Contoh Esai Penggunaan Internet dalam Proses Pembelajaran Terbaik

.
.
Contoh Esai Tekhnologi tentang Pemanfaatan Internet sebagai Bahan Ajar - Apa Kabar Sobat ? Jumpa lagi dalam artikel kali ini yang akan menyajikan sebuah contoh esai mengenai manfaat internet, seperti media sosial bagi proses pembelajaran. 

Nah, tanpa berlama - lama lagi, berikut ini adalah sebuah contoh esai yang berjudul internet dalam pembelajaran, selamat membaca !



Contoh Esai 


Internet dalam Pembelajaran

Pendidikan merupakan alat yang digunakan untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Guru memiliki peran penting dalam pendidikan dan dalam pembelajaran di kelas. Guru adalah juru kunci dalam pembelajaran. Mengapa demikian?. Guru sebagai fasilitator yang menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. 

Guru dalam menyampaikan materi tidak terlepas dari media dan sumber belajar. Dalam hal ini, perkembangan teknologi dan informasi (TIK) juga menjadi penunjang dalam pembelajaran.  Peran dan pengaruh  teknologi dan informasi (TIK) ini sangat besar bagi kehidupan menusia, lebih khususnya bagi peserta didik dan guru. Adanya teknologi dan informasi (TIK) ini dapat menunjang pembelajaran berlangsung kreatif dan inovatif. Adapun salah satu yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah internet.

Pembelajaran berbasis internet ini menuntut guru untuk memiliki keterampilan dibidang teknologi dan informasi. Selain itu, dukungan dari sekolah juga berperan untuk mewujudkan pembelajaran berbasis internet. Tanpa dukungan sekolah dan kreatifitas guru dalam mewujudkan pembelajaran berbasis internet tidak akan ada peningkatan kualitas pembelajaran. Pembelajaran berbasis internet diharapkan mampu membuat pembelajaran menjadi aktif, kreatif, dan memotivasi peserta didik untuk mencari hal- hal yang baru. 

Melalui internet guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan  mudah. Begitu pun juga peserta didik, mereka akan mudah menerima materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Pembelajaran berbasis internet dilakukan dengan memanfaatan aplikasi pendidikan dalam internet sebagai sarana penunjang pembelajaran secara tepat. Oleh sebab itu, diperlukan penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran, seperti komputer, LCD, dan sebagainya. 

Salah satu contoh penggunaan media internet adalah pembelajaran melalui e- mail . Dengan e- mail guru dan peserta didik dapat berkomunikasi melalui tulisan dari jarak yang jauh. Selain itu, internet menghadirkan alat pembelajaran seperti e- library yang merupakan perpustakaan online yang berisikan banyak informasi tentang ilmu pengetahuan dan membuat peserta didik lebih mudah dalam mengakses sumber pengetahuan dalam waktu yang luas. Dengan begitu  peserta didik mampu memeberantas keterbatasannya dalam menemukan pengetahuan baru.

Pembelajaran internet ini bukan menjadi pembelajaran pokok. Pembelajaran internet dapat terwujud melalui perangkat pembelajaran seperti RPP, silabus, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Penerapan pembelajaran internet ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. 

Misalnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan KD (kompetensi dasar) “menganalisis teks novel secara lisan maupun non lisan” dapat menjadi bahan diskusi antara peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lain. Melalui diskusi, peserta didik dapat saling membelajarkan satu sama lain. 

Mereka dapat saling memberi masukan dan bertukar pikiran satu sama lain. Misalnya  tugas yang diberikan guru berupa mencari unsur intrinsik novel secara berkelompok dan mereka tidak dapat bertemu untuk mengerjakan tugas tersebut mereka dapat memanfaatkan media internet dengan cara chatting dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan guru. 

Selain itu, peserta didik juga dapat mencari bahan atau materi tentang unsur intrinsik yang belum atau tidak mereka ketahui di internet. Pembelajaran internet secara tepat akan menunjang kualitas peserta didik secara maksimal. Namun, hal tersebut harus dilakukan secara terkontrol. Sebab media internet cangkupannya sangat luas, banyak hal tersedia diinternet. 

Oleh sebab itu, guru harus mengontrol penggunaan aplikasi internet yang digunakan siswa  agar pembelajaran berlangsung baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Dengan demikian, adanya internet tersebut dapat membantu peserta didik dan guru dalam pembelajaran sehingga kualitas pembelajaran dapat meningkat.




Contoh di atas adalah sebuah contoh esai mengenai tekhnologi, yang berjudul penggunaan internet bagi proses pembelajaran. Esai ini membahas tentang manfaat - manfaat penggunaan internet dalam kegiatan belajar mengajar. 

Sampai di sini perjumpaan kita kali ini, semoga artikel esai mengenai media sosial ini dapat membantu sobat semua. Terimakasih telah membaca dan temukan dan baca pula puluhan artikel menarik lainnya di dalam blog ini. 
Contoh Esai Penggunaan Internet dalam Proses Pembelajaran Terbaik | aria nugraha | 5