Sebuah Contoh Karangan Persuasi tentang Pendidikan Singkat

.
.
Contoh Karangan Persuasi Tentang PendidikanHay Hay Sobat, Jumpa lagi dalam artikel kali ini yang akan menyajikan sebuah contoh karangan persuasi tentang pendidikan. Sebelumnya, tahukah sobat apa yang dimaksud dengan karangan persuasi ? Yap, karangan persuasi adalah karangan yang isinya mengajak atau menghimbau pembaca untuk melakukan sesuatu. 

Nah, artikel kali ini mempersembahkan sebuah karangan persuasi singkat tentang pendidikan, yang berjudul tuntutlah ilmu setinggi mungkin. Baiklah, langsung saja kita lihat contoh karangan persuasi di bawah ini, Selamat membaca !

Contoh Karangan Persuasi 



Tuntutlah ilmu setinggi mungkin

Ilmu adalah hal yang bisa membuat kehidupan kita semakin membaik. Bahkan karena pentingnya ilmu, Nabi Muhammad SAW pun pernah berkata bahwa kita harus menutut ilmu hingga ke Negeri China, yang berarti kita harus menuntut ilmu walaupun jaraknya sangat jauh. 

Tanpa ilmu kita akan menjadi orang yang bodoh dan tertinggal. Dengan begitu, kita akan menjadi mangsa dari orang – orang pintar. Selain itu, tanpa ilmu kita juga tidak akan bisa membahagiakan diri kita sendiri dan orang - orang yang kita cintai. Seperti yang telah kita ketahui, ada banyak ilmu yang ada di dunia ini, seperti ilmu alam, ilmu sosial, ilmu pasti, dan lain sebagainya. Nah, ilmu – ilmu itulah yang nantinya akan menolong kita hidup di dunia ini. 

Ilmu dapat kita dapatkan dengan belajar, seperti membaca buku, maupun belajar bersama orang lain. Karena itu, untuk menjadi orang yang berilmu kita harus belajar dengan giat. Ada banyak sekali manfaat yang dapat kita dapatkan dengan ilmu, diantaranya adalah:

Ilmu membuat kita menjadi orang yang berguna bagi diri sendiri maupun orang lain. Apabila kita berilmu, maka kita bisa membantu orang lain. Nah, dengan begitu, kita bisa bermanfaat untuk mereka. Menjadi orang yang bermanfaat sangatlah baik, bahkan ada hadits yang mengatakan bahwa sebaik – baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. 

Manfaat yang kedua adalah dengan ilmu kita bisa membuat kehidupan ini jauh lebih baik. Hal ini bisa dilihat dari telah majunya teknologi kita. Kemajuan ini tidak lain dan tidak bukan adalah berkat ilmu yang mendorong manusia untuk menciptakan teknologi – teknologi canggih yang dapat memudahkan urusan manusia. 

Dengan ilmu juga kita bisa membentengi diri kita dari perbuatan – perbuatan yang tidak diinginkan, seperti penipuan, pembodohan, dan lain – lain. Ilmu akan membuat kita lebih cerdas dan mampu menganalisa apa yang baik dan benar bagi kita, sehingga kita mampu menyaring dan menjaga diri kita dari pembodohan – pembodohan. 

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat – manfaat dari ilmu bagi kehidupan kita. Namun, berdasarkan penjabaran – penjabaran di atas dapat kita simpulkan bahwa ilmu penting bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, marilah kita menuntut ilmu setinggi mungkin, supaya kita menjadi orang – orang yang berilmu. Tuntutlah ilmu sepanjang hayat, dari lahir hingga kita mati karena sesungguhnya ilmu tidak akan ada habisnya. 





Nah, demikianlah contoh karangan persuasi tentang pendidikan singkat yang berjuduk tuntutlah ilmu setinggi mungkin. Intinya, karangan persuasi mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu seperti apa yang dikatakan oleh penulis di dalam karangannya. 

Sampai di sini dahulu perjumpaan kita kali ini, semoga artikel tentang contoh karangan persuasi pendidikan pendek ini dapat menjadi referensi yang baik. Terimakasih telah berkunjung dan membaca blog kami. Anda dapat pula menemukan puluhan artikel pembelajaran bahasa Indonesia yang bermanfaat dan menarik lainnya. 
Sebuah Contoh Karangan Persuasi tentang Pendidikan Singkat | aria nugraha | 5