Baca Esai Argumentatif tentang Kenakalan Remaja !

.
.
Contoh Esai tentang Kenakalan Remaja Singkat - Halo Sobat, Artikel kali ini akan menyajikan sebuah esai tentang kenakalan remaja. Esai kali ini berbicara tentang cara menanggulangi penyalahgunaan narkoba bagi remaja. 

Baiklah, tanpa berlama - lama lagi berikut ini adalah contoh esai tentang narkoba yang berjudul mencegah penyalahgunaan narkoba bagi para remaja. Selamat membaca!



Pencegahan Narkoba bagi Para Remaja


Remaja merupakan perubahan  masa anak menuju dewasa. Dalam peralihannya, anak- anak mengalami proses pengembangan. Dalam prosesnya ada yang berlangsung baik dan ada yang tidak baik. Di zaman sekarang ini banyak remaja yang yang terlibat dalam kenakalan remaja. Hal tersebut terjadi biasanya karena pergaulan dengan teman sebayanya. Salah satu bentuk kenakalan remaja adalah narkoba. Narkoba adalah obat- obatan terlarang yang membahayakan para pemakainya. Oleh sebab itu, diperlukan pencegahan sejak awal agar bahaya narkoba tidak merambat ke banyak remaja. Upaya mencegah penyalahgunaan Narkoba dapat dilakukan melalui beberapa cara. Adapun cara – cara tersebut adalah sebagai berikut.  

Meningkatkan iman dan taqwa melalui pendidikan agama baik di sekolah maupun di dalam masyarakat. Dengan memiliki iman yang kuat, maka para remaja mampu membedakan mana perbuatan baik dan buruk, sehingga mereka bisa menjaga dirinya terjerumus ke dalam lingkaran setan narkoba.  

Meningkatkan peran keluarga melalui perwujudan keluarga sakinah. Peran keluarga sangatlah penting karena keluarga adalah tempat seorang anak dalam belajar. Oleh sebab itu, orang tua perlu membina dan mendidik anaknya agar menjadi lebih baik. Memberikan kebebasan kepada anak untuk berteman dan memberikan banyak pengetahuan tentang bahaya berteman dengan orang yang salah dan memberikan informasi tentang bahaya narkoba. Selain itu, orang tua juga harus mengontrol pergaulan anak di luar.  Orang tua bertugas memberikan kasih sayang, perhatian, teladan yang baik, menanamkan nilai agama, nilai sosial, disiplin, mandiri, dan bertanggung jawab. Orang tua juga harus menanamkan tentang larangan- larangan dalam agama, dengan begitu anak akan merasa takut dan berdosa bila melanggar aturan dalam agama. 

Melakukan pencegahan dengan cara melakukan pembinaan, pengawasan dalam keluarga, penyuluhan oleh pihak yang kompeten baik di sekolah dan masyarakat, pengawasan tempat-tempat hiburan malam oleh pihak keamanan, pengawasan distribusi obat-obatan ilegal dan melakukan tindakan-tindakan yang bertujuan untuk mengurangi terjadinya penyalahgunaan Narkoba.

Secara Represif (penindakan) dilakukan dengan cara menindak dan memberantas penyalahgunaan narkoba melalui jalur hukum, pemberantasan  dilakukan oleh para penegak hukum yang didukung  oleh masyarakat. Jika  masyarakat mengetahui hal tersebut harus segera melaporkan kepada pihak yang berwajib.

Melakukan pengobatan untuk orang yang terkena narkoba. Tindakan ini bertujuan penyembuhan para korban dan menghilangkan kecanduannya terhadap obat terlarang atau narkoba. Di Indonesia sendiri sudah banyak tempat-tempat penyembuhan dan rehabilitasi bagi para pecandu narkoba sehingga mempermudah penangan orang- orang yang terkena narkoba.

Rehabilitasi yang dilakukan untuk pengobatan jika para korban tidak kambuh kembali “ketagihan” Narkoba. Rehabilitasi berupaya untuk menyantuni dan memperlakukan secara wajar para korban narkoba agar dapat kembali ke masyarakat dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. 

Apabila kita menemui teman yang kecanduan narkoba, kita tidak boleh menjauhinya. Mantan pecandu narkoba harus diperlakukan secara wajar agar dia bisa berbaur kembali dengan orang seperti dahulu sebelum memakai narkoba. Tindakan merangkul kembali korban narkoba ini juga  dapat mencegah korban narkoba agar tidak terjerumus kembali ke dalam dunia narkoba yang berbahaya. 

Mengajak para mantan pecandu narkoba ke dalam kegiatan positif yang dapat mengembangkan potensi dirinya agar menjadi orang yang lebih berkembang dan dapat meningkatkan kualitas dirinya agar lebih baik. Mereka juga memiliki masa depan yang harus dilalui. Oleh sebab itu, mereka harus bangkit dan menata kembali masa depannya agar menjadi lebih baik dan terhindar dar masa lalu narkoba yang berbahaya.




Demikianlah contoh esai singkat kali ini tentang kenakalan remaja. Semoga artikel esai singkat yang berjudul pencegahan narkoba bagi para remaja ini bisa bermanfaat buat Sobat semua.

Sampai di sini perjumpaan kita kali ini dalam artikel tentang contoh esai singkat. Terimakasih telah membaca dan temukan artikel menarik lainnya di dalam blog ini. 
Baca Esai Argumentatif tentang Kenakalan Remaja ! | aria nugraha | 5