Karangan Persuasi Mari Menanam Pohon Terbaik

.
.
Contoh Artikel Karangan Persuasi Mari Menanam Pohon - Halo Sobat pembaca Prbahasaindonesia yang setia, artikel kali ini akan menyajikan sebuah karangan persuasi yang berjudul marilah menanam pohon.

Karangan ini memberikan penjelasan akan pentingnya pohon bagi kehidupan sekaligus mengajak untuk melestarikan pepohonan. Baiklah, berikut ini adalah sebuah karangan persuasi tentang ajakan menanama pohon, selamat membaca ! 


Mari Menanam Pohon

Saat ini bumi kita telah menjadi bumi yang kering dan gersang dikarenakan berkurangnya pepohonan – pepohonan baik di lingkungan sekitar kita mapun di hutan – hutan belantara. Pohon – pohon tersebut dengan rakus ditebangi oleh pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab dengan berbagai macam tujuan, seperti illegal loging, pembukaan hutan sebagai tempat berladang, aktivitas perusahaan, dan lain sebagainya. Mereka tidak menyadari bahwa perbuatan tersebut dapat menimbulkan berbagai macam kerusakan di bumi ini, seperti tanah longsor, polusi udara, bahkan pemanasan global. 

Sebenarnya, pepohonan merupakan salah satu sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan, tetapi apabila terus diekspolitasi secara besar - besaran tanpa adanya penanaman kembali, maka lama kelamaan pepohonan akan habis. Padahal pepohonan memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan ini. Beberapa manfaat yang diberikan oleh pepohonan bagi kita antara lain: 

Menyimpan cadangan air dan mencegah erosi

Pepohonan berfungsi sebaagi penahan laju air. Berdasarkan penelitian, hutan dapat menyerap air lebih banyak, sekitar 60-80 %. Oleh sebab itu, keberadaan pohon bisa meningkatkan cadangan air  di dalam tanah. Disamping dapat menahan laju air, akar pohon dapat mencegah tanah erosi, sehingga meskipun hujan turun dengan sangat deras, struktur tanah tidak akan tergoyah karena dicengkram oleh akar pepohonan.  

Menjaga kesuburan tanah

Tanah yang subur ada di bagian atas permukaan bumi, sehingga apabila terkena air hujan lapisan tanah yang berhumus tersebut akan menjadi tergerus, akibatnya tanah akan kehilangan kesuburannya. Namun, apabila ditanami pepohonan, tanah – tanah yang subur tidak akan tergerus, tetapi tertahan oleh bagian pepohonan, seperti ranting, dan dedaunan yang jatuh.  

Menghasilkan oksigen 

Pepohonan dapat menghasilkan oksigen yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernafas. Oksigen tersebut dihasilkan dari proses fotosintesis. Pada proses fotosintesis ini, tumbuhan akan mengambil karbon dioksida di udara dan mengubahnya menjadi oksigen yang akan dilepaskan ke udara. 

Karbondioksida adalah gas yang sangat beracun bagi manusia. Selain itu, Apabila zat ini berada di udara dalam jumlah yang sangat banyak, maka akan menyebabkan efek rumah kaca. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap 1 hektar hutan tropis  mampu mengubah 3,7 ton karbondioksida menjadi 2 ton oksigen.

Menciptakan lingkungan yang nyaman

Pepohonan yang lebat dan rindang dapat menjadikan lingkungan terasa sejuk, indah dan nyaman. Selain itu, lingkungan juga dapat mencegah kebisingan dan panas dari suasana kota. Hal ini dikarenakan proses evapotrenspirasi yang terjadi pada tanaman. Proses ini menyebabkan suhu di sekitarnya bisa menjadi lebih rendah dan kadar kelembapannya disekitarnya meningkat.

Mengurangi polusi udara

Aktivitas – aktivitas produksi menghasilkan banyak sekali asap tebal nan pekat yang mengandung karbondioksida. Begitu pula, dengan asap yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor dan proses pembakaran menggunakan minyak yang menghasilkan polusi di udara. 

Polusi tersebut mengandung zat – zat berbahaya, seperti karbondioksida, sulfur dioksida dan asam sulfat. Zat-zat tersebut akan menjadi hujan asam apabila tercampur dengan air hujan. Hujan asam inilah yang akan menyebabkan korosi pada bagian bangunan dan juga membahayakan kesehatan tubuh, terutama kulit.

Berdasarkan penjabaran – penjabaran di atas, sudah jelasa bahwa pohon memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita selain sebagai bahan baku industri. Oleh karena itu, marilah kita menjaga kelesatarian pepohonan dengan cara tidak menebangnya secara sembarangan. Selain itu, ayo kita lakukan program reboisasi, yaitu penanaman kembali pepohonan, supaya kita semua terhidar dari kerusakan – kerusakan akibat dari hilangnya pepohonan. 



Nah Sobat, demikianlah artikel persuasi ayo menanam pohon. Intinya, pepohonan sangatlah bermanfaat bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, mari kita menanam pepohonan mengingat pentingnya pohon bagi kita.

Sampai di sini perjumpaan kita kali ini tentang karangan persuasi untuk mengajak pembaca menanam pohon. Semoga artike ajakan menanam pohon ini bisa bermanfaat bagi Sobat semua. Terimakasih telah membaca dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di dalam blog ini.
Karangan Persuasi Mari Menanam Pohon Terbaik | aria nugraha | 5