Bacalah Pembahasan Membaca Scanning dan Skimming !

.
.
Pembahasan Teknik Membaca Scanning dan Skimming - Apakah yang dimaksud membaca scanning dan membaca skimming ? Nah, artikel kali ini akan membahas kedua teknik membaca tersebut secara mendetail. Dimulai dari pengertian, tujuan, dan cara membaca scanning, dan skimming. Baiklah, tanpa berlama - lama lagi, mari kita mulai saja pembahasan mengenai membaca scanning dan skimming. 

Membaca adalah sebuah aktivitas yang dilakukan untuk mencari, menggali, atau mendapatkan informasi yang penting dari suatu teks atau bacaan. Ketika membaca, seseorang pasti ingin mendapatkan informasi secara cepat dan tepat. Oleh sebab itu, untuk mencapai hal tersebut, seseorang harus menggunakan teknik dalam membaca suatu teks atau bacaan. 

Ada dua teknik membaca yang dapat digunakan, yaitu: teknik membaca skimming dan scanning. Melalui dua teknik ini, kegiatan membaca dapat dilakukan dengan cepat dan informasi penting dapat diperoleh secara cepat. berikut dijelaskan tentang membaca skimming  dan scanning.


Membaca Scanning 


Membaca scanning atau yang disebut juga dengan membaca memindai adalah teknik membaca dengan waktu yang sangat cepat. Teknik ini digunakan untuk mendapatkan informasi secepat mungkin. Biasanya ketika membaca, kita selalu membaca kata per kata dari setiap kalimat di dalam teks. Namun, tentu hal tersebut memakan waktu yang lama. Oleh karena itu, dengan membaca menggunakan teknik memindai, seseorang dapat menemukan informasi yang dicari dengan cara yang lebih cepat.

Membaca scaning berarti membaca buku untuk memperoleh informasi dengan gerakan mata yang cepat untu mencari kata atau frasa tertentu. Mata bergerak cepat, melompat-lompat, dan tanpa melihat kata per kata.

Kelebihan membaca scanning adalah peserta didik dapat memahami teks bacaan dengan waktu yang lebih cepat tanpa membaca bacaan secara keseluruhan. 

Tujuan dari membaca scanning yaitu:

  1. Mencari informasi dalam buku dengan waktu yang singkat.
  2. Scanning adalah teknik membaca cepat untuk menemukan informasi yang telah ditentukan pembaca,
  3. Pembaca sudah menentukan informasi atau kata yang ingin dicari sebelum kegiatan scanning dilakukan, sehingga pembaca tidak perlu lagi membaca bagian lain yang tidak diinginkan.
  4. Mendapatkan informasi yang spesifik dari sebuah teks. 

Langkah - langkah membaca scanning

Untuk melakukan teknik membaca scanning, dapat digunakan beberapa langkah, yaitu sebagai berikut. 

    1. Perhatikan penggunaan urutan seperti ‘angka’, ‘huruf’, ‘langkah’, ‘pertama’, ‘kedua’, atau “kemudian”, dan lain sebagainya. 
    2. Temukanlah kata - kata yang bercetak tebal, miring atau yang dicetak berbeda dengan teks lainnya.
    3. Carilah kata kunci yang ditulis oleh penulis pada paragraf. 
    4. Menggerakkan mata seperti anak panah langsung meluncur ke bawah menemukan informasi yang telah ditetapkan,
    5. Setelah ditemukan kecepatan diperlambat untuk menemukan keterangan lengkap dari informasi yang dicari, dan
    6. Pembaca dituntut memiliki pemahaman yang baik berkaitan dengan karakteristik yang sedang dibaca.


    Membaca Skimming 


    Membaca skimming adalah membaca dengan cepat untuk mengetahui atau memahami isi sebuah teks atau bacaan secara keseluruhan. Membaca skimming digunakan untuk mengetahui maksud atau tujuan penulis dalam bacaan atau teks, menemukan pola atau susunan suatu paragraf, dan menemukan gagasan umum dengan cepat .

    Pengertian lain dari teknik membaca skimming adalah membaca sekilas atau membaca cepat untuk memahami suatu informasi dari teks atau bacaan yang kita baca. Skimming dilakukan agar seseorang mengerti apa itu isi teks secara keseluruhan dalam waktu yang singkat.

    Dalam skimming, proses membaca dilakukan dengan cara sepintas atau melompat-lompat, yaitu dengan melihat pokok-pokok pikiran utama dalam teks atau bacaan sambil memahami tema besarnya.

    Kecepatan membaca dengan menggunakan teknik skimming biasanya sekitar 3-4 kali lebih cepat dari membaca biasa. Dalam membaca skimming memiliki kelebihan yaitu dapat membaca lebih cepat dari biasanya dan lebih cepat dalam menemukan gagasan utama atau pokok penting dari suatu bacaan.

    Tujuan membaca skimming  
    1. Untuk mendapatkan suatu gagasan utama dari teks atau bacaan. 
    2. Membaca Skimming juga digunakan untuk mengetahui apakah suatu artikel sesuai dengan apa yang pembaca cari. 
    3. Untuk menilai artikel tersebut, apakah menarik untuk dibaca lebih lanjut. 

    Langkah - langkah membaca skimming

    Untuk melakukan teknik membaca skimming, dapat digunakan beberapa langkah, yaitu sebagai berikut. 

    1. Baca judul bacaan yang akan dibaca.
    2. Catat nama penulis dan sumber tulisan.
    3. Baca seluruhnya paragraf pertama bacaan.
    4. Baca subjudul dan kalimat pertama dari paragraph.
    5. Baca dan pilihlah pokok- pokok penting yang akan dicari dalam bacaan.




    Demikianlah artikel kali ini mengenai pembahasan lengkap teknik membaca scanning dan skimming. Intinya, Scanning dan skimming adalah dua teknik membaca. Scanning membaca untuk menemukan informasi di dalam teks dengan cepat, sedangkan skimming membaca untuk memahami keseluruhan bacaan dalam waktu yang singkat. 

    Nah Sobat, sampai di sini perjumpaan kita kali ini mengenai scanning dan skimming. Semoga artikel mengenai teknik membaca dengan cepat ini bisa bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa lagi pada artikel - artikel menarik lainnya. 
    Bacalah Pembahasan Membaca Scanning dan Skimming ! | aria nugraha | 5