Bacalah Contoh Pidato Hari Guru Nasional Terbaik !

.
.
Teks Pidato Singkat Memperingati Hari Guru Nasional - Halo Sobat, Guru adalah seorang pahlawan yang sangat berjasa bagi hidup kita. Untuk itulah kita harus menghormati bapak ibu guru kita. 

Untuk memperingati hari guru nasional, artikel kali ini akan menyajikan sebuah contoh teks pidato memperingati hari guru nasional. Baiklah, tanpa berlama - lama lagi, berikut ini adalah teks pidato hari guru nasional.


Teks Pidato Hari Guru Nasional


Assalamualaikum wr. wb ! 
Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi Kita Semua !

Kepada yang terhormat Bapak Kharis Munandar, M. Pd selaku kepala SMAN 41 Bandar Lampung
Kepada yang terhormat Ibu Arthadina Julianda, M. Pd selaku wakil kepala SMAN 41 Bandar Lampung
Kepada yang terhormat bapak/ibu guru dan seluruh staff SMAN 41 Bandar Lampung
Serta teman – teman yang saya banggakan

Pertama – tama marilah kita panjatkan rasa puja dan puji kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Syukur Alhamdulillah berkat rahmat serta karunianya kita semua bisa berkumpul di pagi hari yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat.

Tak lupa shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan kita Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita keluar dari jaman jahiliyah menujun zaman islam. Semoga kita semua bisa mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir kelak Amin.

Di hari yang cerah ini, Izinkanlah saya menyampaikan sebuah pidato dalam rangka memperingati hari guru nasional yang jatuh pada hari ini untuk mengingatkan kita betapa berjasanya guru – guru di dalam hidup kita.

Hadirin yang berbahagia

Guru adalah orang yang paling berjasa di dalam hidup ini setelah orang tua. Merekalah yang mengajarkan kita berbagai hal dari membaca hingga berhitung. Tanpa mereka tidak akan ada ilmuan, dokter, para ahli hukum, bahkan presiden sekalipun. Mereka semua berhasil menggapai cita – cita mereka berkat kerja keras guru dalam mendidik mereka siang dan malam.

Sungguh amat sangat besar jasa para guru – guru kita, bahkan milyaran uang pun belum mampu membalas jasa – jasanya. Lalu, bagaimanakah caranya untuk membalas jasa mereka ? Untuk membalas jas mereka kita tidak perlu membayar, tetapi hanya dengan menjadi orang yang sukses dan tetap mengingatnya pun sudah merupakan kebangggaan bagi mereka.

Melihat anak didiknya sukses merupakan kebanggaan luar biasa yang bisa mereka rasakan. Mereka merasa hasil kerja keras mereka selama ini tidak sia – sia karena anak didiknya telah bisa menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Hadirin yang berbahagia

Guru merupakan ujung tombak dalam perjuangan suatu Negara. Mengapa demikian ? Karena gurulah yang akan mempersiapkan para calon – calon penerus bangsa. Tanpa mereka niscaya tidak akan ada masa depan bagi suatu bangsa.

Bahkan Kaisar Jepang ketika negerinya luluh lantah dibom atom oleh Amerika mempertanyakan satu hal kepada para menteri – menterinya. Bukan berapa jumlah harta yang tersisa dan bukan pula berapa tentara yang masih hidup, tetapi ia mempertanyakan berapa jumlah guru yang selamat.

Kaisar Jepang tersebut sadar bahwa yang bisa membangkitakan Negaranya dari kehancuran bukanlah uang atau tentara yang sangat banyak, tetapi hanya gurulah yang mampu mewujudkannya.

Hadirin yang berbahagia

Mulianya seorang guru berbanding terbalik dengan nasib mereka di negeri ini. Saat ini banyak sekali guru – guru yang keadaannya sangat memprihatinkan, terutama di daerah – daerah terpencil. Masih banyak guru – guru yang kurang sejahtera hidupnya, dan masih banyak pula guru – guru yang sudah berpuluh – puluh tahun mengabdi tetapi tidak diangkat – angkat menjadi pegawai negeri sipil. Hal ini sungguh sangat ironis mengingat bahwa peran guru adalah sebagai ujung tombak bangsa ini. 

Hadirin yang berbahagia

Marilah kita mengucapkan rasa terimakasih kita kepada para guru kita yang telah mendidik kita, yang telah mengajarkan kita berbagai hal karena tanpa mereka kita semua bukanlah apa – apa. 

Wahai bapak ibu guruku meski nasibmu kini kurang mendapat perhatian dari pemerintah, tetapi Engkau mendapat perhatian yang lebih di mata Tuhan Yang Maha Esa. Semoga Engkau selalu berada dalam lindungannya, semoga Engkau mendapatkan kesehatan agar Engkau senantiasa mampu menjalankan tugas mulia untuk mendidik anak – anak bangsa.

Hadirin yang berbahagia

Sampai di sini  idato yang bisa saya sampaikan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, semoga apa yang telah saya sampaikan ini bisa mengingatkan kita semua betapa berjasanya seorang guru di dalam kehidupan kita. 

Cukup sekian dari saya. Apabila terdapat kesalahan – kesalahan atau singungan – singgungan dalam menyampaikan pidato ini saya mohon maaf. Saya juga mengucapkan terimakasih atas perhatiannya dan saya akhiri Wasalamualaikum wr. wb. 





Demikianlah contoh pidato memperingati hari guru nasional terbaik ini. Semoga contoh teks pidato singkat hari guru nasional ini bisa mengingatkan kita betapa mulia dan berjasanya peran guru di dalam kehidupan kita.

Sampai di sini perjumpaan kita kali ini dalam artikel contoh teks pidato pendek hari guru nasional terbaik. Semoga contoh teks pidato guru ini bisa bermanfaat bagi Sobat semua.

Terimakasih telah berkunjung dan temukan pula puluhan artikel menarik lainnya di dalam blog ini. 
Bacalah Contoh Pidato Hari Guru Nasional Terbaik ! | aria nugraha | 5