Contoh Karangan Persuasi tentang Kesehatan Terbaik

.
.
Contoh Karangan Persuasi tentang Kesehatan/Kabut Asap – Halo Sobat! Bagaimana kabarnya ? Baik bukan ? Jumpa lagi dalam artikel kali ini yang masih akan memberikan contoh karangan persuasi. Jika artikel sebelumnya kita menyajikan karangan persuasi tentang lingkungan, kali ini adalah karangan persuasi tentang kesehatan yang berjudul Mari Menghindar dari Menghirup Kabut Asap!

Tanpa berlama – lama lagi, berikut ini adalah karangan persuasi tentang kesehatan:




Mari Menghindar dari Kabut Asap ! 

Kabut asap yang menyelimuti udara telah melewati batas normal bahkan sudah sangat beracun apabila terhirup oleh manusia. Akibatnya, kini kesehatan kita sangatlah rentan karena banyak sekali penyakit yang mulai mengintai seperti insfeksi saluran pernafasan akut (ISPA), bronchitis, bahkan kanker paru – paru.

Oleh karena itu, marilah kita menghindari diri kita agar tidak menghirup asap baik secara langsung maupun tidak langsung. Namun, bagaimanakah caranya agar kita bisa terhindar dari menghirup kabut asap, sementara penyebarannya sudah sangat luas dan banyak di udara ? Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari diri kita dari kabut asap. Cara – cara tersebut antara lain.

Gunakanlah masker ketika berpergian. Masker berfungsi untuk menghalangi asap masuk ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan asap tersebut akan tersaring sehingga zat – zat berbahaya di dalamnya tidak akan ikut masuk ke dalam. Tetapi, jangan menggunakan sembarang masker. Pilihlah masker – masker yang tebal dan memang dikhususkan untuk melindungi diri dari asap. 

Apabila tidak menemukan masker khusus untuk melindungi diri dari kabut asap, Anda bisa mencoba untuk memodifikasi masker. Caranya adalah dengan menambahkan sabut kelapa pada bagian masker, lalu ditutup dengan dijahit oleh kain pada bagian depannya. 

Cara yang kedua adalah tutuplah semua ventilase rumah dengan kain basah. Penggunaan kain basah ini sangat efektif untuk menyaring zat – zat beracun yang ada di dalam kabut asap. Jika semua ventilase rumah telah ditutup, maka kabut asap tidak akan masuk sehingga keluarga bisa terhindar dari kabut asap. 

Cara yang ketiga adalah taruhlah sebuah ember yang berisi air garam di depan rumah. Hal ini dilakukan untuk menciptakan awan hujan buatan. Tetapi, lakukanlah secara serentak dalam jumlah yang banyak dan berkesinambungan. Air yang ada di dalam ember tersebut akan menguap karena panas sehingga terbentuklah awan. Awan inilah yang nantinya akan menjadi hujan dan membersihkan kabut asap dari udara. 

Selanjutnya, sebisa mungkin kurangilah melakukan aktivitas – aktivitas di luar rumah. Lebih baik bagi Anda untuk berdiam diri di dalam rumah selagi kabut asap masih tebal. Jika kita tetap melakukan aktivitas berat di luar rumah, maka itu akan membuat kita sangat rentan akan penyakit. Hal ini dikarenakan tubuh yang kelelahan akan berkurang sistem imunnya sehingga penyakit mudah sekali menyerang. 

Memang sangatlah sulit untuk menghindari kabut asap yang sangat tebal ini. Namun, jika kita berusaha dengan melakukan cara – cara di atas, maka setidaknya kita bisa mengurangi dampak yang ditimbulkan dari kabut asap yang sangat berbahaya ini. Oleh karena itu, marilah kita menjaga diri kita untuk tidak menghirup kabut asap secara langsung demi kesehatan tubuh kita sendiri dengan melakukan cara – cara di atas.




Nah Sobat, demikianlah artikel kali ini mengenai karangan persuasi yang berjudul marilah menghindari kabut asap. Singkatnya, karangan persuasi ini dibuat untuk bertujuan menghimbau atau mengajak seseorang berbuat sesuatu.

Sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat buat Sobat setia pembaca blog kami. Terimakasih atas kunjungannya dan teruslah belajar bersama kami karena kami akan menyajikan puluhan blog yang menarik. 
Contoh Karangan Persuasi tentang Kesehatan Terbaik | aria nugraha | 5