Bacalah Contoh Karangan Argumentasi Pendidikan Terbaik !

Karangan Argumentasi Singkat tentang Pentingnya Pendidikan – Halo Sobat, artikel kali ini akan menyajikan sebuah contoh karangan argumentasi mengenai pendidikan. Karangan argumentasi singkat ini berjudul pentingnya pendidikan bagi manusia.

Nah, berikut ini adalah sebuah contoh karangan argumentasi tentang pendidikan terbaik, selamat membaca! 



Pentingnya Pendidikan bagi Kehidupan Manusia

Pendidikan adalah suatu usaha atau proses yang dilakukan untuk mengembangkan potensi – potensi yang ada pada umat manusia dengan menggunakan ilmu. Tujuan utama dari pendidikan sendiri adalah untuk memajukan atau mensejahterakan kehidupan umat manusia. Selain itu pendidikan juga memiliki hubungan yang erat dengan proses transfer ilmu. Dengan ilmu inilah manusia bisa membawa kehidupannya ke dalam peradaban yang lebih baik. Contohnya dengan menemukan berbagai macam teknologi yang membuat segala urusan manusia menjadi lebih mudah.

Namun pada kenyataannya, saat ini pendidikan di masyarakat masih sangat kurang. Menurut data yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan, hampir 40% masyarakat Indonesia merupakan lulusan SMA atau SMK, 20 % lulusan perguruan tinggi, dan sisanya 40% tidak memiliki pendidikan atau tidak tamat SMA/SMK. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti mahalnya biaya pendidikan, paradigma yang salah tentang pendidikan dan lain – lain. Padahal, pendidikan memiliki manfaat yang sangat banyak. Ada beberapa manfaat pendidikan bagi manusia, yaitu:

Pendidikan dapat mensejahterakan kehidupan manusia. Mereka yang memiliki pendidikan akan dibekali oleh ilmu – ilmu yang bermanfaat, sehingga mereka memiliki skil dan kemampuan yang menjadikan mereka mampu bersaing di era ini. Dengan skill dan kemampuan tersebut, mereka bisa mendapat pekerjaan yang layak sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka. Sebaliknya, jika seseorang tidak memiliki skill, maka dia tidak akan terpakai di dalam masyarakat. 

Selain itu, pendidikan juga dapat membentuk moral dan perilaku yang baik bagi manusia. Selain memberikan pelajaran – pelajaran tentang ilmu alam dan sosial, pendidikan juga memberikan pendidikan karakter. Pendidikan ini menanamkan nilai – nilai sosial, seperti berkata jujur, bertanggung jawab, dan lain – lain kepada murid – muridnya. Oleh karena itu, mereka akan memiliki karakter yang baik sehingga mereka dapat menjadi individu yang baik pula di masyarakat. 

Disamping itu, pendidikan juga bisa menekan angka kriminalitas di suatu Negara. Menurut pendapat seorang ahli psikologi, Tindakan kriminal yang terjadi meruapakan akibat dari permasalahan ekonomi. Para pelaku biasanya orang – orang yang tidak memiliki pekerjaan tetatp yang terjerat masalah ekonomi, sehingga mereka terpaksa melakukan tindakan seperti mencuri, menipu, bahkan membunuh. Oleh karena itu, pendidikan adalah jalan keluar untuk mengurangi permasalahan ini. Jika mereka memiliki pendidikan, tentunya mereka akan mendapatkan pekerjaan dan tidak terjera masalah ekonomi, sehingga mereka tidak akan mungkin melakukan tindakan kriminal.

Berdasarkan penjabaran – penjabaran di atas, dapat kita simpulkan bahwa pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan umat manusia. Pendidikan dapat mensejahterkan mereka, membentuk pribadi yang berkarakter, dan juga dapat mengurangi tingkat kriminalitas di suatu negeri. Oleh karena itu, pendidikan seharusnya menjadi prioritas utama kebutuhan manusia. Selain itu, pemerintah juga semestinya melakukan tindakan – tindakan yang nyata supaya angka masyarakat yang tidak berpendidikan dapat berkurang. 




Karangan di atas adalah sebuah contoh karangan argumentasi pendidikan yang berjudul pentingnya pendidikan bagi kehidupan manusia. Singkatnya, karangan argumentasi adalah karangan yang tujuannya untuk menyakinkan pembaca akan pendapat atau pandangan penulis terhadap suatu hal tertentu.

Nah Sobat, demikianlah artikel kali ini tentang contoh karangan argumentasi pendek mengenai pendidikan yang berjudul pentingnya pendidikan bagi manusia. Semoga karangan argumentasi pendek ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat buat Sobat semua. Terimakasih telah membaca dan sampai jumpa lagi dalam artikel – artikel menarik lainnya. 
Bacalah Contoh Karangan Argumentasi Pendidikan Terbaik ! | aria nugraha | 5