Karangan eksposisi merrupakan karangan yang memaparkan suatu informasi yang benar-benar terjadi kepada pembaca.

Contoh:

Pohon kelapa merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat. Semua bagian dari pohon kelapa bermanfaat untuk kehidupan. Mulai dari daun, daun yang masih muda dapat dibuat anyaman sebagai hiasan, daun kering dibuat anyaman untuk dinding, lidinya di raut dan dijadikan sapu. Batang kelapa bermanfaat untuk bahan bangunan. Akar pohon kelapa  yang berserabut dapat dijadikan penyerapan air. Dan terakhir buah kelapa. Buah kelapa ini berbentuk bulat. Di dalamnya terdapat air kelapa yang rasanya segar bila diminum. Di dalam kelapa juga terdapat daging, apabila masih muda sangat lezat di makan dan jika sudah tua daging kelapa bisa diparut, diberi air, lalu diperas untuk dijadikan santan yang dapat dimanfaatkan campuran berbagai masakan. Tidak hanya sampai di situ, batok kelapa pun dapat di jadikan sebagai arang yang dapat digunakan sebagai alat masak. Nah, begitu banyak manfaat tanaman kelapa, oleh sebab itu sepertinya perlu  ditanam di sekitar rumah kita.


4. Karangan Argumentasi

Karangan argumentasi adalah karangan yang memaparkan suatu argumen penulis yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca dengan suatu bukti atau contoh.

Contoh 1

Banjir adalah bencana tahunan yang datang bila musim hujan. Banjir terjadi di tempat-tempat yang kumuh. Sebab terjadinya banjir seperti aliran air yang tersumbat, kurangnya lahan terbuka hijau, dan pembuangan sampah yang sembarangan. Tersumbatnya aliran air tersebut disebabkan karena adanya sesuatu yang mengendap misalnya sampah rumah tangga. Sampah-sampah tersebut sulit terurai di tanah. Oleh sebab itu, sebelum musim banjir datang masyrakat perlu melakukan pencegahan misalnya dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan saluran air, dan menanam pohon. 

Contoh 2

Banyak anak-anak yang kurang pengawaan dari orang tua. Contoh kecil lalainya pengawasan orang tua adalah memberikan kebebasan anak untuk jajan di sekolah. Akibatnya, anak akan jajan sembarangan di tempat-tempat yang kurang bersih, sehingga menyebabkan mereka yang daya tahan tubuhnya lemah menjadi mudah sakit. Oleh sebab itu, sebaiknya orang tua lebih memperhatikan makanan yang dimakan anaknya saat di sekolah. Selain itu orang tua harus memberikan nasihat tentang bahaya jajan sembarangan dan alangkah baiknya membawakan anak bekal agar tidak jajan sembarangan saat di sekolah.


5. Karangan Persuasi

Karangan persuasi adalah karangan yang bersifat himbaun atau ajakan kepada para pembacanya.

Contoh:

Buah dan sayuran segar adalah contoh makanan non olahan yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan pada buah dan sayuran segar tidak mengandung bahan - bahan kimia, seperti penyedap, perasa, maupun pewarna yang sering kita temuka di dalam makanan olahan. Apabila kita rajin mengkonsumsi buah dan sayuran, maka tubuh kita akan mendapat berbagai macam vitamin dan mineral. Selain itu, kita juga bisa terhidar dari gangguan kesehatan yang disebabakan oleh makanan - makana cepat saji. Oleh karena itu, marilah mengkonsumsi buah - buahan dan sayuran segar agar tubuh kita sehat.




Demikianlah pembahasan kali ini mengenai jenis - jenis karangan dalam bahasa Indonesia lengkap. Intinya, Bahasa Indonesia memiliki beberapa macam karangan, seperti argumentasi, narasi, deskripsi, eksposisi, dan persuasi.

Nah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Terimaksih telah berkunjung dan terus belajar bersama kami karena kami akan menyajikan puluhan artikel menarik sebagai bahan referensi Sobat semua.
Pembahasan 5 Jenis Karangan Bahasa Indonesia Lengkap | aria nugraha | 5