Inilah Contoh Pidato Hari Pahlawan Nasional Terbaik

.
.
Contoh Pidato Nasional tentang Hari Pahlawan - Halo Sobat, dalam rangka memperingati hari pahlawan nasional, artikel kali ini akan menyajikan sebuah contoh contoh teks pidato nasional hari pahlawan nasional.  

Berikut ini adalah contoh teks pidato nasional singkat dalam rangka memperingati hari pahlawan nasional. 



Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Kepada yang terhormat Bapak Aria Nugraha, M. Pd selaku kepala sekolah SMAN 1 Angkasa Tinggi
Yang terhormat Bapak Chairul Ichwan, M. Pd selaku wakil kepala sekolah SMAN 1 Angkasa Tinggi
Yang terhormat bapak ibu dewan guru beserta seluruh staff SMAN 1 Angkasa Tinggi
Serta siswa – siswi SMAN 1 Angkasa Tinggi yang berbahagia

Pertama – tama marilah kita panjatkan rasa puja dan puji syukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas rahmat serta inayahnya kita mampu berkumpul dalam aula ini dalam keadaaan sehat walafiat tanpa kekurangan sedikit pun. 

Kemudian marilah kita sampaikan shalawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi besar Muhammad SAW karena berkatnya lah kita mampu menikmati nikmat islam yang luar biasa ini. Semoga kita mendapatkan syafaatnya di Yaumil Akhir kelak. 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato dalam rangka memperingati hari pahlawan nasional yang jatuh pada hari ini. Semoga apa yang akan saya sampaikan ini bisa bermanfaat buat kita semua. 

Hadirin yang saya hormati,

Hari ini 10 November adalah hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Di hari inilah terjadi sebuah peristiwa yang sangat besar yang menentukan nasib bangsa kita. Pada saat itu terjadi sebuah peperangan besar antara para pejuang kita melawan Belanda dan sekutunya. Peperangan ini terjadi karena tewasnya jenderal mereka, Wallaby ketika melakukan iring – iringan di kota Surabaya. 

Atas kejadian ini belanda murka dan mengeluarkan ultimatum kepada seluruh pejuang Indonesia untuk menyerahkan diri. Mereka juga berjanji akan menyerang Surabaya dari darat, udara, dan laut apabila mereka tidak menyerah. 

Menanggapi ancaman itu, para pejuang, arek – arek suroboyo tidak sudi menyerahkan diri. Mereka memilih untuk mati daripada menyerah. Di saat suasana yang tengah genting itu, seorang pemuda maju ke atas podium untuk membakar semangat para pejuang. Dia adalah Bung Tomo. 

Dengan semangat yang membara dia memekikkan lebih baik mati daripada menyerah. Atas perbuatannya itu, semua pejuang Surabaya terbakar semangatnya dan turun ke jalan melawan para penjajah. 

Mereka mendapat perlawanan sengit dari Belanda dan Sekutu yang menyerang dari darat, udara, dan laut dan para pejuang kita tidak gentar. Pertempuran itu berlangsung dalam beberapa hari dan memakan banyak korban di pihak kita. 

Meskipun saat itu kita kalah, namun peristiwa tersebut membangkitkan semangat para pejuang di daerah lain untuk mengangkat senjata dalam mempertahankan bangsa ini. Selain itu, peristiwa ini juga membuka mata dunia bahwa Indonesia masih memiliki para pejuang yang cinta akan tanah airnya. 

Hadirin yang berbahagia, 

Sebagai para penerus generasi bangsa ini, kita harus meniru semangat juang mereka untuk mempertahankan bangsa. Mereka berani mengangkat senjata dan rela mengorbankan jiwa dan hartanya demi Indonesia. Oleha karena itu, Kita harus berjuang mempertahankan bangsa ini dari rongrongan bangsa lain yang ingin menguasai Indonesia.

Meskipun saat ini negeri kita sudah merdeka, ini bukan berarti perjuangan telah usai. Namun, justru perjuangan kita lebih berat untuk mengisi kemerdekaan ini. Sebagai anak bangsa kita bisa berprestasi mengharumkan bangsa ini dan membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang kuat.

Selain itu, sebagai anak bangsa, janganlah melupakan jasa – jasa para pahlawan yang telah gugur merelakan nyawa dan hartanya demi bangsa. Semoga mereka Syahid dan mendapatkan tempat yang terbaik di alam sana.

Hadirin yang berbahagia, 

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan kali ini. Sebelum saya mengakhiri pidato ini, sekali lagi saya berpesan marilah kita menjaga warisan yang telah diberikan oleh para pahlawan kita dan juga marilah kita teladanai semangat juang mereka dan rasa cinta tanah air yang sangat tinggi.

Saya memohon maaf jika dalam penyampaian pidato ini ada kesalahan atau menyinggung perasaan orang lain. Terimakasih atas perhatiannya saya akhiri
Wassalamualaikum wr. wb. 




Nah Sobat, demikianlah pidato singkat kali ini untuk memperingati hari nasional. Pidato ini adalah pidato untuk memperingati hari pahlawan nasional. 

Semoga pidato memperingati hari pahlawan nasional ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat buat Anda. Terimkasih atas kunjunganya dan temukan pula puluhan artikel menarik lainnya dalam blog ini. 
Inilah Contoh Pidato Hari Pahlawan Nasional Terbaik | aria nugraha | 5