Contoh Esai tentang Sampah dan Lingkungan Hidup Terbaru

.
.
Contoh Esai Argumentasi tentang Permasalahan Lingkungan Hidup dan Sampah - Halo Sobat, artikel kali ini kami menyajikan sebuah contoh esai argumentatif mengenai sampah dan lingkungan hidup.

Namun sebelumnya, tahukah sobat pengertian esai argumentatif tersebut ? Esai argumentatif adalah suatu karangan yang berisi pandangan atau opini pribadi penulis terhadap sebuah permasalahan.

Nah, berikut ini adalah contoh esai argumentatif mengenai lingkungan hidup dan sampah yang ada di negara ini. 



Permasalahan Lingkungan di Indonesia

Sampah sudah menjadi masalah yang klasik bagi setiap Negara di seluruh dunia ini. Hampir semua Negara memiliki masalah dalam mengatasi timbunan sampah yang jumlahnya terus meningkat  setiap hari. Masalah ini menjadi fokus utama karena berkaitan dengan kondisi lingkungan suatu negara. Oleh karena itu, saat ini banyak negara yang telah memulai program re-use dan re-cycle atas sampah - sampah yang ada untuk menanggulangi masalah ini. 

Di negeri kita sendiri, sampah adalah permasalahan yang tak kunjung menemukan penyelesaian. Meskipun pemerintah kita juga melaksanankan program re-use dan re-cycle, namun permasalahan lingkungan dan sampah di negeri kita ini belum juga terselesaikan. Bahkan permasalahan di negeri kita ini menjadi komplek dan menjalar ke berbagai segi lainnya sehingga memperparah kerusakan lingkungan. Berikut ini adalah permasalahan – permasalahan yang memperparah kerusakan lingkungan di Indonesia. 

Permasalahan yang pertama adalah penebangan kayu liar. Indonesia memang terkenal dengan industry berbahan kayu yang bahkan kepopulerannya telah sampai ke tingkat dunia. Namun sayangnya bahan – bahan kayu tersebut diambil dari hutan tanpa memperhatikan kelestariannya sehingga banyak hutan yang habis ditebangi. Akibatnya, hutan menjadi gundul dan kehilangan fungsi – fungsinya.

Permasalahan yang kedua adalah polusi. Indonesia dituduh sebagai salah satu Negara yang bertanggung jawab dalam terjadinya global warming. Hal ini dikarenakan negeri kita memiliki tingkat polusi udara yang tinggi akibat dari banyaknya asap pabrik, kendaraan bermotor dan lain masih banyak lagi yang dihasilkan. 

Permasalahan yang ketiga adalah kurangnya ketersediaan tempat pembuangan sampah. TPA saat ini sudah tidak bisa lagi menampung jumlah sampah yang ada. Selain itu keberadaan TPA ini sering sekali menimbulkan permasalahan karena banyak warga setempat yang menuntut untuk memindahkan TPA dari tempat mereka karena mengganggu. 

Permasalahan yang keempat adalah rendahnya tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya sampah yang beserakan karena mereka malas dalam membuang sampah pada tempatnya. Mereka lebih memilih membuang sampah di sungai daripada di tempat sampah yang telah disediakan. Akibatnya, sungai jadi tercemar dan dapat mengakibatkan banjir.   

Berdasarkan penjabaran – penjabaran yang telah dibahas di atas, dapat kita simpulkan bahwa masalah lingkungan di negeri kita ini belum bisa terselesaikan bahkan semakin komplek dengan permasalahan – permasalahan seperti yang disebutkan di atas.




Nah, demikianlah artikel kali ini yang menyajikan contoh esai argumentatif tentang lingkungan. Intinya, esai adalah tulisan yang merupakan opini pribadi seorang penulis terhadap suatu problematika.

Sampai di sini dahulu perjumpaaan kita kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Sobat. Terimakasih telah berkunjung dan temukan pula artikel - artikel menarik lainnya di blog ini. 
Contoh Esai tentang Sampah dan Lingkungan Hidup Terbaru | aria nugraha | 5