Contoh Karangan Eksposisi Persuasif dan Pembahasan Terbaik

.
.
Contoh Teks Eksposisi Persuasif tentang kesehatan dan PengertianHello Sobat setia Prbhasaindonesia.com ! Jumpa lagi dalam artikel kali ini yang akan membahas tentang salah satu jenis paragraf eksposisi, yaitu eksposisi persuasif. Apakah yang dimaksud dengan eksposisi persuasif ? Berikut ini adalah contoh teks eksposisi persuasif tentang kesehatan. 

Namun, sebelum melihat contoh karangan eksposisi persuasif, ada baiknya kita memahami dahulu jenis karangan yang satu ini. Karangan ekspoisi persuasif adalah karangan eksposisi yang isinya mengajak atau menghimbau para pembacanya. Sedangkan, karangan eksposisi sendiri adalah karangan yang memaparkan informasi – informasi faktual kepada pembaca.

Jadi, karangan eksposisi persuasif adalah karangan yang mengajak para pembaca untuk melakukan atau memperacayai informasi – informasi yang terkandung di dalam karangan tersebut. Nah, langsung saja kita lihat contoh karangan eksposisi tentang kesehatan berikut ini yang berjudul marilah mengenali gejala – gejala stroke sejak dini. 


Teks Eksposisi Persuasif 



Marilah Kenali Gejala Stroke Sejak Dini

Penyakit stroke adalah pembunuh mematikan nomor dua di Indonesia setelah penyakit jantung. Menurut data yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan setiap 5 menit ada orang yang meninggal dikarenakan penyakit ini. Fakta ini membuktikan betapa bahayanya penyakit ini. Meskipun penyakit ini berbahaya, kebanyakan penderita yang meninggal akibat stroke adalah karena kurangnya pengetahuan mengenai gejala awal penyakit ini. Biasanya penderita yang meninggal telah mengalami kerusakan yang parah pada sistem sarafnya. 

Padahal, resiko kematian bisa dicegah, apabila kita mengetahui gejala – gejala awal stroke sedini mungkin. Oleh karena itu, agar kita bisa terhindar dari kematian dan juga bisa menyelamatkan orang lain di sekitar kita, mari kita kenali gejala – gejala awal penyakit stroke.

Cara mengenali gejala awal penyakit stroke yang pertama adalah dengan meminta orang yang kita curigai untuk tersenyum. Orang yang terkena storke akan merasa kesulitan untuk tersenyum. Meskipun bisa, senyum yang dibuat tidaklah sempurna. Biasanya mereka hanya bisa mengangkat sebagian bibir saja sedangkan bagian yang lain kaku. 

Cara yang kedua, mintalah orang tersebut untuk mengatakan kalimat – kalimat sederhana. Misalnya, tanya tentang kabar, atau tanya tentang pakaian yang ia kenakan hari ini. Orang yang terkena stroke akan mengeluarkan kalimat – kalimat yang tidak jelas. Dengan kata lain, pelo. 

Cara yang ketiga, mintalah orang tersebut untuk mengangkat kedua tangangnya secara bersamaan. Orang yang terkena penyakit stroke tidak bisa melakukan hal tersebut. Mereka hanya bisa mengangkat salah satu tangannya. Hal ini dikarenakan penderita penyakit stroke mengalami kerusakan pada sistem saraf motorik yang ada pada bagian otak kita. 

Cara yang terakhir, mintalah orang tersebut untuk menjulurkan lidahnya. Jika lidahnya miring ke satu sisi atau menekuk, orang tersebut dipastikan terkena penyakit stroke. Hal inilah yang menyebabkan mereka susah untuk berbicara. 

Apabila orang yang kita curigai tersebut mengalami setidaknya satu gejala di atas, maka segeralah memanggil ambulance atau dokter. Menurut seorang kardiolog, dengan melakukan tindakan yang cepat kepada para penderita gejala stroke, kita bisa mencegahnya mengalami kelumpuhan total dan bahkan menyelamatkan nyawa mereka dari kematian. 

Oleh karena itu, janganlah berpikiran buruk ketika melihat seseorang berperilaku aneh yang menunjukkan setidaknya satu gejala penaykit stroke, karena kemungkinan mereka tengah membutuhkan pertolongan, dan respon cepat yang bisa menyelamatkan dirinya.






Contoh teks di atas adalah teks eksposisi persuasif. Teks tersebut mengajak pembaca untuk mengetahui informasi - informasi penting mengenai gejala awal stroke. Singkatnya, teks atau karangan eksposisi persuasif adalah karangan yang mengajak atau menghimbau pembaca untuk melakukan atau mempercayai informasi - informasi yang dijabarkan. 


Sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda. Terimakasih telah berkunjung dan membaca blog kami. Sobat bisa terus belajar bersama kami melalui artikel - artikel menarik lainnya. 
Contoh Karangan Eksposisi Persuasif dan Pembahasan Terbaik | aria nugraha | 5