Pengertian Opini pada Surat Kabar serta Contohnya

.
.
Artikel Opini pada Surat Kabar tentang Terorisme - Pernahkah Sobat Melihat dan membaca tulisan opini di dalam sebuah surat kabar atau majalah ? Kolom opini pada surat kabar itu adalah sebuah tempat yang dikhususkan untuk tulisan berupa pendapat pribadi mengenai sebuah permasalahan yang sedang hangat - hangatnya terjadi di masyarakat. 

Kolom ini diisi atau ditulis oleh penulis lepas, bukan wartawan ataupun redaktur dari surat kabar atau majalah itu sendiri. Biasanya orang - orang yang menulis adalah orang yang memiliki kemampuan atau keahlian dalam bidang tersebut. Oleh karena tulisan ini merupakan pendapat pribadi, opini pada surat kabar atau majalah bersifat subyektif. 

Nah Sobat, berikut ini adalah contoh opini pada sebuah surat kabar atau majalah tentang teorisme yang tengah menjadi perbincangan hangat di masyarakat akhir - akhir ini. 


Terorisme Bukanlah Pembela Agama

Kejadian memilukan yang terjadi di Paris baru – baru ini sangat menggemparkan dunia. Betapa tidak ? puluhan jiwa melayang akibat aksi kekerasan yang dilakukan oleh sekelompok teroris yang mengatasnamakan Islam. Kelompok tersebut menganggap perbuatan mereka itu semata – maat untuk membela agama. Padahal, apa yang mereka lakukan itu tidaklah benar karena agama islam sendiri tidak pernah mengajarkan kekerasan. 

Hal ini bisa kita lihat dari bagaimana Nabi Muhammad menyebarkan agama Islam. Apakah beliau memakai kekerasan ? Jawabannya tidak. Nabi Muhammad menyebarkan agama islam dengan jalan damai. Dia memberikan contoh kepada dunia melalui perkataan dan tingkah lakunya yang menggambarkan bahwa Islam itu indah. Meskipun beliau selalu mendapatkan penolakan bahkan kekerasan, tidak sekalipun beliau membalasnya. Bahkan beliau masih mendoakan mereka. 

Dari sini semestinya kita berpikir bahwa apakah benar kelompok tersebut adalah pembela agama islam ? ataukah mereka itu adalah sebuah produk dari konspirasi dunia yang ingin menghancurkan agama ini, sehingga citra Islam di mata dunia akan runtuh. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa agama Islam sangat pesat akan perkembangannya. Hal ini membuat takut sebagian orang, musuh – musuh islam. Mereka takut dengan perkembangan agama ini yang begitu pesat yang dapat menggeser keberadaan mereka, sehingga mereka ingin menghancurkan agama ini dari dalam dengan menyebarkan paham – paham yang salah. Akibatnya, banyak orang yang terjerumus karena iman mereka yang kurang.   

Jika memang Jihad adalah tujuan utama mereka, seharusnya mereka membela saudara – saudara yang sedang mengalami musibah, seperti di Syria, Palestina, dan lain – lain, bukan dengan menteror orang – orang yang tidak bersalah dan membuat kepanikan di seluruh dunia. Paham – paham ini seharusnya dibuang jauh – jauh dari benak kita karena sejatinya berjihad adalah membela agama bukan malah menyerang dan membunuh orang lain. 

Semua agama pasti tidak memperbolehkan umatnya membunuh karena perbuatan itu adalah perbuatan yang sangat keji, sehingga bisa dipastikan bahwa para teroris tersebut adalah orang – orang yang tidak memiliki agama. Agama diciptakan untuk membuat kehidupan ini menjadi lebih terarah dan damai, bukannya untuk meneror apalagi membunuh sesama manusia. Meskipun agama berbeda – beda, tetapi jika kita memiliki tingkat toleransi yang tinggi, maka perdamaian akan terwujud di dunia ini bahkan perdamaian yang luar biasa indahnya karena perbedaan sangatlah indah.   

Oleh karena itu, paham terorisme sangatlah berbahaya. Paham ini bisa memicu kekerasan bahkan peperangan dunia. Selain itu, semua tindakan yang dilakukan dengan cara meneror dan membunuh tidaklah dibenarkan dalam agama apa pun, terkecuali untuk membela dan melindungi diri. 




Demikianlah pengertian dan contoh opini pada surat kabar atau majalah. Intinya, kolom opini pada surat kabar atau majalah adalah kolom yang berisi tulisan - tulisan pendapat pribadi seorang penulis lepas mengenai masalah yang sedang dibicarakan oleh masyarakat luas. 

Sampai di sini perjumpaan kita kali ini pada pembahasan mengenai opini pada surat kabar atau majalah. Terimakasih telah membaca dan berkunjung, semoga artikel opini dalam surat kabar atau majalah ini bisa bermanfaat. 

Teruslah belajar bersama kami karena kami akan menyajikan puluhan artikel - artikel menarik lainnya. 
Pengertian Opini pada Surat Kabar serta Contohnya | aria nugraha | 5