Baca Contoh Esai Argumentatif tentang Korupsi Terbaik !

.
.
Contoh Esai Argumentatif tentang Korupsi Terbaik - Hay Sobat, berjumpa lagi dalam artikel kali ini yang akan menyajikan sebuah contoh esai argumentatif tentang korupsi yang berjudul Cara Mencegah Korupsi. Esai berikut ini menampilkan pendapat - pendapat dalam mencegah korupsi. 

Tanpa berlama - lama lagi, berikut ini adalah contoh esai argumentatif tentang korupsi yang berjudul cara mencegah korupsi, Selamat membaca !




Cara Mencegah Korupsi

Korupsi adalah hal yang meresahkan di negara kita. Sebab, korupsi dapat menjadi kehancuran sebuah negara.  Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, korupsi adalah kegiatan penyelewengan dana untuk kepentingan pribadi dan orang lain. Namun, di sisi lain korupsi tidak hanya berbentuk uang tepai juga dapat berbentuk waktu. Korupsi memiliki dampak negarif, karena korupsi bersifat merugikan baik negara atau pihak instansi tempat pelaku korupsi bekerja.  Korupi merupakan kegiatan melawan hukum karena menyalahgunakan wewenang dengan tujuan memperkaya diri dan orang lain sehingga merugikan perekonomian negara atau instansi tententu. 

Hal- hal yang dapat menyebabkan korupsi adalah pengambilan kepurusan yang tidak didasarkan pada rakyat atau anggota instansi tertentu, tidak adanya keterbukaan dalam mengambil keputusan, pengeluaran biaya kampanye yang berlebihan, adanya program kerja yang menggunakan uang rakyat secara berlebihan, lemahnya hukum, adanya niat pelaku dan kesempatan untuk korupsi. 

Pada akhirnya, korupsi dapat merugikan rakyat. Mereka akan mengalami kesusahan dan tidak disejahterakan. Selain itu pembangunan ekonomi negara juga akan terhambat. Begitu bahayanya dampak korupsi ini, sehingga para pendidik harus bisa menanamkan nilai yang luhur bagi peserta didiknya. Dengan pendidikan yang baik dengan pembelajaran karakter di dalamnya dapat menjadikan generasi penerus bangsa yang terbebas dari bibit korupsi yang merugikan. Adapun cara yang dilakukan untuk menanggulangi korupsi di pendidikan adalah sebagai berikut.

Penanaman nilai agama pada peserta didik

Agama mengajarkan hal- hal yang baik, salah satunya melarang adanya tindakan korupsi. Apabila seseorang melakukan korupsi maka akan mendapat dosa. Pemberian pemahaman kepada peserta didik akan dosa korupsi akan menjadikan mereka lebih berpengetahuan sehingga tidak melakukan tindakan korupsi karena takut dosa.

Pembelajaran tentang hukum  dan politik di dalam kelas

Pembelajaran tentang hukum dan politik penting bagi peserta didik. Adanya pembelajaran tentang hukum akan menambah pengetahuan tentang hukum- hukum korupsi. Adanya pengetahuan hukum korupsi ini akan membuat peserta didik takut kepada hukum dan tidak akan melakukan korupsi. Pembelajaran ini dilakukan pada pembelajaran PKn. 

Seharusnya upaya pemberantasan korupsi tidak hanya pada bidang pendidikan  sebagai pembentuk generasi bangsa. Untuk saat ini, pemerintah dan badan hukum lebih meningkatkan hukum negara pada bidang tindak korupsi agar menimbulkan efek jera bagi pelakunya dan menimbulkan efek takut pada calon pelakunya. Prinsip keterbukaan menjadi hal penting dalam penerapan. Sebab, keterbukaan akan menunjukkan jalannya pemerintah secara bebas tanpa ada yang ditutupi sehingga sistim pemerintahan dapat berjalan lebih baik lagi. 

Dalam penindakan korupsi tidak hanya badan hukum saja yang berwenang mengawasi, tapi masyarakat juga memiliki hak untuk mengawasi dan melaporkan tindakan korupsi yang diketahuinya kepada pihak yang menangani kasus korupsi. Pelaporan tidak boleh pilih kasih, artinya semua pihak yang melakukan korupsi baik pejabat atau masyarakat biasa wajib mendapat tindakan hukum apabila melanggar hukum atau melakukan korupsi.  

Pemberantasan korupsi ini dilakukan agar negara terhindar dari korupsi dan pembangunan nasional berlangsung baik. pemberantasan korupsi pada pelaku korupsi bertujuan agar pelaku tidak melakukan tindakan korupsi. Apabila korupsi tidak diberantas, maka pelaku akan terus melakukan korupsi secara bebas. Korupsi dilakukan tanpa menghormati dan mentaati hukum sehingga korupsi menjadi budaya atau hal biasa.  Jika terjadi hal demikian, pelaku tidak akan memiliki rasa malu atas perbuatannya, semakin menghianati kepercayaan, dan melakukan banyak penipuan ketika menjalankan perintah.

Berdasarkan pembahasan di atas, sangatlah jelas diketahui bahwa korupsi berbahaya bagi negara karena dapat mengganggu pembangunan nasional. Oleh karena itu, korupsi harus dicegah dengan cara menanamkan nilai - nilai agama dan hukum bagi pelajar dan memberikan hukum yang berat bagi para pelaku korupsi.



Demikianlah artikel kali ini yang menyajikan sebuah contoh esai argumentatif tentang korupsi yang berjudul cara mencegah korupsi. Semoga esai tentang korupsi ini bisa menjadi referensi yang baik buat Sobat. 

Sampai di sini perjumpaan kita kali ini dalam artikel contoh esai argumentatif cara mencegah korupsi. Terimkasih telah membaca dan temukan pula artikel menarik lainnya dalam blog ini.
Baca Contoh Esai Argumentatif tentang Korupsi Terbaik ! | aria nugraha | 5