Bacalah Contoh Esai tentang Kepemimpinan Ideal Terbaik

.
.
Contoh Esai tentang Kepemimpinan – Esai adalah sebuah karangan yang berupa tulisan tentang pendapat pribadi penulis mengenai sebuah problema atau pandangan pribadi mengenai hal tertentu. Ada banyak sekali jenis – jenis esai yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari – hari, salah satunya adalah esai argumentatif. 

Esai argumentatif sendiri adalah esai yang isinya berupa paparan – paparan pendapat pribadi penulis, paparan – paparan pendapat tersebut biasanya disertai dengan fakta dan data yang dapat menguatkan kebenaran esai tersebut, sehingga pembaca dapat memperayai atau memiliki pendapat yang sama dengan penulisnya.  

Nah Sobat, artikel kali ini akan menyajikan sebuah contoh esai tentang kepemimpinan atau leadership. Esai ini berisi tentang sebuah pendapat atau pandangan penulis mengenai esensi sebuah kepemimpinan. Tanpa berlama – lama lagi, berikut ini adalah contoh sebuah esai mengenai kepemimpinan, Selamat membaca !


Esensi Kepemimpinan Ideal

Menurut KBBI kepemimpinan adalah perihal memimpin dan cara memimpin. Pemimpin biasanya orang yang memegang kekuasaan dan sebagai pengemban amanah dari hal yang dipimpinnya. Melalui cara- cara kepemimpinan seorang dapat memimpin dengan baik. Banyak faktor pendukung untuk seorang pemimpin. Seorang pemimpin harus memiliki potensi baik dalam berpikir maupun dalam bertindak. Kualitas diri pemimpin tersebut akan menjadikan hal yang dipimpinnya menjadi berkualitas. Pemimpin juga harus memiliki jiwa kepemimpinan seperti jujur dalam perkataan, rela berkorban, bertanggung jawab atas segala keputusan , adil dalam setiap tindakan, peduli terhadap sesama. Kharisma dan nilai terpuji dari seorang pemimpin akan menjadikan kepemimpinannya berjalan sukses.

Dalam sebuah kepemimpinan tidak jarang terdapat hambatan. Sebab, dalam hidup ini terdapat hal-hal yang pro dan kontra. Oleh karena itu, seorang pemimpin tidak boleh mudah menyerah dalam semua keadaan. Selain itu seorang pemimpin di dalam kepemimpinannya harus berhati-hati dalam segala tindakannya, sebab kesalahan dalam bertindak dapat menyebabkan hal-hal buruk dan akan menimpa orang banyak sebagai anggota dalam pimpinannya. 

Sungguh tidak mudah menjadi seorang pemimpin dan memilih seorang pemimpin. Budi yang luhur perlu dimiliki pemimpin dalam kepemimpinannya. Sebab jika seorang dalam kepemimpinannya berlaku buruk akan menyengsarakan anggota kepemimpinannya. Tidak jarang seorang pemimpin malah bertindak semena- mena  karena merasa dirinya memiliki posisi paling tinggi. Terkadang banyak pemimpin yang memaksakan kehendaknya kepada orang lain, sehingga orang lain menuruti kemauannya dengan rasa terpaksa. 

Untuk itu, jika seseorang ingin jadi pemimpin hendaknya melatih diri untuk selalu bersikap bijaksana, adil, jujur, peduli sosial dan sikap nilai karakter lainnya agar dapat mengembangkan jiwa kepemimpinan. Selain itu pemimpin juga harus belajar untuk mengasah pengetahuannya untuk menunjang kepemimpianannya. Sebab, jika seseorang gagal memimpin, anggota kepemimpinannyalah yang menjadi korban.

Bagi anggota pimpinan hendaknya juga belajar untuk lebih cermat dalam mengambil keputusan memilih pemimpin. Sebab pemimpin  yang memiliki jiwa kepemimpinan yang  unggul akan membawa kesejahteraan untuk anggotanya.




Nah, contoh di atas adalah sebuah artikel mengenai kepemimpinan atau esai mengenai leadership. Intinya, Esai adalah sebuah tulisan yang berupa pendapat atau pandangan penulis mengenai problematika atau suatu topik tertentu yang sedang hangat – hangatnya di dalam masyarakat.

Sampai di sini perjumpaan kita kali ini pada artikel mengenai contoh esai kepemimpinan. Semoga esai tentang kepemimpinan ini bisa menjadi artikel dan referensi yang baik untuk Sobat semua. 

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Teruslah belajar bersama kami karena kami tidak akan berhenti menyajikan puluhan artikel yang menarik setiap harinya untuk Sobat semua.
Bacalah Contoh Esai tentang Kepemimpinan Ideal Terbaik | aria nugraha | 5