Sebuah Contoh Karangan Eksposisi tentang Pendidikan Karakter Terbaik

.
.
Contoh Karangan Eksposisi Tentang Pentingnya Pendidikan Karakter - Tahukah Sobat apa itu karangan eksposisi ? Karangan eksposisi adalah karangan yang berisi penjabaran – penjabaran informasi yang akan disampaikan kepada para pembacanya. 

Nah, Sobat artikel kali ini akan menyajikan sebuah contoh karangan eksposisi tentang pendidikan karakter. Tanpa berlama – lama lagi, berikut ini adalah contoh karangan eksposisi tentang pendidikan karakter.


Contoh Karangan Eksposisi tentang Pendidikan



Pentingnya Penanaman Pendidikan Karakter di Sekolah

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang tidak hanya memberikan materi – materi pelajaran saja, tetapi  juga menanamkan nilai – nilai moral dan sosial kepada para peserta didik. Mengapa pendidikan karakter penting bagi peserta didik ? 

Untuk menjawab pertanyaan ini, beberapa penelitian telah dilakukan. Ringkasan hasil – hasil penelitian itu telah diterbitkan pada sebuah bulletin yang berjudul Character Educator, oleh Character Education Partnership. Dalam tulisan tersebut dijelaskan bahwa Dr. Marvin Berkowitz dari University of Missouri- St. Louis menemukan bahwa sekolah – sekolah yang menerapkan pendidikan karakter memiliki tingkat keberhasilan akademik yang tinggi. Hal ini dikarenakan terjadi peningkatan motivasi para peserta didik dalam meraih prestasi akademik di sekolah. Selain itu, terjadi pula penurunan yang drastis pada tingkat perilaku negative peserta didik  yang bisa menghambat prestasi akademik mereka di dalam  kelas-kelas yang secara komprehensif mengimplementasikn pendidikan karakter pada kegiatan belajar mengajarnya. 

Pendidikan karakter ini memberikan nilai – nilai budi pekerti plus yang melibatkan aspek – aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action). Hal ini sejalan dengan pemikiran seorang ahli dalam bidang pendidikan, Thomas Lickona yang menyatakan bahwa tanpa adanya ketiga aspek ini, maka pendidikan karakter berjalan dengan tidak efektif. Selain itu, pelaksanaannya pun harus dilakukan secara continuitas dan sistematis. 

Dengan memberikan pendidikan karakter, seorang anak akan memiliki kecerdasan emosi yang tinggi. Kecerdasan emosi inilah yang menjadi bekal penting bagi mereka untuk menyongsong masa depan. karena dengan kecerdasan emosi, seseorang anak akan mampu menghadapi berbagai macam halangan dan tantangan, termasuk tantangan yang menghambat mereka  ntuk berhasil secara akademis.

Hal ini didukung oleh pendapat Daniel Goleman yang menyatakan bahwa keberhasilan seseorang dalam masyarakat dipengaruhi oleh 80 persen kecerdasan emosi sedangan kecerdasan intelegensi hanya memberikan pengaruh sebesar  20 persen.  

Anak – anak yang kecerdasan emosinya kecil akan mengalami kesulitan dalam belajar, bergaul. Mereka tidak bisa mengontrol emosinya sehingga mereka cenderung memiliki masalah – masalah seperti kenakalan remaja, narkoba, tawuran, minuman keras, seks bebas, dan sebagainya. Apabila mereka tidak segera ditangani, maka mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang bermoral bejat ketika dewasa.  Sebaliknya, anak – anak yang dapat mengontrol emosinya dapat terhindar dari permasalahan – permasalahan teresebut dan tumbuh menjadi pribadi yang baik. 

Meskipun dasar pendidikan karakter ada di dalam keluarga, pendidikan karakter di sekolah juga sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan tidak semua keluarga memberikan pendidikan karakter kepada anak – anaknya yang mungkin di karenakan kesibukan mereka. Selain itu, banyak orang tua yang lebih mementingkan aspek kecerdasan otak dibandingkan kecerdasan emosi. Akibatnya, anak – anak mereka tumbuh dengan pendidikan karakter yang kurang. 

Oleh karena itu, peran sekolah sangat diperlukan untuk membentuk individu – individu yang bermoral melalui pendidika karakter. Dr. Martin Luther King pernah berkata, “Intelligence plus character….that is the goal of true education” yang artinya tujuan akhir dari pendidikan yang sebenarnya adalah kecerdasan plus karakter. 




Karangan di atas adalah contoh karangan eksposisi tentang pendidiikan karakter yang berjudul pentingnya menanamkan pendidikan karakter di sekolah. Intinya, sebuah karangan eksposisi adalah karangan yang tujuannya menyampaikan informasi. 


Nah Sobat, sampai di sini perjumpaan kita kali ini, semoga contoh karangan eksposisi tentang pendidikan ini bisa membantu buat Sobat. Terimakasih telah berkunjung dan temukan pula puluhan artikel menarik lainnya di dalam blog ini.
Sebuah Contoh Karangan Eksposisi tentang Pendidikan Karakter Terbaik | aria nugraha | 5