Inilah 2 Contoh Karangan Bebas dan Pengertian Terbaik

.
.
Pengertian dan 2 Contoh Karangan BebasHay Sobat, Apakah yang dimaksud dengan karangan bebas ? dan bagaimanakah contohnya ? Nah, artikel kali ini akan membahasa mengenai karangan bebas secara detail.

Karangan bebas adalah suatu bentuk prosa yang tidak terikat aturan – aturan dalam penulisannnya, seperti baris, sajak, rima, dan lain – lain. Namun, karangan adalah suatu bentuk tulisan yang merupakan hasil dari kegiatan menulis untuk mengungkapkan ide, atau gagasan yang ingin disampaikan kepada pembacanya. 

Baiklah, setelah membaca pengertian karangan bebas di atas, berikut ini adalah contoh karangan bebas terbaru dalam bahasa Indonesia tentang kunjungan ke museum dan korupsi, Selamat membaca !


Contoh Karangan Bebas 1


Berkunjung ke Museum 

Pada hari sabtu kemarin, aku dan teman – teman sekelasku mengunjungi museum yang letaknya tidak jauh dari sekolah kami. Kunjungan ini merupakan salah satu bagian dari pembelajaran mata pelajaran sejarah. 

Dengan didampingi oleh guru sejarah kami yang bernama Bapak Darmanto, kami berangkat dari sekolah pukul 07. 30 wib mengendarai mobil sewaan. Tidak lama setelahnya, kami pun sampai di museum. Pak Darmanto segera menuju loket tempat pembelian tiket, sementara itu kami mempersiapkan buku catatan dan alat – alat tulis.

Setelah Pak Darmanto mendapatkan tiket, kami semua dipanggil olehnya. Namun, sebelum kami memasuki museum, Pak Darmanto mengenalkan kami seorang pemandu museum yang akan menemani kami selama berada di dalam. Pemandu tersebut adalah seorang wanita muda berkulit putih dan cukup tinggi. Kami pun diminta berbaris olehnya di depan pintu masuk museum dan mendengarkan sedikit peraturan yang ada di dalam.

Kemudian kami diajak masuk ke dalam museum. Pada bagian pertama di dalam museum, kami memasuki tempat – tempat flora dan fauna. Di sini banyak terdapat berbagai macam binatang yang dilindungi maupun yang telah punah yang telah diawetkan. Setelah itu kami memasuki ruangan tempat peningggalan manusi pra sejarah.

Di bagian ini kami melihat fosil – fosil manusia purba dan berbagai macam peninggalannya, seperti sarkofagus, dan lain sebagainya. Di ruangan berikutnya kami memasuki tempat kebudayaan Lampung. Kami melihat banyak sekali kebudayaan lampung, seperti pakaian, alat rumah tangga dan masih banyak lagi. Di sepanjang perjalanan pemandu kami menjelaskan apa nama dan fungsi dari benda – benda tersebut dan kami pun mencatatnya.

Setelah kurang lebih sejam kunjungan kami pun berakhir. Pukul 10. 00 wib kami pun kembali ke sekolah. Kunjungan kami ke museum kali ini sungguh menyenangkan. Selain mempelajari benda – benda bersejarah, kami pun bisa berekreasi di dalam museum. 



Contoh Karangan Bebas 2 


Korupsi

Mengambil sesuatu demi kepentingan diri sendiri atau kelompok dengan memanfaatkan jabatan disebut dengan korupsi. Tindakan korupsi merupakan tindakan yang sangat tidak bertanggung jawab dan tercela karena dapat merugikan masyarakat. 

Orang – orang yang melakukan perbuatan ini disebut dengan koruptor. Pada umumnya banyak sekali motif – motif yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan korupsi, seperti tuntutan ekonomi, kesempatan, dan dorongan dari pihak lain. Tindakan korupsi pun dapat tejadi di mana – mana, mulai dari tingkat terkecil, yaitu lingkungan RT hingga tingkat yang besar, yaitu lingkup pemerintahan, bahkan hingga instansi penegak hukum. 

Korupsi banyak sekali macam dan bentuknya, seperti mengambil uang secara sengaja, memanipulasi dana, mencuci uang, menyuap, dan lain sebagainya. Perbuatan ini sangatlah merugikan. Oleh sebab itu, orang – orang yang terlibat korupsi akan dikenai hukuman penjara.

Namun, sayangnya hukuman yang mereka terima sangatlah kecil, antara 2 hingga 5 tahun paling lama. Hukuman ini tidak sebanding dengan hukuman mencuri ayam ataupun kayu yang dikenai hukuman kurungan hingga 8 sampai 10 tahun. Hukuman yang berbeda ini sangat tidak masuk akal, padahal tindakan mereka sama, yaitu mencuri. Perbedaan kedua tindakan ini hanya pada pelakunya saja, korupsi dilakukan oleh orang – orang kalangan atas yang memiliki kekutan, sedangkan mencuri dilakukan oeh orang kecil yang tidak ada kekuatan apapun. 

Disamping itu, hukuman penjara pun nyatanya tidak membuat takut para koruptor lainnya. Hal ini bisa terlihat dari masih banyaknya orang – orang yang tertangkap. Mengapa hal ini bisa terjadi demikian ? Tentu saja karena lemahnya hukuman yang akan diterima oleh mereka. Oleh sebab itu, seharusnya tindakan korupsi dikenai hukuman yang seberat -  beratnya. 





Dua buah karangan di atas adalah contoh - contoh karangan bebas mengenai perjalanan ke museum dan korupsi. Intinya, karangan bebas adalah tulisan - tulisan yang tidak terikat aturan - aturan tertentu seperti pada penulisan puisi dan pantun. 

Demikianlah artikel kali ini tentang pengertian dan dua buah contoh karangan bebas tentang berkunjung ke museum dan korupsi. Semoga artikel tentang karangan bebas ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung dan temukan artikel menarik lainnya di dalam blog ini !
Inilah 2 Contoh Karangan Bebas dan Pengertian Terbaik | aria nugraha | 5